Syarat & Ketentuan Penggunaan Platform Paper.id
Syarat & Ketentuan Penggunaan Platform Paper.id (“Syarat & Ketentuan”) yang ditetapkan di bawah ini mengatur tata cara penggunaan dan hak dan kewajiban Pengguna Platform Paper.id. Dengan mendaftar pada, mengakses, dan/atau menggunakan Platform Paper.id, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua materi dalam Syarat & Ketentuan ini.
Syarat & Ketentuan ini merupakan bentuk perjanjian Layanan yang sah antara Pengguna dengan Paper.id dan harus dibaca dan diartikan sebagai satu kesatuan dengan Kebijakan Privasi yang tercantum dalam laman situs Paper.id. Jika Pengguna tidak menyetujui sebagian atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di Platform Paper.id.
- 
         Definisi Paper.id atau Kami merupakan PT Pakar Digital Global, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, beralamat terdaftar di Jalan Wijaya Graha Puri Blok F No. 11, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pengguna/User atau Anda merupakan perusahaan atau perorangan baik yang tidak terdaftar namun melakukan akses ke Platform Paper.id maupun yang terdaftar pada dan menggunakan Platform Paper.id. Platform Paper.id merupakan situs web, aplikasi, atau sistem elektronik lainnya milik Paper.id. Invoice merupakan suatu dokumen yang digunakan sebagai pernyataan penagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli dimana invoice tersebut berisi tentang rincian barang/jasa yang dibeli, harga satuan dan total harga, serta tanggal penagihannya. Mitra merupakan perusahaan atau perorangan yang menjadi rekan bisnis dari Pengguna, baik itu sebagai pemasok/supplier, pembeli/buyer, atau pihak yang dapat dipersamakan dengan hal tersebut. Data Registrasi merupakan data terkait Pengguna yang dimasukkan oleh Pengguna saat registrasi pertama kali pada Platform Paper.id. Data Pembayaran merupakan data terkait Pengguna yang dimasukkan Pengguna saat dan sebelum melakukan Digital Payment pada Platform Paper.id. Data Mitra merupakan data terkait Mitra yang dimasukkan Pengguna sebagai (i) penerima invoice dan/atau (ii) penerima pembayaran dalam Platform Paper.id. Layanan adalah setiap fungsi dari Paper.id yang dipergunakan oleh Pengguna dan Mitra untuk mengakses informasi yang tersedia, mengambil keputusan untuk melakukan transaksi pembayaran, atau lainnya. Digital Payment merupakan layanan pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara. Reverse Engineering merupakan teknik yang digunakan untuk mengetahui pemrosesan data yang terjadi pada Platform Paper.id. Customer Service merupakan salah satu tindakan untuk meningkatkan pelayanan Paper.id kepada User dan Mitra. Verifikasi Identitas Diri adalah proses yang dilakukan untuk jaminan keamanan Layanan Digital Payment dengan cara pemrosesan data pribadi Pengguna yang meng menggunakan layanan Digital Payment. Verifikasi Bisnis adalah proses yang dilakukan untuk jaminan keamanan Layanan Digital Payment dengan cara pemrosesan data perusahaan dari Pengguna yang menggunakan layanan Digital Payment. Hari Kerja adalah hari Senin-Jumat pukul 9.00 sampai 17.00 WIB, selain hari Sabtu, Minggu dan hari libur resmi nasional dimana bank buka untuk melakukan kegiatan usahanya sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. SARA merupakan salah satu tindakan diskriminasi yang berhubungan dengan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan. 
- 
         Penggunaan Platform Paper.id - 
                  Penggunaan Platform Paper.id dimaksudkan bagi Pengguna hanya untuk layanan, fitur, dan kepentingan yang sesuai dengan layanan yang diberikan Paper.id. 
- 
                  Pengguna wajib memberikan informasi yang benar, akurat, terkini, dan lengkap dalam rangka registrasi atau penggunaan fitur atau Platform Paper.id untuk memperoleh layanan terbaik yang diberikan Paper.id. 
- 
                  Pengguna menjamin bahwa informasi yang diberikan kepada Paper.id didapatkan secara sah dan Pengguna telah mendapatkan persetujuan yang cukup dari Mitra apabila Pengguna memberikan informasi terkait Mitra yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur tertentu pada Platform Paper.id. 
 
- 
                  
- 
         Akses dan Keamanan Platform Paper.id Pengguna dilarang untuk: - 
                  Melemahkan keamanan atau integritas dari Platform Paper.id, baik yang terdapat dalam sistem komputer atau jaringan Paper.id maupun dalam sistem atau jaringan komputer pihak lain 
- 
                  Menggunakan atau menyalahgunakan Platform Paper.id dengan cara apapun yang dapat mengganggu kemampuan Pengguna lain untuk menggunakan Platform Paper.id 
- 
                  Melakukan akses yang tidak sah atas materi apapun selain yang sudah dinyatakan dengan jelas dan diizinkan untuk diakses oleh Pengguna atau Mitra 
- 
                  Menggunakan, mengirimkan, menempelkan, atau memasukkan tautan (link); perangkat lunak (software), perangkat lunak (hardware), atau alat lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada robot, emulator, spider, crawler ke dalam atau pada Platform Paper.id yang mengakibatkan pelemahan, penghambatan, perusakan, atau penyalahgunaan Platform Paper.id 
- 
                  Mengirimkan, memasukkan, atau menayangkan tautan (link), bahan, materi, atau data yang memuat hasutan, ujaran kebencian, menyinggung SARA, atau melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan negara Republik Indonesia ke dalam atau pada Platform Paper.id; termasuk data atau materi lainnya yang dilindungi oleh hak cipta atau rahasia dagang yang mana baik Pengguna maupun Mitra tidak memiliki hak untuk memakainya. 
- 
                  Mengubah, menyalin, meniru, membongkar, atau melakukan reverse engineering atas program komputer apapun yang dipakai untuk memberi layanan dalam Platform Paper.id. 
 
- 
                  
- 
         Service Level Agreement (SLA) Dalam hal terdapat permasalahan terkait sistem dalam Platform Paper.id yang dilaporkan oleh Pengguna, maka: - 
                  Waktu yang dibutuhkan Paper.id untuk mengidentifikasi permasalahan sistem sejak masuknya laporan awal adalah 2x24 jam. 
- 
                  Waktu yang didedikasikan untuk perbaikan atau menangani permasalahan adalah 2-15 hari kalender, tergantung dari tingkat kerumitan permasalahan. 
- 
                  Dalam hal proses perbaikan telah dilakukan sesuai jangka waktu di atas namun menurut penilaian Paper.id hal tersebut terbukti masih memerlukan perbaikan, maka proses dan jangka waktu perbaikan masalah dimulai kembali dari butir 4.1. 
- 
                  Jika proses perbaikan masalah telah selesai dan tidak terdapat sanggahan dari pelapor/Pengguna dalam kurun waktu 2x24 jam sejak diterbitkannya pemberitahuan terselesaikannya perbaikan masalah oleh Paper.id, maka permasalahan dianggap telah selesai dan laporan ditutup. 
 
- 
                  
- 
         Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) - 
                  Kami adalah pemilik dari HAKI dalam Platform Paper.id, termasuk semua materi pemasaran, logo, merek dagang atau merek jasa yang menyebutkan nama "PT Pakar Digital Global". Penggunaan materi pemasaran, logo, merek dagang, dan merek jasa yang Kami miliki oleh Pengguna atau pihak lain manapun harus dilakukan dengan persetujuan tertulis dari Kami terlebih dahulu. 
- 
                  Dengan menyetujui Syarat & Ketentuan ini, Anda memberikan Kami persetujuan untuk menempatkan logo, merek dagang, atau merek jasa Anda dalam materi pemasaran Kami. Anda tetap memiliki HAKI atas logo, merek dagang, atau merek jasa tersebut dan penempatan tersebut oleh Kami tidak semerta-merta merupakan pelimpahan kepada atau pengambilalihan HAKI Anda tersebut oleh Kami. 
 
