Analisis SWOT – Dalam merencanakan strategi serta menganalisis suatu masalah. Tentunya kita seringkali melihat beberapa faktor yang sering kita temui. Mulai dari perencanaan hingga action plan kedepannya bagaimana. Kita bisa menggunakan Analisa SWOT dalam menentukan strategi.

Analisa SWOT merupakan suatu teknik dalam merencanakan suatu strategi yang bertujuan untuk mengevaluasi kekuatan (strength), juga kelemahan (weakness), Peluang (opportunities), serta ancaman (threats) dalam suatu proyek.

SWOT merupakan singkatan dari strength, weaknesses, opportunities dan threats.

Keempat hal tersebut membantu seorang pengusaha dalam mengetahui kelebihan & kelemahan bisnis yang ingin dibuat.

Dengan begitu, pebisnis bisa membangun sebuah bisnis yang kuat sekaligus membedakan mereka dari kompetitor yang ada.

Hal ini berlaku bagi semua jenis bisnis baik untuk pengusaha kecil (UMKM) hingga perusahaan besar.

Yang perlu Anda ketahui adalah, analisis SWOT ini bisa menjadi sebuah langkah yang tepat untuk membuat bisnis Anda lebih kuat untuk kedepannya.

Dalam pembahasan kali ini, Paper.id ingin membahas lebih dalam mengenai apa yang perlu Anda ketahui soal SWOT dan bagaimana menerapkannya dalam bisnis.

SWOT adalah singkatan dari:

  • Strengths (Kekuatan)
    Area bisnis yang berkinerja baik dan memberikan keuntungan bagi bisnis.
  • Weaknesses (Kelemahan)
    Area bisnis yang mungkin berkinerja buruk atau mencegahnya mencapai kesuksesan atau pertumbuhan.
  • Opportunities (Peluang)
    Seberapa baik bisnis memanfaatkan peluang untuk tumbuh atau mencapai tujuannya.
  • Threats (Ancaman)
    Segala sesuatu yang dapat menghambat operasi bisnis dan berpotensi menimbulkan ancaman eksistensial.

Bisnis-bisnis yang melakukan implementasi analisis SWOT secara teratur memiliki peluang bagus untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi mereka dalam jangka panjang.

Baca juga: 4 keuntungan membayar kartu kredit untuk UMKM

Pengertian Analisa SWOT Dalam Bisnis

Pengertian analisis SWOT atau matrix SWOT adalah sebuah strategi atau teknik perencanaan yang biasanya digunakan oleh perusahaan atau pelaku UKM.

SWOT itu sendiri merupakan singkatan dari strength (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunity (keuntungan) dan threat (ancaman).

Keempat faktor tersebut digunakan untuk mengidentifikasi sebuah peluang keberhasilan dalam berbisnis.

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats.

Selain itu juga menurut Investopedia, Analisa SWOT merupakan framework yang digunakan untuk mengevaluasi posisi dari suatu bisnis guna mengembangkan perencanaan strategis.

Analisa SWOT juga menjadi sebuah penilai faktor internal dan juga eksternal serta potensi dan masa depan.

Seperti namanya, tujuan dari analisis SWOT adalah untuk memeriksa secara menyeluruh dan objektif aspek-aspek yang paling penting dari sebuah bisnis.

Analisis SWOT
Analisis SWOT

Lebih lanjut, analisa SWOT juga bisa mengindikasikan problema sebuah bisnis terbentuk atas dua hal yakni faktor internal (strength and weaknesses) serta faktor eksternal yang meliputi (opportunity and threat). 

Konsep awal strategi bisnis ini sejatinya sudah ada sejak tahun 1960-an yang pertama kali dilakukan oleh Albert Humphrey.

Analisa SWOT & Albert Humphrey

Albert Humphrey merupakan seorang pebisnis sukses asal Amerika Serikat yang kemudian memilih pindah ke London, Inggris.

Pria yang lahir pada tahun 1926 tersebut menyelesaikan pendidikan S1 di University of Illinois dan mendapatkan gelar M.I.T dan MBA di Harvard University.

Albert pernah juga bekerja di Stanford Research Institute (SRI International) yang mana mengubah metode SOFT Analisis menjadi SWOT Analisis.

Pada akhirnya, analisis SWOT berhasil disempurnakan oleh Albert Humphrey di sekitar tahun 1950-1960 ketika masih menjadi bagian dari SRI International.

