Kartu Kredit Untuk Modal Bisnis Online, Memang Bisa

Kartu kredit pada dasarnya ditujukan sebagai alat ganti transaksi tunai dengan berbagai manfaat tambahan berupa diskon di merchant tertentu dan memiliki kemudahan dalam melakukan pinjaman secara tunai dengan istilah loan on phone.

Selain itu pada prakteknya, kartu kredit kini lebih berfungsi sebagai media berhutang baik dalam memenuhi kebutuhan secara konsumtif maupun produktif. Kebutuhan konsumtif misalnya hutang pembelian gadget atau kendaraan pribadi. Sedangkan hutang produktif misalnya pinjaman untuk modal usaha memulai bisnis.

Baca juga: Kartu debit virtual, inovasi bertransaksi dengan sejuta manfaat

Bolehkan kartu kredit digunakan untuk modal bisnis online?

Sebenarnya pada saat ini, perbankan Indonesia telah menyiapkan produk pinjaman khusus yang ditujukan bagi para UKM yakni Kredit Tanpa Agunan atau yang lebih dikenal dengan istilah KTA dan Kredit dengan Agunan atau yang biasa disebut dengan kredit multiguna. Lantas mengapa kebanyakan orang lebih tertarik menggunakan kartu kredit sebagai alat peminjaman modal?

Tentunya karena prosesnya yang sangat simpel dimana pengguna hanya memerlukan waktu dalam hitungan menit untuk dapat memperoleh pinjaman modal. Sementara KTA maupun kredit multiguna memerlukan waktu yang tidak sedikit atau berhari-hari dalam proses pengajuannya. Belum lagi ada sejumlah dokumen yang harus disiapkan, hal ini akan memperlambat peminjaman dan dirasa sungguh merepotkan.

Dalam pengaplikasian peminjaman kartu kredit, pengguna kartu kredit hanya perlu melakukan panggilan ke perbankan yang mengeluarkan kartu kredit dan meminta pihak terkait untuk memberikan pinjaman dana cepat. Dengan segera bank yang bersangkutan akan mengirimkan pinjaman yang Anda ajukan ke rekening tabungan.

Dibanding jenis pinjaman lain, pinjaman menggunakan kartu kredit ini memberikan kebebasan lebih luas untuk tujuan pinjaman. Selain itu, tidak dibutuhkan jaminan untuk mengajukan pinjaman, jadi Anda bisa mengajukan kredit dana secara cepat tanpa membuang waktu.

Baca juga: Jenis-jenis kartu kredit Mastercard & perbedaannya dengan VISA

Namun dibalik kemudahan penggunaan kartu kredit untuk modal usaha, Anda sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Berikut ini beberapa tips agar tidak membuat Anda kewalahan dalam melakukan pinjaman dengan kartu kredit, antara lain:

  • Gunakan kartu kredit terpisah untuk bisnis
    Sebaiknya Anda tidak menggabungkan pengeluaran bisnis online dan pengeluaran pribadi. Agar tidak bingung, gunakanlah kartu kredit yang berbeda saat melakukan pembelian untuk bisnis Anda.
  • Pembukuan yang lebih mudah
    Dengan menggunakan kartu kredit untuk modal usaha ini, Anda dapat melakukan pembukuan dengan lebih mudah. Anda tidak perlu menelusuri riwayat pembelian baris demi baris pada account statement, untuk mencari mana yang terkait pengeluaran bisnis online atau tidak.
  • Pertahankan rasio penggunaan kartu kredit secara minimum
    Jika Anda menggunakan kartu kredit pribadi yang terpisah untuk semua pengeluaran terkait bisnis, ada risiko penggunaan tersebut akan berdampak buruk pada skor kredit pribadi. Untuk mengatasinya, sebagai tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha, kamu harus mempertahankan rasio pemanfaatan kredit agar tetap rendah.
  • Lakukan pembayaran secara tepat waktu
    Jika pemanfaatan kartu kredit untuk bisnis online bisa memperburuk skor kredit, Anda dapat memperbaiki skornya juga. Tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha berikutnya adalah melakukan pembayaran secara tepat waktu. Karena dengan membayar tagihan tepat waktu secara konsisten, kamu akan dapat meningkatkan kredit Anda. Hal ini karena Anda menunjukkan diri sebagai peminjam kredit yang dapat dipercaya.
(Visited 27 times, 1 visits today)