- 
                  
- 
         Pemrosesan Data Kami memproses data pribadi Pengguna dan data perusahaan Pengguna dan Mitra berdasarkan Kebijakan Privasi Kami dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan mendaftar pada, mengakses, dan/atau menggunakan Platform Paper.id, Anda memberikan persetujuan atas tindakan pemrosesan tersebut. 
- 
         Jaminan dan Pelepasan Anda menjamin Kami dari tuntutan ganti rugi dan melepaskan Kami (termasuk direksi, komisaris, dan karyawan; dan perusahaan saudara atau afiliasi serta direksi, komisaris, dan karyawan perusahaan saudara atau afiliasi tersebut) dari setiap klaim atau tuntutan atau biaya hukum yang timbul dari klaim atau tuntutan tersebut, yang dilayangkan oleh Mitra atau pihak ketiga lain sebagai akibat dari pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan Platform Paper.id yang tidak semestinya, pelanggaran hukum, atau pelanggaran atas hak-hak Mitra atau pihak ketiga lainnya tersebut yang dilakukan oleh Anda. 
- 
         Perubahan Syarat & Ketentuan Penggunaan Platform Kami berhak untuk mengubah atau menambahkan ketentuan dalam Syarat & Ketentuan sewaktu-waktu dengan menerbitkan pemberitahuan kepada Pengguna selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender sebelum perubahan atau penambahan tersebut efektif. Kami menghimbau Pengguna untuk mengakses dan membaca halaman Syarat & Ketentuan ini secara berkala. Apabila Anda tidak berkenan dengan perubahan atau penambahan tersebut, maka Pengguna disarankan untuk tidak mengakses dan menggunakan Platform Paper.id. 
- 
         Pilihan Hukum Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan ditafsirkan sesuai dengan hukum negara Republik Indonesia. Anda setuju bahwa sengketa atau tindakan hukum yang berhubungan dengan Syarat & Ketentuan ini akan diselesaikan dalam yurisdiksi pengadilan negara Republik Indonesia. 
- 
         Kontak Pertanyaan dan permohonan mengenai Syarat & Ketentuan ini dapat dilayangkan secara hardcopy ke Jl. Sunter Garden Raya No.5D, RT.6/RW.12, Sunter Agung, Tj. Priok, DKI Jakarta 14350 atau secara elektronik ke support@paper.id 
Syarat dan Ketentuan Layanan Digital Payment Paper.id
Syarat & Ketentuan Layanan Digital Payment Paper.id (“Syarat & Ketentuan Layanan Digital Payment”) yang ditetapkan di bawah ini mengatur tata cara penggunaan dan hak dan kewajiban Pengguna Platform Paper.id atas Layanan Digital Payment. Dengan mendaftar pada, mengakses, dan/atau menggunakan Platform Paper.id, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua materi dalam Syarat & Ketentuan Layanan Digital Payment ini.
Syarat & Ketentuan Layanan Digital Payment ini merupakan bentuk perjanjian Layanan Digital Payment yang sah antara Pengguna dengan Paper.id dan harus dibaca dan diartikan sebagai satu kesatuan dengan Syarat & Ketentuan Penggunaan Platform dan Kebijakan Privasi yang tercantum dalam laman situs Paper.id. Jika Pengguna tidak menyetujui sebagian atau seluruh isi Syarat & Ketentuan Layanan Digital Payment, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan Layanan Digital Payment di Platform Paper.id.
- 
         Definisi Paper.id atau Kami merupakan PT Pakar Digital Global, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, beralamat terdaftar di Jalan Wijaya Graha Puri Blok F No. 11, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pengguna/User merupakan perusahaan atau perorangan baik yang tidak terdaftar namun melakukan akses ke Platform Paper.id maupun yang terdaftar pada dan menggunakan Platform Paper.id dan menggunakan Layanan Digital Payment Paper.id. Platform Paper.id merupakan situs web, aplikasi, atau sistem elektronik lainnya milik Paper.id. Invoice merupakan suatu dokumen yang digunakan sebagai pernyataan penagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli dimana invoice tersebut berisi tentang rincian barang/jasa yang dibeli, harga satuan dan total harga, serta tanggal penagihannya. Mitra merupakan perusahaan atau perorangan yang menjadi rekan bisnis dari Pengguna, baik itu sebagai pemasok/supplier, pembeli/buyer, atau pihak yang dapat dipersamakan dengan hal tersebut. Data Registrasi merupakan data terkait Pengguna yang dimasukkan oleh Pengguna saat registrasi pertama kali pada Platform Paper.id. Data Pembayaran merupakan data terkait Pengguna yang dimasukkan Pengguna saat dan sebelum melakukan Digital Payment pada Platform Paper.id. Data Mitra merupakan data terkait Mitra yang dimasukkan Pengguna sebagai (i) penerima invoice dan/atau (ii) penerima pembayaran dalam Platform Paper.id. Layanan adalah setiap fungsi dari Paper.id yang dipergunakan oleh Pengguna dan Mitra untuk mengakses informasi yang tersedia, mengambil keputusan untuk melakukan transaksi pembayaran, atau lainnya. Digital Payment merupakan layanan pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara. Pengguna Layanan Digital Payment merupakan pihak yang menggunakan layanan Digital Payment dalam platform Paper.id, baik Pengguna maupun Mitra. Virtual Account merupakan rekening tidak nyata (virtual) yang berisi nomor identifikasi pelanggan perusahaan yang dibuat oleh Bank atas permintaan dari perusahaan tersebut untuk melakukan transaksi. 3D Secure/3DS atau Three Domain Secure (3D-Secure atau 3DS) adalah protokol keamanan yang melengkapi transaksi online yang dilakukan menggunakan kartu dengan mengotentikasi pemegang kartu dengan kata sandi satu kali (OTP). Software merupakan perangkat lunak yang di mana pada ketentuan ini adalah perangkat lunak yang digunakan saat layanan Digital Payment digunakan. Host merupakan pihak yang meminjamkan perangkatnya dan kapabilitasnya pada Paper.id untuk melakukan layanan Digital Payment. Reverse Engineering merupakan teknik yang digunakan untuk mengetahui pemrosesan data yang terjadi pada Platform Paper.id. Customer Service merupakan salah satu tindakan untuk meningkatkan pelayanan Paper.id kepada User dan Mitra. Verifikasi Identitas Diri adalah proses yang dilakukan untuk jaminan keamanan Layanan Digital Payment dengan cara pemrosesan data pribadi Pengguna yang menggunakan layanan Digital Payment. Verifikasi Bisnis adalah proses yang dilakukan untuk jaminan keamanan Layanan Digital Payment dengan cara pemrosesan data perusahaan dari Pengguna yang menggunakan layanan Digital Payment. Hari Kerja adalah hari Senin-Jumat pukul 9.00 sampai 17.00 WIB, selain hari Sabtu, Minggu dan hari libur resmi nasional dimana bank buka untuk melakukan kegiatan usahanya sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. SARA merupakan salah satu tindakan diskriminasi yang berhubungan dengan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan. 
- 
         Hak & Kewajiban Paper.id - 
                  Paper.id berkewajiban untuk: - 
                        Memastikan Layanan Digital Payment berjalan lancar dan aman. 
- 
                        Menjamin keamanan dan kerahasiaan transaksi Digital Payment. 
- 
                        Memastikan pencairan dana atas transaksi Digital Payment kepada penerima dana tepat waktu. 
 