Kala itu, ia menggunakan data-data dari perusahaan Fortune 500. Hingga saat ini, strategi tersebut menjadi bagian terpenting di dalam bisnis yang tak terpisahkan.

Kembali lagi, Tidak hanya menyediakan bisnis dengan gambaran yang komprehensif dari operasinya, tetapi juga menunjukkan bagaimana kinerjanya baik secara internal maupun dalam kaitannya dengan persaingannya.

Dengan melihat kekuatan dan kelemahannya sendiri, sebuah bisnis dapat mengidentifikasi area mana yang berkinerja baik, dan area yang dapat ditingkatkan.

Jika dokumen administrasi umum menumpuk, misalnya, ini mungkin menunjukkan bahwa dibutuhkan lebih banyak staf administrasi.

Peluang dan ancaman lebih berhubungan dengan urusan eksternal bisnis. Misalnya, mungkin ada peluang untuk memasarkan produk atau layanan ke basis pelanggan baru, sehingga analisis SWOT akan mengidentifikasi seberapa efektif strategi bisnis dalam mewujudkannya.

Selain itu, ada peluang emas lainnya yang dapat mempermudah transaksi bisnis Anda seperti Paper.id.

Paper.id merupakan platform pembayaran antar bisnis. Anda bisa membayar supplier dengan kartu kredit meskipun pilihannya tidak tersedia.

Selain itu, customer Anda juga bebas membayar transaksi dengan berbagai macam pilihan termasuk kartu kredit. Semua ini dapat Anda rasakan dengan GRATIS, klik tombol dibawah untuk daftar sekarang!

Ancaman dapat berkisar dari kejahatan dunia maya hingga perubahan politik, ekonomi, hukum, atau apa pun yang mengancam cara bisnis beroperasi serta keuangan dan kemampuannya untuk menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Invoice vs. Kwitansi: Penting Diketahui di Dunia Bisnis

Pembagian Analisa SWOT

1. Strength

Strength adalah Karakteristik sebuah bisnis yang akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Ada beberapa pertanyaan yang bisa digunakan untuk mengetahui kekuatan dari perusahaan atau bisnis yang anda jalani, semisal:

  • Apakah kelebihan yang usaha Anda miliki sehingga patut dijadikan rekomendasi untuk konsumen?
  • Kenapa konsumen mau antri hanya untuk mendapatkan produk yang Anda jual?
  • Apa yang pelanggan Anda rasakan ketika berbelanja di tempat Anda?

2. Weaknesses

Weaknesses adalah karakteristik sebuah bisnis yang merupakan kelemahan sebuah perusahaan. Beberapa jenis pertanyaan yang bisa dijadikan acuan dalam mengetahui kelemahan. Misalnya:

  • Apa yang menyebabkan penjualan sebuah perusahaan menjadi menurun?
  • Bagaimana cara meningkatkan penjualan dan haruskah memberikan promo tertentu kepada mereka?
  • Kenapa pelanggan beralih dari produk Anda kepada kompetitor di tempat lain?

3. Opportunity

Opportunity adalah kesempatan atau peluang yang bisa didapatkan di dalam bisnis. Bagaimana cara menganalisanya, silahkan lihat beberapa pertanyaan di bawah:

  • Peluang bisnis apa yang harus dilakukan agar produk Anda menjadi lebih inovatif?
  • Bagaimana cara untuk mendapatkan pelanggan dari sebuah golongan tertentu?

4. Threat

Threat adalah ancaman di dalam bisnis yang dapat melemahkan sebuah bisnis. Deteksi ancaman-ancaman di dalam perusahaan Anda dengan merujuk dari beberapa pertanyaan di bawah ini.

  • Apa hambatan yang membuat produk Anda tidak laku di pasaran?
  • Seberapa bahayakah ancaman yang datang dari produk kompetitor?
  • Apakah perkembangan teknologi menjadi ancaman tersendiri bagi produk Anda?

Tujuan Analisa SWOT

Sebagai sebuah metode analisa, tentunya SWOT juga bisa memberikan kemudahan bagi kalian dalam merencanakan strategi bisnis. Berikut tujuan utama dalam analisis swot sebagai berikut. 

1. Memudahkan Dalam Melakukan Pemetaan Faktor-Faktor Penting

SWOT sendiri memiliki 4 komponen yang memudahkan kalian dalam mengetahui sekaligus memetakan masalah atau faktor-faktor penting yang menjadi sebuah kunci strategi atau kesuksesan rencana suatu bisnis. 

