Keuntungan Menerapkan Pembayaran Bagi Customer Bisnis Anda

Metode angsuran atau cicilan sering kali digunakan untuk pendekatan pengakuan pendapatan di mana pemilik bisnis menangguhkan laba kotor atas penjualan sampai menerima uang tunai untuk penjualan dari pembeli. Metode pengakuan pendapatan angsuran mencatat laba proporsional ketika angsuran diterima. Metode angsuran biasanya digunakan dalam situasi di mana pelanggan memiliki izin untuk melunasi faktur dengan angsuran berkala selama beberapa tahun.

Berdasarkan hal tersebut, saat ini pelanggan di era modern tentunya sudah memakai pembayaran cicilan sebagai opsi pembelian guna mendapatkan barang yang mereka inginkan. Oleh karena itu diperkirakan bahwa tren pembayaran cicilan akan terus berkembang dan akan semakin meningkat.

Baca juga: Apakah kartu kredit bisa digunakan untuk modal bisnis online?

Sebagai pemilik usaha, sudah seharusnya Anda mulai berpikir untuk menawarkan opsi pembayaran cicilan guna memenuhi kebutuhan transaksi pembeli Anda dan strategi dalam menjaga kepuasan pelanggan. Menawarkan kepada pelanggan untuk membayar pembelian mereka dengan mencicil dapat menguntungkan Anda dan bisnis Anda.

Adapun yg menjadi keuntungan metode pembayaran cicilan bagi merchant dan pelanggan:

Keuntungan bagi pelanggan Anda

Pelanggan yang sadar finansial dapat memanjakan diri mereka dengan sesuatu yang mungkin tidak terjangkau dengan anggaran rumah tangga yang diperhitungkan dengan cermat. Saat Anda menawarkan metode pembayaran cicilan, pelanggan Anda mendapatkan keuntungan dari pembayaran bulanan rendah. Persyaratan yang berpotensi lebih menguntungkan daripada pinjaman atau kartu kredit yaitu kemampuan untuk melakukan pembelian yang diinginkan tanpa mengorbankan anggaran bulanan mereka

Memperluas strategi marketing

Ketika pembeli lebih sering memakai paylater atau pembayaran cicilan tak jarang mereka akan langsung membuka website penyedia pembayaran cicilan dan mencari tahu merchant ritel apa saja yang bekerja sama. Tentunya eksposur semacam ini telah terbukti secara signifikan meningkatkan penjualan ke platform pengecer setiap bulan. Pembeli bisa dengan mudah mengetahui merchant mana yang menawarkan paket cicilan dan tidak

Keuntungan untuk bisnis Anda

Tentu saja, ketika pelanggan Anda diuntungkan, bisnis Anda juga diuntungkan. Meskipun pembayaran angsuran dapat sedikit memperumit pembukuan Anda, pembayaran tersebut juga dapat sangat bermanfaat bagi UKM khususnya seperti:

  • Pembayaran rutin memungkinkan Anda mengatur arus kas
  • Menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan bagi pelanggan Anda dapat memperkuat daya tarik merek Anda
    Akuntansi untuk pembayaran angsuran.
  • Sebagian besar pedagang yang menawarkan pembayaran angsuran menggunakan perangkat lunak faktur otomatis untuk memastikan bahwa pembayaran dilakukan tepat waktu. Karena pendapatan untuk penjualan ini ditangguhkan, Anda harus ekstra hati-hati dalam mencatat pendapatan dari penjualan ini.
  • Margin kotor Anda untuk penjualan ini dihitung sebagai nilai penjualan bersih dikurangi harga pokok penjualan. Anda dapat memilih untuk mengatur pembayaran sebagian pada satu faktur atau mengatur faktur berulang untuk setiap pembayaran hingga saldo diselesaikan.

Baca juga: kartu kredit virtual, inovasi transaksi dengan sejuta manfaat

Pembayaran cicilan atau angsuran tidak hanya menguntungkan pihak pelaku bisnis tetapi juga pihak pembeli. Hal ini karena pembayaran barang dengan cicilan lebih mudah dikelola oleh pelanggan. Mereka juga mungkin lebih mudah dalam mengatur pengeluaran uang bulanan ketika hendak berbelanja.

(Visited 18 times, 1 visits today)