- 
                        
- 
                  Paper.id berhak untuk: - 
                        Memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, memperbaiki dan memperbarui, menampilkan, mengumumkan, mentransfer, menyebarluaskan, atau mengungkapkan, dan/atau menghapus atau memusnahkan segala informasi, data, dan dokumen yang diperlukan, sejauh diperbolehkan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sesuai dengan Kebijakan Privasi Paper.id untuk memberikan Layanan Digital Payment kepada Pengguna. 
 
- 
                        
- 
                  Verifikasi Diri atau Verifikasi Bisnis - 
                        Kewajiban Verifikasi - 
                              Layanan PaperPay In (Penerimaan Dana): Pengguna dalam status Belum Diverifikasi harus melakukan proses Verifikasi Diri atau Verifikasi Bisnis terlebih dahulu untuk dapat menggunakan Layanan PaperPay In. 
- 
                              Layanan PaperPay Out (Pembayaran Dana): Pengguna dalam status Belum Diverifikasi dapat melakukan transaksi sampai dengan Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) secara akumulatif. Transaksi yang melampaui batas tersebut akan dihentikan/diblokir dan Pengguna akan diminta untuk melakukan proses Verifikasi Diri atau Verifikasi Bisnis. 
 Pengguna dapat melanjutkan transaksi apabila proses Verifikasi Diri atau Verifikasi Bisnis menghasilkan status Verifikasi Diterima. 
- 
                              
- 
                        Proses Verifikasi - 
                                 Pengguna diharapkan untuk memberikan konfirmasi dan mengirimkan dokumen verifikasi pada kesempatan pertama setelah menerima pemberitahuan untuk melakukan proses verifikasi. 
- 
                                 Proses validasi dokumen verifikasi oleh Paper.id adalah 1x24 jam Hari Kerja. 
- 
                                 Apabila Pengguna tidak melengkapi dokumen verifikasi sesuai dengan ketentuan, maka dana akan ditangguhkan pencairannya atau dikembalikan ke pembayar Invoice. 
 
- 
                                 
- 
                        Verifikasi Diterima 
 Apabila status Verifikasi Diterima, maka transaksi Digital Payment dapat dilanjutkan.
- 
                        Verifikasi Ditolak 
 Hal-hal yang dapat menyebabkan status Verifikasi Ditolak adalah sebagai berikut:- 
                                 Dokumen verifikasi tidak lengkap; 
- 
                                 Terdapat ketidaksesuaian antar dokumen; atau 
- 
                                 Pengguna terindikasi melakukan fraud, scam, atau perbuatan melanggar hukum dalam menggunakan Layanan. Apabila Verifikasi Ditolak karena alasan pada butir (iii) di atas,  maka dana akan dikembalikan ke pembayar Invoice. Proses pengembalian dana dilakukan dalam jangka waktu 2x24 jam Hari Kerja dan pengirim Invoice akan diblokir dan tidak dapat menggunakan Layanan secara keseluruhan.
 
- 
                                 
 
- 
                        
- 
                  Batasan Kewenangan Paper.id tidak berhak untuk mencampuri dan bertanggung jawab dalam transaksi antara Pengguna dan Mitra apabila status transaksi Digital Payment telah terbayarkan. 
 
- 
                  
- 
         Hak & Kewajiban Pengguna - 
                  Pengguna berkewajiban untuk: - 
                        Memberikan informasi yang benar, akurat, terkini, dan lengkap tentang Data Pembayaran milik Pengguna dan Mitra. 
- 
                        Mendapatkan persetujuan yang cukup dari Mitra atas Data Pembayarannya untuk diproses oleh Paper.id. 
- 
                        Memelihara dan segera memperbaharui Data Pengguna dan Data Mitra agar tetap benar, akurat, terkini dan lengkap. Jika Pengguna memberikan informasi yang tidak benar, tidak akurat, tidak terkini atau tidak lengkap, atau Paper.id memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai bahwa informasi tersebut tidak benar, tidak akurat, tidak terkini atau tidak lengkap, maka Paper.id berhak untuk menangguhkan atau menghentikan akun Pengguna dan menolak setiap dan semua penggunaan Layanan saat ini atau di masa depan 
- 
                        Menggunakan Layanan Digital Payment untuk transaksi bisnis yang legal sesuai dengan norma dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia dan Pengguna dilarang keras menggunakan Layanan Digital Payment untuk transaksi terkait pencucian uang dan pendanaan terorisme, politik, dan isu yang mengandung unsur dan/atau terkait kegiatan yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan di Indonesia. Jika Pengguna diketahui menggunakan Layanan Digital Payment untuk hal-hal tersebut, maka Paper.id berhak untuk segera memutuskan Layanan Digital Payment Anda. 
- 
                        Menyetujui biaya-biaya, harga, dan tagihan sesuai dengan ketentuan Pasal 4 tentang Biaya Layanan Digital Payment. 
 
- 
                        
- 
                  Pengguna disarankan untuk menyimpan catatan atau bukti perdagangan, pengiriman barang dan/atau layanan dan penerimaan pembayaran seperti faktur pajak, slip pengiriman, tanda terima, dan dokumen lainnya yang dapat digunakan untuk membuktikan hak untuk menerima pembayaran sebagai bukti dalam hal terjadi sengketa. Pengguna mengakui dan menegaskan bahwa ia bertanggung jawab penuh untuk memelihara catatan pencadangan lengkap dari semua informasi yang berkaitan dengan perintah, pertanyaan dan pembelian dan setiap informasi yang disampaikan kepada Paper.id dengan tujuan untuk menyediakan Layanan. Pengguna mengakui bahwa catatan atau bukti sumbangan yang tidak mencukupi dapat menimbulkan risiko bahwa Pengguna tidak dapat berhasil mempertahankan tagihan balik, pengembalian dana, dan penolakan yang diminta dan menyetujui bahwa Pengguna bertanggung jawab atas semua risiko, kerugian, kerusakan, biaya dan kewajiban yang timbul dari hal tersebut. 
- 
                  Informasi Rekening Bank 
 Pencairan dana dilakukan ke rekening Bank Pengguna atau Mitra yang tercatat dalam Platform Paper.id. Pengguna wajib memperbarui informasi rekening Bank tersebut apabila terdapat perubahan. Paper.id tidak bertanggung jawab apabila terjadi kesalahan tujuan pencairan dana yang diakibatkan kesalahan dalam memberikan informasi rekening Bank.
- 
                  Pergantian Rekening Bank Pencairan Dana Pengguna 
 Pergantian data rekening Bank pencairan dana Pengguna harus dimintakan kepada Paper.id dan dilakukan oleh kontak Pengguna yang tercatat dalam Platform Paper.id. Setelah permintaan perubahan data rekening Bank tersebut disetujui oleh Paper.id, maka Pengguna dapat memperbarui data rekening Bank pencairan dana di akun Pengguna Paper.id.
 