Dengan itu semua, kalian bisa mengetahui faktor internal apa saja yang dimiliki perusahaan. Dan juga faktor eksternal apa saja yang dimiliki perusahaan. 

2. Dapat Memprediksi Beerbagai Masalah Yang Timbul Di Masa Mendatang 

Dengan SWOT, mengetahui potensi yang menjadi permasalahan perusahaan dimasa yang akan datang merupakan hal yang penting. Tentunya dengan ini kita bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. 

3. Mengetahui Posisi Perusahaan Saat ini

Dengan analisa SWOT, maka kita bisa mengetahui posisi perusahaan saat ini ditengah persaingan bisnis. Tentunya ini disusun berdasarkan kekuatan,kelemahan, peluang, serta ancaman perusahaan atau bisnis saat ini. 

Tidak hanya untuk bisnis kita, SWOT juga bisa digunakan untuk menganalisa kompetitor. Tentunya dengan ini, kita bisa mengalahkan persaingan secara nyata.

4. Memberi Kesempatan untuk Bisnis Berkembang Lebih Pesat

Dengan perencanaan yang amtang, dapat memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk bisnis nya berkembang dengan lebih pesat lagi.

5. Memudahkan Perusahaan atau Bisnis Dalam Pengambilan Keputusan

Terakhir, dengan SWOT, maka akan mempermudah dalam mengambil keputusan keputusan yang penting untuk perusahaan selama menjalani bisnis di perusahaan. Sebagai contoh dalam pengambilan keputusan menetapkan sebuah diskon dalam produk.

Manfaat Analisis SWOT

Beberapa manfaat melakukan analisis SWOT meliputi:

Cara hemat untuk membangun bisnis

Anda tidak memerlukan pelatihan ekstensif atau keterampilan teknis dalam bentuk apa pun untuk melakukan analisis SWOT.

Selain itu, Anda tidak memerlukan konsultan eksternal. Yang Anda butuhkan hanyalah anggota staf yang memiliki pengetahuan bisnis sebelumnya.

Membantu Anda dalam mengenal bisnis lebih dalam

Analisis SWOT dapat digunakan untuk melakukan analisis persaingan, perencanaan strategis atau studi lainnya.

Ini karena, melalui analisis SWOT, bisnis dapat mengidentifikasi faktor lingkungan apa pun yang memainkan peran menguntungkan atau tidak menguntungkan dalam tujuan tertentu.

Mempererat hubungan antar karyawan

Analisis SWOT mendorong diskusi. Setiap karyawan memainkan peran penting dalam mendorong organisasi menuju kesuksesan.

Membahas kekuatan dan kelemahan inti perusahaan membantu mengidentifikasi ancaman dan memanfaatkan peluang.

Memperdalam wawasan soal bisnis

SWOT dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang pasar, memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang pesaing Anda.

Ini memberi Anda kesempatan untuk merumuskan rencana untuk menyusun posisi dan kompetitif di pasar.

Baca juga: Keuntungan untuk menerima pembayaran kartu kredit untuk bisnismu

Manfaat lainnya dari analisis SWOT untuk UKM termasuk:

Analisis SWOT memberi UKM pandangan yang jelas tentang kekuatannya, memungkinkannya untuk membangun dan memenuhi tujuan bisnis.

  • Menyoroti kelemahan dan memberikan analisis kesempatan untuk memperbaikinya.
  • Menampilkan kemungkinan peluang yang terbentang di depan. Ini memberi perusahaan kesempatan untuk menyusun rencana pertumbuhan strategis untuk masa depan yang sesuai.
  • Membantu bisnis mengenali kemungkinan ancaman dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghadapinya. Perusahaan dapat memperkenalkan kebijakan baru dan menetapkan rencana pertumbuhan untuk menghilangkan segala kemungkinan ancaman.
  • Analisis SWOT menyoroti sumber daya perusahaan yang ada yang mungkin telah diabaikan atau belum digunakan secara maksimal.
  • Memberikan motivasi untuk meningkatkan rencana bisnis.
  • SWOT berfokus pada keterampilan, kemampuan, sikap, kemampuan dan kapasitas

4 Langkah Analisa SWOT

Buat kalian yang ingin melakukan analisa SWOT berikut langkah-langkah secara mudah

1. Mengetahui Terlebih Dahulu Kekuatan

SWOT sendiri memiliki tujuan untuk mengetahui kekuatan dari suatu bisnis atau perusahaan.

