Dalam meningkatkan penjualan suatu produk memang diperlukan usaha yang lebih, baik dari segi pemasaran, kualitas, dan harga. Masing-masing faktor tersebut memang ikut ambil bagian penting dalam meningkatkan penjualan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Akan tetapi terdapat satu hal yang tidak semua pelaku bisnis sadari yaitu kemasan makanan dari produk mereka. Tidak dapat dipungkiri ternyata kemasan suatu produk merupakan hal yang penting dan tidak boleh luput dari perhatian para pelaku bisnis. Pasalnya kemasan produk yang menarik ternyata membawa pengaruh besar terhadap angka penjualan produk mereka maupun harga jual dan daya tarik konsumen akan produk yang ditawarkan.

Baca juga: Peluang usaha bisnis packaging makanan di 2021

Kemasan produk dapat dikatakan sebagai gambaran atau citra perusahaan. Kemasan makanan yang baik akan menimbulkan nilai positif di mata konsumen baik terhadap produk maupun citra perusahaan. Untuk lebih detail lagi dan menimbulkan rasa percaya konsumen akan produk yang ditawarkan dalam kemasan produk Anda tambahkan komposisi bahan, legalitas Depkes, dan batas kadaluarsa produk.

Bagi Anda pengusaha F&B yang ingin mendapatkan info terbaru seputar tren bisnis F&B dan kesulitan dalam mencari supplier atau pelanggan, gabung ke grup Facebook Perkumpulan pengusaha F&B Paper.id. Dapatkan info terbaru, promosi bisnis gratis, dan program menarik untuk membantu bisnis Anda berkembang pesat! Klik disini untuk bergabung.

Kemasan produk harus diperhatikan sedetail mungkin karena sebagian besar alasan dari konsumen dalam membeli suatu produk adalah karena ketertarikan pertama atau kesan pertama mereka saat melihat kemasan suatu produk yang unik dan menarik. Percaya atau tidak, ketika konsumen yang sudah tertarik dengan kemasan makanan Anda, mereka tidak akan berpikir lama untuk membeli produk Anda. Jika hal tersebut terjadi maka sudah dipastikan penjualan dan keuntungan produk Anda dengan mudah diraih.

Yang harus diperhatikan dalam kemasan suatu produk guna menentukan harga jual dan daya saing pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  • Efektivitas
  • Keamanan pangan (food safety)
  • Mudah pengiriman
  • Mudah dikenali
  • Desain ergonomic
  • Faktor keindahan

Jadikan lah produk Anda sebagai barang yang berharga, karena kepuasan pelanggan akan produk Anda merupakan penentu kesuksesan usaha Anda. Misalnya, jika Anda ingin menjual produk minuman kopi, Anda harus menyiapkan botol plastik atau kaca yang tahan banting, dan usahakan penutup yang kedap udara agar menjaga ketahanan kopi agar tidak cepat basi.

Atau Usaha kue kering, Untuk bisnis kue kering anda bisa menggunakan toples kekinian yang berbentuk unik dan menghiasi kemasan nya dengan pita dilengkapi dengan thank you card karena membeli kue Anda.

Berikut ini adalah tips-tips mudah membuat kemasan produk yang menarik sesuai karakter brand:

Buat desain simple untuk kemasan makanan Anda

Pastikan kemasan produk yang kamu buat adalah simple, elegan, dan mencolok untuk menarik pelanggan. Kamu harus membuat kemasan makanan yang sesuai dengan image atau nilai yang ingin kamu tunjukkan kepada pembeli dengan memperhatikan warna, font, dan slogan dari tokomu ya.

Buat kemasan limited edition

Membuat kemasan yang menawarkan edisi terbatas dapat mendorong calon pembeli untuk melakukan pembelian lagi Bahkan, mereka juga akan berlomba-lomba mendapatkan produk dengan kemasan yang terbatas dan mempublikasikannya di media sosial.

Baca juga: Peluang bisnis frozen food di tahun 2021

Ciptakan kemasan makanan dengan berbagai ukuran

Hal ini dilakukan karena tidak semua konsumen ingin membeli dalam jumlah yang banyak. Dengan menciptakan varian ukuran dari yang kecil sampai yang besar dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen dalam membeli produk Anda. Baik konsumen yang ingin membeli dalam size kecil maupun size besar.

Ramah lingkungan

Kesadaran masyarakat tentang produk ramah lingkungan semakin meningkat. Banyak pembeli yang rela membayar sedikit lebih mahal demi ikut andil dalam melestarikan lingkungan. Untuk itu kemasan ramah lingkungan perlu menjadi pertimbangan para pelaku usaha.