- 
                  
- 
         Biaya Layanan Digital Payment Biaya-biaya yang dikenakan dalam Layanan Digital Payment adalah sesuai yang tercantum dalam halaman berikut dan dapat berubah dari waktu ke waktu dengan pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu. Pengguna layanan setuju bahwa Paper.id berhak untuk segera melakukan pemotongan langsung atas setiap pengeluaran, biaya, harga atau tagihan yang terhutang oleh Pengguna kepada Paper.id sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
- 
         Alur Penggunaan Layanan Digital Payment Alur berikut ini merupakan gambaran bagi (i) Pengguna, dalam kedudukannya sebagai pengirim Invoice maupun sebagai pembayar Invoice; dan (ii) Mitra sebagai pembayar Invoice. - 
                  pengirim Invoice mengirimkan Invoice melalui e-mail, WhatsApp, atau SMS kepada pembayar Invoice. 
- 
                  pembayar Invoice akan menerima e-mail, WhatsApp, atau SMS yang berisikan detail dari Invoice beserta dengan dokumennya dengan format PDF. Dalam hal Pengguna adalah pembayar Invoice, maka data Invoice yang diterima dari Mitra akan dimasukan kedalam Platform Paper.id. Jika pembayar Invoice menekan tombol untuk membayar, maka pembayar Invoice akan diarahkan ke proses pemilihan metode pembayaran dan pembayaran Invoice. 
- 
                  Pembayar Invoice akan diarahkan ke halaman pemilihan metode pembayaran. pembayar Invoice akan diminta untuk memilih salah satu metode pembayaran Digital Payment yang tersedia. Untuk menggunakan pembayaran melalui rekening virtual/virtual account, pembayar Invoice harus memilih metode pembayaran “ATM/Bank Transfer”. 
- 
                  Setelah memilih salah satu metode pada pembayaran Digital Payment, akan muncul detail pembayaran yang harus dilakukan. Pada tahap ini pembayar Invoice harus memastikan bahwa Data Pembayaran dan informasi dalam Invoice yang dimasukkan telah sesuai, termasuk besaran nominal yang muncul. 
- 
                  Apabila terjadi kesalahan pengisian Data Pembayaran ataupun informasi dalam Invoice, maka Paper.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. 
 
- 
                  
- 
         Batas Transaksi Layanan PaperPay In (Penerimaan Dana) dan PaperPay Out (Pembayaran Dana) - 
                  Transaksi Minimum 
 Pembayaran dengan Layanan Digital Payment hanya dapat dilakukan apabila nilai Invoice yang tertera lebih dari Rp. 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah).
- 
                  Transaksi Maksimum 
 Batas maksimum pembayaran per hari mengikuti ketentuan penyedia instrumen pembayaran (mis. Bank untuk penggunaan kartu kredit atau transfer bank; atau penerbit uang elektronik untuk penggunaan uang elektronik). Apabila transaksi melebihi nilai maksimum dari ketentuan yang berlaku, maka transaksi tersebut akan bisa dilakukan di hari berikutnya.
 
- 
                  
- 
         Service Level Agreement (SLA) Pencairan Dana - 
                  Transaksi dengan jumlah di bawah atau sama dengan Batas Transaksi akan diproses dan dicairkan dengan SLA berikut: - 
                           Transaksi dengan metode pembayaran Kartu Kredit diteruskan dengan rentang waktu pencairan maksimal 2x24 jam Hari Kerja. 
- 
                           Transaksi dengan metode pembayaran selain Kartu Kredit diteruskan dengan rentang waktu pencairan maksimal 1x24 jam Hari Kerja. 
 SLA di atas berlaku untuk Pengguna dengan status Verifikasi Diterima. 
- 
                           
- 
                  Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Paper.id, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Paper.id berhak melakukan tindakan pengawasan yang dapat terdiri dari pemeriksaan, pembekuan, penundaan pencairan dana, dan/atau pembatalan pembayaran yang dilakukan oleh Pengguna. 
- 
                  Tindakan pengawasan yang dapat terdiri dari pemeriksaan, pembekuan, penundaan pencairan dana dan/atau pembatalan pembayaran sebagaimana dimaksud dalam butir 7.2 di atas dilakukan berdasarkan standar prosedur operasi Paper.id dan dalam jangka waktu yang cukup berdasarkan penilaian Paper.id dan komunikasi dengan Pengguna. 
 
- 
                  
- 
         Pengembalian Dana - Pengembalian Dana ke Pengguna atau Mitra sebagai pembayar Invoice dilakukan apabila ditemukan indikasi kecurangan/fraud atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan Layanan Digital Payment; atau kondisi lain yang dikomunikasikan oleh Paper.id kepada pembayar Invoice. 
- 
                  Batas waktu pengembalian dana - 
                        Paper.id memproses pengembalian dana dalam jangka waktu 2x24 jam Hari Kerja setelah kondisi yang menyebabkan perlunya pengembalian dana diselesaikan. 
- 
                        Jangka waktu penerimaan dana yang dikembalikan setelah diproses oleh Paper.id sebagaimana ketentuan pada butir 8.2.1 di atas mengikuti ketentuan Bank terkait (2-14 Hari Kerja). 
 
- 
                        
- 
                  Proses pengembalian dana - 
                        Paper.id menghubungi pembayar Invoice/Pengguna atau pembayar Invoice/Pengguna dapat menghubungi Paper.id langsung untuk memulai proses pengembalian dana. 
- 
                        Paper.id menghubungi pembayar Invoice bahwa dana sudah diteruskan untuk dikirimkan. Nama pengirim dana akan tertulis sebagai perusahaan layanan pemrosesan pembayaran atau payment gateway atau Paper.id. 
 
- 
                        
 
- 
         Pemrosesan Data Pembayaran - 
                  Pemrosesan Data Pembayaran tunduk pada prinsip-prinsip perlindungan data yang tercantum dalam halaman Kebijakan Privasi Paper.id. Untuk menghindari keraguan, istilah “Pemrosesan” dalam Syarat dan Ketentuan Layanan Digital Payment ini mengacu pada definisi dalam halaman Kebijakan Privasi Paper.id. 
- 
                  Pengumpulan dan penyimpanan Data Pembayaran Pengguna dilakukan dalam Platform Paper.id dan dapat terdiri dari nama, alamat email, nomor telepon, nama resmi usaha yang tertera sesuai nama di rekening Bank, nomor rekening perusahaan/pribadi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) badan/pribadi. 
- 
                  Pemrosesan Data Pembayaran dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, kebijakan VISA/MasterCard/JCB/Amex, dan/atau Bank penerbit rekening Bank atau kartu kredit Pengguna. 
- 
                  Paper.id dapat memverifikasi dan mengesahkan detail kartu kredit atau kartu debit (“Kartu”) Pengguna atau Mitra sebagai pembayar Invoice dengan metode tokenisasi saat menggunakan Kartu untuk Layanan Digital Payment. 
- 
                  Data Pembayaran hanya diproses oleh Paper.id untuk keperluan pemrosesan transaksi Digital Payment, kelancaran komunikasi antara Pengguna dengan Mitra dalam rangka KYC, serta pengembangan produk, customer service dan peningkatan mutu Layanan. 
- 
                  Data Pembayaran yang terkait dengan jumlah dan pola transaksi hanya diproses oleh Paper.id untuk keperluan monitoring, administrasi, dan pencegahan terjadinya penipuan (fraud prevention) dan perbuatan melanggar hukum. 
- 
                  Dalam melakukan Pemrosesan Data Pembayaran, Paper.id menerapkan prinsip perlindungan dan keamanan data sesuai dengan standar industri. 
 