Nah setelah kita mengetahui kekuatan, maka kita bisa menemukan bagaimana cara kekuatan tersebut diperbaiki.

2. Melakukan Identifikasi Kelemahan

Setelah kita mengetahui kekuatan dari suatu perusahaan atau bisnis, maka selanjutnya kita perlu tahu kelemahan dari bisnis kita.

Tujuan dari mengetahui kelemahan kita adalah untuk mengidentifikasi kelemahan apa saja yang belum kita tangani dengan baik.

Setelah itu kita mencari solusi apa yang bisa kita lakukan terhadap kelemahan ini.

3. Analisa Sumber Ancaman Dan Strategi Bagaimana Mengatasinya

Ketiga kita menganalisa sumber ancaman, tujuannya untuk melihat ancaman apa saja yang dapat merusak kestabilan bisnis perusahaan kita.

Meskipun bersifat sebentar, kita juga patut melakukan identifikasi agar bisa dipikirkan apa yang bisa kita lakukan untuk hal ini.

4. Melihat Kesempatan atau Potensi Bisnis

Keempat kita perlu melihat potensi apa saja yang kita miliki di bisnis atau perusahaan kita.

Sama seperti ancaman, potensi juga harus kita perhatikan, karena itu bisa menjadi kekuatan yang bisa kita manfaatkan nantinya.

4 Strategi dalam Mengkombinasi Analisis SWOT

Dalam mengalisis strategi dengan menggunakan SWOT. Kalian bisa memfokuskan beberapa kombinasi yang ada dari analisis tersebut. Fokus dari analisis SWOT adalah sebagai berikut: 

  • Berfokus pada Kekuatan serta peluang (S-O) hal ini bertujuan untuk memperoleh alternatif strategi dalam menggunakan kekuatan internal untuk bisa memanfaatkan peluang eksternal yang ada. 
  • Berfokus kepada Kelemahan serta ancaman (W-T) dengan strategi ini, kita bisa memperoleh hal yang menjadi kelemahan kita dengan cara memanfaatkan kelemahan internal serta mengurangi ancaman dari eksternal. 
  • Berfokus kepada kekuatan dan juga ancaman (S-T) hal ini bertujuan untuk menggunakan kekuatan internal yang ada untuk mengurangi ancaman dari luar.
  • Berfokus kepada kelemahan serta peluang (W-O) dari sini, kita bisa menopang kelemahan kita dengan mengambil keuntungan dari eksternal. 

Contoh Membuat Analisis SWOT Mudah

Case Study:

Sebuah toko baju bernama ‘LIFESTYLISH’ memiliki omset yang cukup besar setiap bulannya mencapai Rp. 10 juta/bulan. Akan tetapi, setelah kedatangan beberapa kompetitor di dekat lokasinya berada, omset perbulan yang ia dapatkan menjadi turun 30% dari biasanya. Lantas, bagaimana cara menganalisis pasar agar toko ‘LIFESTYLISH’ bisa membesarkan pemasukannya?

TOKO ‘LIFESTYLISH’

SWOT ANALYSIS

StrengthWeakness
– Tekan harga produksi agar bisa bersaing dengan harga pasaran.
– Menjual barang dengan kualitas terbaik sehingga konsumen rela antri untuk membeli.
– Pelanggan merasa puas karena mendapatkan harga yang tidak mahal.
– Menggunakan metode penjualan online jadi tidak hanya terpaku dengan toko fisik (offline) saja.
– Kurang profesional dalam melakukan pengelolaan keuangan.
– Barang yang diproduksi tidak menarik minat konsumen.
– Gagal membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda sebab mereka beralih ke produk kompetitor.
– Alat produksi yang dimiliki memiliki batasan sehingga tidak bisa memberikan kualitas terbaik.
OpportunityThreat
– Memiliki target pasar yang luas karena mencakup pasar online.
– Tren fashion yang tidak akan pernah mati.
– Membuat produk yang berbeda dari biasanya.
– Harga bahan produksi yang meningkat, terlebih lagi untuk yang menggunakan bahan ekspor.
– Besarnya target pasar yang menyukai fashion membuat kompetitor akan terus meningkat.
– Promosi gencar dari kompetitor yang menggunakan teknik endorsement artis.
Contoh Analisis SWOT Strength, Weakness, Opportunity, Threat

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke teman yang memerlukan informasi ini.