Analisis SWOT, Pengertian, Manfaat dan ContohnyaAnalisis SWOT, Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Seperti sebuah membangun rumah, membangun bisnis perlu fondasi yang kuat, salah satunya adalah dengan melakukan analisis SWOT. SWOT merupakan singkatan dari strength, weaknesses, opportunities dan threats. Keempat hal tersebut membantu seorang pengusaha dalam mengetahui kelebihan & kelemahan bisnis yang ingin dibuat.

Dengan begitu, pebisnis bisa membangun sebuah bisnis yang kuat sekaligus membedakan mereka dari kompetitor yang ada. Hal ini berlaku bagi semua jenis bisnis baik untuk pengusaha kecil (UMKM) hingga perusahaan besar.

Baca juga: 4 keuntungan membayar kartu kredit untuk UMKM

Yang perlu Anda ketahui adalah, analisis SWOT ini bisa menjadi sebuah langkah yang tepat untuk membuat bisnis Anda lebih kuat untuk kedepannya. Dalam pembahasan kali ini, Paper.id ingin membahas lebih dalam mengenai apa yang perlu Anda ketahui soal SWOT dan bagaimana menerapkannya dalam bisnis.

SWOT adalah singkatan dari:

  • Strengths (Kekuatan)
    Area bisnis yang berkinerja baik dan memberikan keuntungan bagi bisnis.
  • Weaknesses (Kelemahan)
    Area bisnis yang mungkin berkinerja buruk atau mencegahnya mencapai kesuksesan atau pertumbuhan.
  • Opportunities (Peluang)
    Seberapa baik bisnis memanfaatkan peluang untuk tumbuh atau mencapai tujuannya.
  • Threats (Ancaman)
    Segala sesuatu yang dapat menghambat operasi bisnis dan berpotensi menimbulkan ancaman eksistensial.

Bisnis-bisnis yang melakukan analisis SWOT secara teratur memiliki peluang bagus untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi mereka dalam jangka panjang.

Apa itu Analisis SWOT dalam Bisnis?

Seperti namanya, tujuan dari analisis SWOT adalah untuk memeriksa secara menyeluruh dan objektif aspek-aspek yang paling penting dari sebuah bisnis. Tidak hanya menyediakan bisnis dengan gambaran yang komprehensif dari operasinya, tetapi juga menunjukkan bagaimana kinerjanya baik secara internal maupun dalam kaitannya dengan persaingannya.

Dengan melihat kekuatan dan kelemahannya sendiri, sebuah bisnis dapat mengidentifikasi area mana yang berkinerja baik, dan area yang dapat ditingkatkan. Jika dokumen administrasi umum menumpuk, misalnya, ini mungkin menunjukkan bahwa dibutuhkan lebih banyak staf administrasi.

Peluang dan ancaman lebih berhubungan dengan urusan eksternal bisnis. Misalnya, mungkin ada peluang untuk memasarkan produk atau layanan ke basis pelanggan baru, sehingga analisis SWOT akan mengidentifikasi seberapa efektif strategi bisnis dalam mewujudkannya.

Selain itu, ada peluang emas lainnya yang dapat mempermudah transaksi bisnis Anda seperti Paper.id. Paper.id merupakan platform pembayaran antar bisnis. Anda bisa membayar supplier dengan kartu kredit meskipun pilihannya tidak tersedia. Selain itu, customer Anda juga bebas membayar transaksi dengan berbagai macam pilihan termasuk kartu kredit. Semua ini dapat Anda rasakan dengan GRATIS, klik tombol dibawah untuk daftar sekarang!

Ancaman dapat berkisar dari kejahatan dunia maya hingga perubahan politik, ekonomi, hukum, atau apa pun yang mengancam cara bisnis beroperasi serta keuangan dan kemampuannya untuk menghasilkan keuntungan.

Manfaat Analisis SWOT

Beberapa manfaat melakukan analisis SWOT meliputi:

Cara hemat untuk membangun bisnis

Anda tidak memerlukan pelatihan ekstensif atau keterampilan teknis dalam bentuk apa pun untuk melakukan analisis SWOT. Selain itu, Anda tidak memerlukan konsultan eksternal. Yang Anda butuhkan hanyalah anggota staf yang memiliki pengetahuan bisnis sebelumnya.

Membantu Anda dalam mengenal bisnis lebih dalam

Analisis SWOT dapat digunakan untuk melakukan analisis persaingan, perencanaan strategis atau studi lainnya. Ini karena, melalui analisis SWOT, bisnis dapat mengidentifikasi faktor lingkungan apa pun yang memainkan peran menguntungkan atau tidak menguntungkan dalam tujuan tertentu.

Mempererat hubungan antar karyawan

Analisis SWOT mendorong diskusi. Setiap karyawan memainkan peran penting dalam mendorong organisasi menuju kesuksesan. Membahas kekuatan dan kelemahan inti perusahaan membantu mengidentifikasi ancaman dan memanfaatkan peluang.

Memperdalam wawasan soal bisnis

SWOT dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang pasar, memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang pesaing Anda. Ini memberi Anda kesempatan untuk merumuskan rencana untuk menyusun posisi dan kompetitif di pasar.

Baca juga: Keuntungan untuk menerima pembayaran kartu kredit untuk bisnismu

Manfaat lainnya dari analisis SWOT untuk UKM termasuk:

Analisis SWOT memberi UKM pandangan yang jelas tentang kekuatannya, memungkinkannya untuk membangun dan memenuhi tujuan bisnis.

  • Menyoroti kelemahan dan memberikan analisis kesempatan untuk memperbaikinya.
  • Menampilkan kemungkinan peluang yang terbentang di depan. Ini memberi perusahaan kesempatan untuk menyusun rencana pertumbuhan strategis untuk masa depan yang sesuai.
  • Membantu bisnis mengenali kemungkinan ancaman dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghadapinya. Perusahaan dapat memperkenalkan kebijakan baru dan menetapkan rencana pertumbuhan untuk menghilangkan segala kemungkinan ancaman.
  • Analisis SWOT menyoroti sumber daya perusahaan yang ada yang mungkin telah diabaikan atau belum digunakan secara maksimal.
  • Memberikan motivasi untuk meningkatkan rencana bisnis.
  • SWOT berfokus pada keterampilan, kemampuan, sikap, kemampuan dan kapasitas
(Visited 87.172 times, 29 visits today)