- 
                  
- 
         Jaminan dan Pelepasan Pengguna menjamin Paper.id dari tuntutan ganti rugi dan melepaskan Paper.id (termasuk direksi, komisaris, dan karyawan; dan perusahaan saudara atau afiliasi serta direksi, komisaris, dan karyawan perusahaan saudara atau afiliasi tersebut) dari setiap klaim atau tuntutan atau biaya hukum yang timbul dari klaim atau tuntutan tersebut, yang dilayangkan oleh Mitra, otoritas yang berwenang, atau pihak ketiga lain sebagai akibat dari penggunaan Layanan Digital Payment yang melanggar hukum dan menimbulkan kerugian terhadap pihak lain oleh Pengguna. 
- 
         Anti-Fraud dan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme Paper.id tidak memperkenankan segala aktivitas yang tergolong fraud atau kecurangan dan praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme dalam transaksi Digital Payment, termasuk namun tidak terbatas pada carding, scam, pembobolan PIN/password, gesek tunai, dan transaksi barang atau jasa yang bersifat ilegal. Paper.id menerapkan Fraud Detection System untuk mencegah terjadinya hal-hal tersebut dan menjaga integritas transaksi digital payment. Dalam hal terdapat dugaan fraud atau kecurangan dan praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme, maka Paper.id akan melakukan tindak lanjut pengawasan sebagaimana dicantumkan dalam bagian Service Level Agreement (SLA) pada Syarat dan Ketentuan Layanan Digital Payment Paper.id ini. Paper.id berhak untuk meminta konfirmasi kepada Pengguna atas transaksi Digital Payment dalam pengawasan dan mengembalikan dana pencairan kepada pembayar apabila tidak terdapat konfirmasi dalam jangka waktu yang telah dikomunikasikan. 
 Dalam hal terdapat akun Bank atau media pembayaran Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada Kartu) yang menurut penilaian Paper.id digunakan untuk aktivitas yang tergolong fraud atau kecurangan dan praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme dalam transaksi Digital Payment, maka Paper.id berhak untuk memblokir dan memasukkan akun Bank atau media pembayaran Pengguna tersebut dalam daftar hitam (blacklist) sebagai upaya tindak lanjut pengawasan sebagaimana dinyatakan di atas.
- 
         Perubahan Syarat & Ketentuan Layanan Digital Payment Paper.id berhak untuk mengubah atau menambahkan ketentuan dalam Syarat & Ketentuan Layanan Digital Payment ini, termasuk rincian biaya dan harga Layanan Digital Payment dalam halaman berikut sewaktu-waktu dengan menerbitkan pemberitahuan kepada Pengguna selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender sebelum perubahan atau penambahan tersebut efektif. Paper.id menghimbau Pengguna untuk mengakses dan membaca halaman Syarat & Ketentuan Layanan Digital Payment ini secara berkala. Apabila Pengguna tidak berkenan dengan perubahan atau penambahan tersebut, maka Pengguna disarankan untuk tidak mengakses dan menggunakan Platform Paper.id. 
- 
      Kontak Terkait Syarat dan Ketentuan Layanan Digital Payment Ini Pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan Layanan Digital Payment ini atau permintaan bantuan dapat dilayangkan secara elektronik ke support@paper.id. 
Syarat & Ketentuan Solusi Pendanaan Paper.ID
- 
         Solusi Pendanaan Paper.id adalah suatu layanan pendanaan yang disediakan oleh Paper.id bekerja sama dengan Mitra Lembaga Jasa Keuangan (“Mitra”). Solusi Pendanaan Paper.id terdiri dari Paper PayLater dan Paper Get Paid Faster. 
- 
         Paper PayLater adalah suatu fitur dalam Paper.id yang merupakan pemberian fasilitas pinjaman berbasis tagihan dari penyedia/supplier kepada pengguna Paper.id melalui Mitra yang bekerja sama dengan Paper.id. 
- 
         Paper Get Paid Faster adalah fitur dalam Paper.id yang merupakan pemberian fasilitas pinjaman berbasis tagihan kepada pengguna Paper.id melalui Mitra yang bekerja sama dengan Paper.id. 
- 
         Dengan menggunakan Solusi Pendanaan Paper.id, Anda mengetahui bahwa seluruh pertimbangan terkait pemberian fasilitas pinjaman atau layanan merupakan hak sepenuhnya dari Mitra. Oleh karena itu, tidak ada kata atau kalimat pada syarat dan ketentuan ini yang dapat diartikan untuk menjanjikan atau menjamin bahwa suatu pendaftaran atas Solusi Pendanaan Paper.id akan disetujui. 
- 
         Kami dapat, setiap saat dan dengan alasan apapun, meminta informasi atau dokumen tambahan untuk, termasuk namun tidak terbatas, mengonfirmasi identitas dan/atau informasi terkait penghasilan Anda. Anda setuju bahwa Anda akan memberikan informasi dan/atau dokumen tersebut kepada kami sesuai permintaan. Jika Anda tidak memberikan informasi dan/atau dokumentasi tersebut dengan segera, kami dapat, tanpa bertanggung jawab kepada Anda, membatasi penggunaan Anda pada Solusi Pendanaan Paper.id. 
- 
         Anda setuju dan memberi hak serta wewenang kepada Paper.id untuk memberikan informasi Anda kepada Mitra untuk kepentingan penilaian kelayakan pinjaman Anda. 
- 
         Anda memberikan wewenang kepada Mitra dan Paper.id untuk mengajukan pertanyaan yang kami anggap penting untuk mengidentifikasi dan memverifikasi identitas dan informasi Anda yang diberikan kepada kami (baik secara langsung atau melalui pihak ketiga) kapan saja dan untuk kepentingan penggunaan Solusi Pendanaan Paper.id. 
- 
         Kami dapat dari waktu ke waktu dan tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk menghentikan fasilitas pada Solusi Pendanaan Paper.id apabila ditemukan kejanggalan/indikasi kecurangan yang dilakukan pengguna dalam pemanfaatan Solusi Pendanaan Paper.id. 
- 
         Limit yang diberikan sepenuhnya merupakan keputusan Mitra, namun dapat ditinjau ulang berdasarkan permintaan tertulis dari pengguna Paper.id. 
- 
         Kami dapat menolak pengajuan transaksi Solusi Pendanaan Paper.id, jika masih ada transaksi yang telah melewati tanggal jatuh tempo (tunggakan) dalam kondisi belum lunas atau jika pengajuan melebihi sisa limit yang tersedia. 
- 
         Khusus untuk Paper Pay Later, untuk bulan pertama, fitur tersebut hanya dapat digunakan untuk membayar penyedia/supplier yang terdaftar di Paper.id. Bulan selanjutnya layanan tersebut dapat digunakan untuk pembayaran ke semua penyedia/supplier yang telah divalidasi. 
- 
         Anda menyatakan dengan ini setuju terhadap setiap ketentuan yang tercantum dalam formulir pendaftaran dalam Solusi Pendanaan Paper.id, termasuk dan tidak terbatas pada: skema tanggal jatuh tempo, limit, biaya dan denda keterlambatan. 
- 
         Dengan menggunakan Solusi Pendanaan Paper.id, setiap saat, Anda setuju untuk: - 
                    Mengakses dan/atau menggunakan Solusi Pendanaan Paper.id hanya untuk tujuan yang sah, dengan cara yang sah, dan dengan itikad baik; 
- 
                    Mematuhi setiap dan semua pedoman, pemberitahuan, peraturan operasi, dan kebijakan dan instruksi yang berkaitan dengan penggunaan dan/atau akses ke Solusi Pendanaan Paper.id, serta setiap perubahan yang dikeluarkan oleh kami dari waktu ke waktu; dan 
- 
                    Pemberian setiap informasi atau data yang Anda simpan, unggah, atau munculkan di Solusi Pendanaan Paper.id adalah lengkap, benar, dan akurat. 
 
