Kartu debit virtual merupakan salah satu contoh inovasi dalam bertransaksi dimana pada kartu debit virtual tersebut penggunaanya tidak perlu dibawa-bawa. Semuanya dapat dilakukan secara online, sehingga Anda tidak perlu khawatir karena akan mengurangi resiko Anda dari pencurian atau kehilangan.

Apa itu kartu debit virtual?

Kartu debit virtual adalah bentuk digital dari kartu fisik. Biasanya kartu virtual berisi semua informasi yang ditemukan dan tertera pada kartu fisik. Biasanya pihak bank menyediakannya kepada pengguna melalui aplikasi seluler perbankan. Adapun fungsi dari kartu virtual sama dengan kartu fisik dalam hal melakukan pembelian barang secara offline maupun online, dan sebagainya.

Baca juga: Jenis-jenis kartu mastercard dan perbedaannya dengan VISA

Berikut adalah spesifikasi dari kartu debit virtual:

  • Nama pemegang kartu.
  • 16 digit nomor kartu.
  • Nomor CVV.
  • Tanggal kadaluarsa kartu.
  • Jenis tingkatan kartu.
  • Pengaturan transaksi.

Kartu debit virtual dapat diakses melalui aplikasi seluler dari masing-masing bank namun tetap dapat digunakan untuk membeli dan membayar pembelian online. Namun perlu diketahui bahwa kartu virtual tidak dapat digunakan untuk menarik uang dari ATM atau toko langsung. Aplikasi seluler bank memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan yang terkait dengan kartu virtual, seperti meningkatkan kartu debit, menetapkan batas transaksi, dan sebagainya.

Manfaat kartu debit virtual

Aman digunakan

Kartu virtual tidak diragukan lagi dalam segi keamanan karena dilindungi oleh kata sandi aplikasi seluler dan media digital. Tidak seperti kartu tradisional, kartu virtual tidak rentan terhadap pencurian, kehilangan, atau kloning dan tidak dapat ditiru atau disalin dengan cara apa pun. Kartu virtual dapat diblokir jika terbuka ke situs web atau jika detail kartu dilacak oleh peretas.

Aktivasi kartu yang mudah

Tidak seperti kartu fisik yang harus diaktifkan melalui ATM, telepon, SMS, atau cara lain, kartu virtual sudah diaktifkan untuk digunakan. Debit virtual tidak perlu diaktifkan sebelum pengguna dapat mulai menggunakannya untuk berbagai layanan online.

Dapat diblokir kapan saja

Kartu debit virtual dapat diblokir kapan saja jika pengguna mencurigai adanya penyalahgunaan, tidak seperti halnya kartu fisik, yang harus diblokir dengan menghubungi bank atau pusat layanan bank. Dalam kasus kartu virtual, Anda cukup memblokirnya dengan masuk ke aplikasi dan memilih opsi blokir.

Mereka memberikan penawaran

Kartu debit virtual menyediakan akses ke sejumlah besar penawaran online untuk makanan, belanja, dan restoran, serta tambahan poin bonus juga dapat diperoleh dengan kartu virtual yang dapat ditukarkan secara online melalui aplikasi seluler bank.

Baca juga: Promo Mid Year diperpanjang, bayar pakai CC, diskon biaya transaksi s.d 1,3%

Pemberdayaan staf

Kartu virtual dapat diberikan kepada beberapa anggota tim yang diharuskan melakukan pembayaran untuk bisnis setiap hari. Sebagai pemilik usaha, Anda dapat menetapkan batas pengeluaran pada setiap kartu virtual, yang berarti Anda tetap memegang teguh anggaran Anda saat melakukan pembayaran bisnis, dan tim Anda tahu persis berapa banyak yang mereka miliki untuk dibelanjakan.

Menghilangkan kemacetan pembayaran berarti bisnis Anda dapat bergerak lebih cepat dengan memungkinkan pembelian perangkat lunak dan peralatan baru tanpa penundaan. Ketika dijalankan dengan benar, permintaan pembelian tidak perlu lagi menunggu selama berminggu-minggu sementara staf Anda duduk diam menunggu lampu hijau untuk melakukan pembelian. Sementara Anda tetap memegang kendali penuh.

Peningkatan akuntabilitas

Manfaat kartu debit virtual lainnya adalah peningkatan pengawasan dan akuntabilitas yang Anda terima atas uang bisnis Anda. Karena Anda dapat menetapkan kartu pembayaran virtual ke pemasok atau vendor tertentu, Anda selalu tahu persis ke mana uang Anda pergi, dan mengapa.

Pembelian yang dilakukan dengan kartu ini kemudian secara otomatis masuk ke sistem manajemen kartu Anda. Semuanya diproses dengan rapi, diberi label, dan diperhitungkan, sehingga tidak ada lagi pembayaran yang membingungkan. Ada peluang besar di sini untuk juga mengurangi jumlah jam yang dihabiskan untuk mengejar penerimaan pengeluaran oleh departemen accounting Anda.

Dengan setiap pembayaran dialokasikan ke anggota staf yang melakukan pembelian, mudah untuk melacak kembali dan merekonsiliasi transaksi. Tim akun Anda dapat kembali melakukan yang terbaik, memperkirakan dan memberikan nasihat keuangan tentang masa depan bisnis Anda