- 
                    
- 
         Hanya Anda yang dapat menggunakan akun Solusi Pendanaan Paper.id Anda dan Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda tidak akan memberi kuasa atau akses kepada pihak manapun untuk menggunakan identitas Anda atau akun Solusi Pendanaan Paper.id dengan alasan apapun. 
- 
         Anda tidak dapat mengalihkan atau mentransfer akun Solusi Pendanaan Paper.id ke pihak manapun tanpa persetujuan dari Paper.id. 
- 
         Anda wajib segera memberitahukan kepada Paper.id atas setiap perubahan informasi pribadi Anda, termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat email, nomor ponsel, dan informasi lain yang berbeda dari yang sebelumnya Anda ajukan. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh kegagalan Anda untuk memperbarui informasi pribadi Anda di dalam platform Paper.id. 
- 
         Dalam penggunaan Solusi Pendanaan Paper.id, khusus untuk Paper Pay Later, Anda wajib menyertakan faktur yang jelas, dan bukan suatu pengeluaran operasional. 
- 
         Segala perselisihan yang timbul dari penggunaan Solusi Pendanaan Paper.id akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat. Apabila musyawarah untuk mufakat tidak dapat tercapai, maka Anda dan Paper.id sepakat untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 
- 
         Syarat dan ketentuan ini beserta formulir pendaftaran yang Anda isikan adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Apabila ada pertentangan antara syarat dan ketentuan dan formulir pendaftaran,maka syarat dan ketentuan ini yang berlaku. 
- 
         Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah oleh Kami setiap saat namun tiap perubahan atas Syarat dan Ketentuan tersebut akan diberitahukan kepada Anda. Dengan tetap mengakses Solusi Pendanaan Paper.id, maka Anda dianggap telah menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan. 
- 
         Versi baru dari Syarat dan Ketentuan akan menggantikan Syarat dan Ketentuan yang lama, dan Syarat dan Ketentuan yang baru tersebut akan menggantikan segala pengaturan mengenai hak dan kewajiban para pihak termasuk namun tidak terbatas pada pengumuman, janji dan penjaminan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan terdahulu. Dengan melanjutkan penggunaan dari Solusi Pendanaan Paper.id berarti Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dan setiap perubahan yang dibuat. 
Syarat & Ketentuan PaperXB
Syarat & Ketentuan Layanan PaperXB (“S&K”) ini ditetapkan oleh PT Pakar Digital Global (“Paper.id” atau “Kami”), suatu perseroan terbatas yang berdiri dan tunduk pada hukum negara Republik Indonesia, mengatur tata cara penggunaan Layanan PaperXB oleh pengguna Layanan PaperXB (“Pengguna” atau “Anda”). Dengan mendaftar, mengakses, dan/atau menggunakan Layanan PaperXB, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua materi dalam S&K ini.
Selanjutnya untuk kepentingan S&K ini, Paper.id dan Pengguna secara bersama-sama akan disebut sebagai “Para Pihak” dan secara sendiri-sendiri akan disebut sebagai “Pihak”.
Syarat & Ketentuan Layanan PaperXB ini merupakan suatu bentuk perjanjian yang sah antara Pengguna dengan Paper.id, serta harus dibaca dan diartikan sebagai satu kesatuan dengan Syarat & Ketentuan Penggunaan Platform dan Kebijakan Privasi yang tercantum dalam laman situs www.paper.id serta perjanjian layanan terpisah (jika tersedia bagi Pengguna). Apabila Pengguna tidak menyetujui sebagian atau seluruh isi S&K ini, maka Pengguna disarankan untuk tidak menggunakan Layanan PaperXB.
- 
            DEFINISI DAN INTERPRETASI - 
                Semua istilah dengan huruf kapital yang tidak didefinisikan dalam S&K ini akan memiliki definisi yang sama dalam Syarat & Ketentuan Penggunaan Platform dan/atau Kebijakan Privasi. 
- 
                Istilah yang mengandung makna jenis kelamin apapun mencakup seluruh jenis kelamin dan istilah yang mengandung makna tunggal mencakup istilah jamak dan begitu juga sebaliknya. 
- 
                    Untuk tujuan S&K ini, dan kecuali apabila konteksnya mensyaratkan secara lain: “Bank” berarti bank komersial yang mana Paper.id mungkin telah menandatangani perjanjian-perjanjian sehubungan dengan penyediaan Layanan. “FX”, “Valas” atau “Valuta Asing” berarti mata uang asing selain Rupiah, yang di dalamnya termasuk mata uang asing yang bukan merupakan mata uang lokal yang dikeluarkan oleh negara Penerima (“Kurs Asing”) dan mata uang asing yang merupakan mata uang lokal yang dikeluarkan oleh negara Penerima (“Kurs Lokal”). “Hari Kerja” berarti hari-hari selain Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional atau hari-hari lain yang ditetapkan sebagai hari libur oleh Pemerintah Republik Indonesia dan negara lain yang relevan sehubungan dengan Transaksi, di mana Bank buka untuk beroperasi dan bank sentral di masing-masing negara buka untuk kliring. “Layanan Pesan Instan” berarti aplikasi layanan pesan instan yang dibuat, dimiliki dan dikelola oleh Whatsapp Inc., dan/atau layanan pesan instan lainnya yang disepakati antara Para Pihak. “Mitra Paper.id” berarti perusahaan berbadan hukum yang menyediakan jasa tertentu bagi Paper.id untuk dapat menyediakan Layanan kepada Pengguna, yang terdiri dari, termasuk namun tidak terbatas pada Bank, penyedia jasa pembayaran dalam negeri (“Mitra Dalam Negeri”) dan/atau luar negeri (“Mitra Luar Negeri”). “PaperXB” berarti Layanan yang memungkinkan Pengguna melakukan pengiriman uang kepada rekening Penerima di luar negeri atau yang terdaftar di luar wilayah negara Republik Indonesia melalui Platform Paper.id. “Penerima” berarti pihak yang ditunjuk oleh Pengguna untuk menerima sejumlah uang yang ditransfer melalui Layanan PaperXB. “Pembatalan Transaksi” berarti pembatalan Transaksi yang sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam S&K ini. “Pengembalian Dana” berarti pengembalian sejumlah dana terkait dengan Transaksi sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam S&K ini. “Perintah Transfer Dana” berarti perintah final yang diberikan oleh Pengguna kepada Paper.id untuk memindahkan sejumlah dana ke rekening di suatu institusi keuangan Bank dan non-Bank milik Penerima. “Rupiah”, “Rp” atau “IDR” berarti mata uang negara Republik Indonesia. “Tinjauan Kepatuhan” berarti proses peninjauan atau verifikasi oleh tim kepatuhan Mitra Paper.id berdasarkan ketentuan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme. “Transaksi” berarti setiap transaksi yang diproses berdasarkan S&K ini dan berhubungan dengan Layanan PaperXB. 
 
- 
                
- 
            RUANG LINGKUP LAYANAN Paper.id bekerja sama dengan Mitra Paper.id berupa perusahaan penyedia jasa pembayaran yang berizin dan diawasi Bank Indonesia dan/atau otoritas berwenang lainnya, sebagai mitra pengiriman uang pada Layanan PaperXB guna memberikan kemudahan bagi Pengguna dalam melakukan Transaksi melalui Platform Paper.id. 
- 
            KETENTUAN UMUM - 
                Paper.id akan menghubungi Pengguna untuk melakukan aktivasi dan onboarding terkait Layanan PaperXB. 
- 
                Pengguna memahami bahwa pelaksanaan Transaksi melalui PaperXB berdasarkan Perintah Transfer Dana ke luar negeri, akan dibantu oleh Mitra Paper.id. Oleh karenanya Pengguna dengan ini melepaskan Paper.id dari tanggung jawab atas setiap kesalahan atau keterlambatan pemrosesan Transaksi PaperXB yang ditujukan kepada rekening Bank Penerima, apabila kesalahan tersebut bukan disebabkan oleh sistem yang Paper.id kelola namun oleh Mitra Paper.id. 
- 
                Beberapa negara tujuan mungkin menerapkan proses verifikasi (termasuk namun tidak terbatas pada Tinjauan Kepatuhan atau verifikasi lainnya dari Mitra Luar Negeri dan/atau Bank Penerima) untuk setiap Penerima yang baru melakukan Transaksi pertama pada negara tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada Republik Korea dan Republik Rakyat Tiongkok. Lebih lanjut, negara Penerima dan/atau Mitra Luar Negeri mungkin menerapkan limit dengan nominal tertentu sebagai batas maksimal penerimaan dana, jika Penerima sudah mencapai limit tersebut maka tidak dapat menerima dana lagi. 
 
- 
                
- 
            KONTAK, ALUR, KEMAMPUAN DAN BIAYA LAYANAN - 
                Kontak Customer Success Paper.id (“CS”): +6285219526186 (WhatsApp Only/Helpdesk); 
 +6285574677916 (Call Only).
- 
                Alur Layanan PaperXB sebagai berikut: No Proses Waktu Pemenuhan (1) Setiap proses, permintaan dan/atau pertanyaan terkait PaperXB dan konversi FX dapat diajukan oleh Pengguna kepada Paper.id melalui Platform Paper.id dan/atau Layanan Pesan Instan. N/A (2) Pengguna memberikan rincian Transaksi yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada data pengirim, Penerima, Bank Penerima, jumlah dana dan metode pembayaran. N/A (3) Waktu kedaluwarsa penawaran FX sampai dengan konfirmasi penerimaan dari Pengguna. 14 menit 30 detik (4) Waktu pembayaran Transaksi melalui PaperXB, pada saat Pengguna sampai di halaman metode pembayaran. 15 menit atau sesuai time window dalam Platform Paper.id (5) Pemenuhan Dokumen Pendukung oleh Pengguna untuk dasar Transaksi apabila dibutuhkan.* 1x24 jam (6) Transfer akan dilakukan, kemudian diterima oleh Penerima. Sesuai Pasal 4.4 S&K ini (7) Setelah pembayaran selesai, pengiriman dana akan dijalankan dan Pengguna akan menerima update mengenai status Transaksi. Real Time *Bila dalam waktu pemenuhan tersebut Pengguna tidak melengkapi Dokumen Pendukung yang diminta untuk kebutuhan tambahan informasi, maka transaksi akan dibatalkan dan proses pembatalan beserta biaya pembatalan dapat diberlakukan. 
- 
                    Berikut ketentuan dan penjelasan tambahan dari tabel Alur Layanan PaperXB di atas: - Status Transaksi hanya akan menunjukkan bahwa dana telah sukses atau gagal diterima oleh rekening penampungan Bank Penerima. Apabila Pengguna dan/atau Penerima membutuhkan informasi lebih lanjut terkait status tersebut, Paper.id akan membantu menyampaikan permintaan tersebut kepada Mitra Paper.id dan menyampaikan informasi terkait secepatnya kepada Anda setelah Kami menerima informasi/konfirmasi dari Mitra Paper.id, yang mana permintaan tersebut mungkin dikenakan biaya dari Mitra Paper.id yang sepenuhnya akan ditanggung oleh Pengguna. 
- Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa permintaan informasi tambahan terkait status Transaksi melalui PaperXB tergantung pada diskresi dan ketersediaan dari Mitra Paper.id, sehingga Paper.id tidak dapat memberikan kepastian ketersediaan dan/atau jangka waktu atas pemenuhan permintaan informasi tambahan tersebut. 
- Jika Transaksi memerlukan Dokumen Pendukung tambahan, Pengguna akan diinformasikan oleh Paper.id melalui nomor Whatsapp dan/atau e-mail, agar Pengguna mengirimkan Dokumen Pendukung tersebut dalam rentang waktu 1x24 jam kepada Paper.id. 
- Alur yang tersebut dalam Pasal 4.3 di atas dapat berubah dan disesuaikan dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan dari Paper.id. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan terkait rincian alur ke CS Paper.id. 
 
- 
                    Pengguna dapat melihat kemampuan Paper.id terkait dengan Layanan PaperXB pada tabel di bawah ini: Mata Uang Asal Negara Penerima Mata Uang Penerima SLA IDR 🇺🇸🌎 USD Global Wire (USA and other countries) USD Sampai dengan 3 (tiga) Hari Kerja IDR 🇪🇺 EU SEPA Countries EUR IDR 🇸🇬 Singapore SGD, USD IDR 🇲🇾 Malaysia MYR, USD, SGD IDR 🇹🇭 Thailand THB, USD, SGD IDR 🇨🇳 China CNY, USD, SGD IDR 🇰🇷 Republic of Korea (South Korea) KRW, USD IDR 🇯🇵 Japan JPY, USD IDR 🇸🇦 Saudi Arabia SAR, USD 
- Daftar negara Penerima dan mata uang Penerima dalam Pasal 4.4 di atas dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kewenangan penuh dari Paper.id. Perubahan tersebut dapat diinformasikan kepada Pengguna melalui platform Paper.id atau Layanan Pesan Instan. 
- Limit Transaksi harian bagi Pengguna adalah Rp1.000.000.000,- (satu miliar Rupiah), apabila Transaksi harian Pengguna melewati limit ini, maka tidak dapat melakukan Transaksi lagi pada hari yang sama. 
- Paper.id maupun Mitra Paper.id tidak memotong Biaya Layanan dari sejumlah dana yang akan diterima oleh Penerima. Namun Bank Penerima mungkin menerapkan biaya layanan tambahan yang akan dipotong dari jumlah dana yang dikirimkan, sehingga dana yang diterima Penerima mungkin tidak dalam jumlah yang utuh. 
- Semua Biaya Layanan dan biaya lainnya yang dinyatakan dalam USD di dalam S&K ini akan diaplikasikan atau ditagihkan dalam Rupiah berdasarkan nominal yang ditetapkan oleh Paper.id dan/atau Mitra Paper.id. 
- Biaya Layanan sebagai berikut: - No. - Layanan PaperXB - Biaya Layanan per Transaksi - (1) - Transfer Internasional - USD 25 untuk Kurs Asing atau USD 10 untuk Kurs Lokal - (2) - Pembayaran dengan kartu kredit - 1,7% sampai dengan 2,1% - (3) - Pembayaran dengan Paper Horizon Card - Sesuai dengan perjanjian antara Pengguna dan Paper.id - (4) - Harga Valuta Asing - Ditentukan oleh Paper.id dan disetujui oleh Pengguna 
- Pengguna melakukan pembayaran Biaya Layanan sesuai dengan prosedur yang dijelaskan dalam proses onboarding. 
 
- 
                
- 
            PENUNDAAN TRANSAKSI - 
                Paper.id berhak menangguhkan Transaksi apabila dianggap mencurigakan dan/atau memenuhi kriteria transaksi yang diduga sebagai transaksi yang berkaitan dengan pencucian uang atau pendanaan terorisme sebagaimana yang diinfokan oleh Bank dan/atau Mitra Paper.id atau yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia atau bank sentral negara Penerima yang relevan. 
- 
                Dalam hal nominal Transaksi melebihi ambang batas transaksi berdasarkan peraturan negara-negara Penerima atau Transaksi masuk dalam Tinjauan Kepatuhan, Paper.id memiliki hak dan kewajiban untuk menahan transaksi (hold), serta meminta informasi-informasi dan/atau dokumen-dokumen pendukung yang terkait dengan tujuan Transaksi (“Dokumen Pendukung”) yang akan dilakukan berdasarkan kebijakan dari Mitra Luar Negeri dan/atau guna memenuhi ketentuan hukum yang berlaku sehubungan dengan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme. Paper.id akan menghubungi Pengguna untuk memintakan Dokumen Pendukung melalui kontak yang terdaftar dalam Platform Paper.id. 
- 
                Paper.id akan melanjutkan pemrosesan Transaksi yang ditahan berdasarkan Pasal 5.2 di atas setelah Dokumen Pendukung yang disediakan oleh Pengguna dianggap telah cukup dan sesuai dengan kebijakan Paper.id dan/atau Mitra Paper.id. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa Paper.id memiliki wewenang penuh untuk menahan dan/atau menolak Transaksi yang Pengguna instruksikan berdasarkan Perintah Transfer Dana dalam hal adanya (i) ketidaklengkapan dan/atau ketidaksesuaian Dokumen Pendukung yang Pengguna sediakan atau (ii) kebijakan dari Mitra Paper.id. 
- 
                Jika Pengguna dan/atau Penerima tidak berkenan untuk melengkapi informasi yang diminta berdasarkan Tinjauan Kepatuhan sebagaimana disebutkan pada Pasal 5.2, maka Transaksi yang Pengguna buat tidak dapat Paper.id teruskan. Selanjutnya, Pengguna dapat mengajukan Pembatalan Transaksi kepada Paper.id atau dana akan dikembalikan secara otomatis kepada Pengguna (Pengembalian Dana). 
 
- 
                
- 
            PENGEMBALIAN DANA - 
                Pengembalian Dana dapat dilakukan dengan permintaan sebelumnya dari Pengguna kepada Paper.id, yang kemudian mendapatkan notifikasi dari Paper.id berikut dengan biaya yang mungkin timbul (apabila ada), termasuk harga FX, kecuali ditentukan sebaliknya berdasarkan S&K ini. 
- 
                Dana atas Transaksi akan dikembalikan dalam waktu 14 (empat belas) Hari Kerja menggunakan konversi FX yang berlaku saat Pengguna melakukan Transaksi di Platform Paper.id. 
- 
                Transaksi yang dibatalkan karena kesalahan jumlah nominal yang dibayarkan atau melewati batas waktu pembayaran, Pengguna dapat mengajukan Pengembalian Dana dan pengembalian tersebut akan diproses dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) Hari Kerja. 
- 
                Biaya yang mungkin timbul akibat Pengembalian Dana termasuk biaya-biaya yang mungkin dikenakan oleh Paper.id akan ditanggung sepenuhnya oleh Pengguna, sehingga dana yang kembali ke Pengguna mungkin tidak dalam jumlah yang utuh. 
 
- 
                
- 
            PEMBATALAN TRANSAKSI - 
                Jika Pengguna ingin mengajukan pembatalan atas Transaksi yang sudah dikonfirmasi, maka Pengguna memahami bahwa proses pembatalan Transaksi tersebut akan dianggap sebagai suatu pengajuan dan diajukan paling lambat dalam jangka waktu 3 (tiga) Hari Kerja sejak tanggal Transaksi dibuat (“Pembatalan Transaksi”). Paper.id membutuhkan waktu dalam memproses Pembatalan Transaksi karena Paper.id perlu mengajukan permintaan Pembatalan Transaksi terlebih dahulu kepada Mitra Paper.id, termasuk di negara tujuan. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pembatalan Transaksi hanya dapat dilakukan apabila penyelenggara penerus akhir di negara tujuan belum berhasil mengirim dana ke Penerima. Lebih lanjut, Pengguna juga memahami dan menyetujui bahwa sehubungan dengan pengajuan Pembatalan Transaksi ini akan dikenakan biaya tambahan yang besarannya akan diinformasikan setelah Paper.id melakukan pengecekan dengan Mitra Paper.id, termasuk di negara Penerima. 
- 
                Biaya yang mungkin timbul akibat Pembatalan Transaksi termasuk biaya-biaya yang dikenakan oleh Paper.id, akan ditanggung sepenuhnya oleh Pengguna dengan nominal yang akan ditentukan berdasarkan biaya yang mungkin diterapkan oleh Bank atau Mitra Paper.id, sehingga dana yang kembali ke Pengguna mungkin tidak dalam jumlah yang utuh. 
 
- 
                
- 
            PENAFIAN - 
                Paper.id tidak dapat menjamin bahwa informasi seperti nama pengirim dan informasi lainnya dapat tersedia pada mutasi rekening Bank Penerima. Hal ini akan bergantung pada ketentuan pengoperasian atau penyediaan layanan oleh masing-masing Mitra Paper.id dan/atau Bank Penerima di negara tujuan. 
- 
                Paper.id tidak bertanggung jawab dengan risiko yang muncul akibat kesalahan pencantuman nomor Rekening Bank Penerima, SWIFT Code, dan identitas Penerima saat membuat dan mengkonfirmasi Perintah Transfer Dana. Risiko yang dimaksud seperti namun tidak terbatas pada dana atas Transaksi terkirim ke rekening pihak lain selain Penerima dan dana tersebut tidak dapat dikembalikan baik sebagian maupun sepenuhnya oleh bantuan Paper.id. 
- 
                Transaksi yang sudah sukses terkirim, baik ke Mitra Paper.id dan/atau Bank Penerima, namun dana atas Transaksi belum diterima oleh Penerima, maka Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Paper.id dapat membantu melampirkan nomor referensi (yang diberikan oleh Mitra Paper.id) yang berkaitan dengan Transaksi dari Pengguna guna dilakukan pengecekan ke penyelenggara penerima akhir. 
- 
                Paper.id tidak memiliki hubungan hukum dan/atau hubungan kerjasama dengan Penerima. Segala hal yang terjadi antara Pengguna dengan Penerima, selain sehubungan dengan transaksi mencurigakan, bukan merupakan tanggung jawab Paper.id. Pengguna dengan ini melepaskan Paper.id dari segala bentuk kerugian, tuntutan, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban, biaya, gugatan, dan/atau tuntutan apapun sehubungan hubungan antara Pengguna dengan Penerima baik itu terkait hubungan bisnis dan/atau hubungan hukum lainnya. 
 
- 
                
- 
            KEBERLAKUAN SYARAT DAN KETENTUAN - 
                Syarat dan Ketentuan Layanan PaperXB ini berlaku sampai dengan diterbitkannya versi terbaru yang berisi perubahan sebagian atau keseluruhan Syarat dan Ketentuan Layanan PaperXB ini. 
- 
                Versi terbaru S&K ini akan dikomunikasikan atau diberitahukan kepada Pengguna dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal efektif berlakunya versi terbaru tersebut. Apabila tidak terdapat sanggahan dari Pengguna, maka Pengguna dianggap mengetahui, menyetujui, dan tunduk pada keberlakuan versi terbaru tersebut. 
- 
                Dengan terbitnya versi terbaru dari S&K ini maka segala versi yang ada sebelumnya dianggap tidak berlaku lagi. 
- 
                Jika terdapat perbedaan pengaturan di dalam S&K ini dengan Syarat & Ketentuan Penggunaan Platform, maka yang berlaku bagi Pengguna PaperXB adalah S&K ini. 
 
- 
                
- 
            KETENTUAN PENUTUP - 
                S&K ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apabila terdapat inkonsistensi antara dua bahasa tersebut, maka syarat dan ketentuan dalam Bahasa Indonesia yang akan berlaku. 
- 
                Anda perlu menyetujui S&K ini secara elektronik sebelum menggunakan Layanan PaperXB. Persetujuan elektronik yang Anda berikan akan Kami rekam dan kelola oleh Paper.id dalam bentuk dokumen elektronik dan Anda setuju bahwa hal tersebut dapat menjadi pembuktian yang sama sahnya dengan dokumen tertulis dalam bentuk fisik di hadapan otoritas yang berwenang, pengadilan dan/atau badan penyelesaian sengketa lainnya yang memiliki kewenangan untuk menyelesaikan sengketa akibat pelaksanaan dari S&K ini. 
 
- 
                
 
        