Setiap para pengusaha pasti pernah membuat dan sering mendengar dengan istilah proposal usaha atau bisnis.

Sebuah bisnis yang ideal membutuhkan proposal usaha yang baik. Kenapa? Karena Anda bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, seperti bahan baku, biaya yang dibutuhkan, proses produksi dan lainnya.

Proposal usaha atau bisnis merupakan sebuah dokumen yang sering digunakan untuk mengajukan permohonan dana kepada investor.

Proposal usaha atau bisnis sangat lah penting bagi perusahaan yang masih dalam tahap merintis dan membutuhkan suntikan dana dari para investor. Sudah banyak contoh proposal usaha makanan hingga yang lainnya.

Proposal usaha berkaitan dengan banyak faktor, seperti analisis SWOT, modal, detil produk atau jasa yang akan dijual. Dalam bisnis, proposal ada berbagai macam jenis dan dibedakan berdasarkan bidang usahanya.

Lalu apa itu Proposal Usaha atau Bisnis? nah buat kalian yang ingin tahu lebih jauh, berikut beberapa informasi seputar Proposal Usaha atau Bisnis, hingga contoh proposal usaha makanan dan minuman sederhana

Apa itu Proposal Usaha atau Bisnis ?

Dikutip dari situs Snov.io, proposal usaha atau bisnis merupakan sebuah dokumen yang menjelaskan fitur, produk, atau layanan dari suatu perusahaan.

Tidak lupa juga mempertimbangkan beberapa faktor yang ada didalamnya. Dengan kata lain, Proposal bisnis atau usaha menunjukan bagaimana sebuah bisnis memecahkan masalah yang dialami oleh customer.

Proposal usaha bisnis biasanya ditujukan kepada mereka yang ingin menjadi investor atau menarik pelanggan agar menggunakan produk kita.

Selain itu juga, Proposal usaha atau bisnis juga bisa dijadikan sebagai dokumen untuk dikirim kepada client yang potensial, tujuannya itu untuk memenangkan proyek.

Perlu diketahui, proposal sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu to propose yang artinya mengajukan. Ini bisa dapat diartikan dengan bentuk pengajuan atau permohonan.

Penawaran atau permohonan bisa berupa ide, atau rencana yang ditujukan kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, bisa secara material maupun in-material.

Selain itu juga, proposal usaha bisa disebut dengan sebuah tulisan atau pemaparan yang dibuat untuk menjelaskan sebuah rencana kepada pembaca atau pihak yang menjadi target pembaca.

Proposal usaha bisnis itu sendiri harus menggambarkan semua unsur relevan yang ada. Baik itu unsur internal maupun ekseternal.

Proposal usaha bisnis sendiri harus asli dan realitsis, tidak duplikat dari yang lain, jika tidak, maka pemodal atau investor akan ragu terhadap proposal yang diajukan.

Fungsi Proposal Usaha Bisnis

Selain untuk menarik perhatian dari para investor, ternyata proposal usaha bisnis juga sangat penting loh, apalagi pada tahap awal pengembangannya. Berikut beberapa fungsi serta manfaat proposal usaha yang bisa kalian dapatkan: 

1. Membantu bisnis dalam mengembangkan rencana serta proyeksi yang realistis

Tantangan terbesar bisnis baru ialah memastikan biaya yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran atau pendapatan. Tentu saja membuat proposal usaha membantu kalian untuk melakukan riset terhadap resiko serta mengembangkan rencana serta mempersiapkan diri terhadap worst case scenario yang terjadi nantinya. 

2. Membantu dalam mencari investor

Seperti yang sudah dibahas pada sebelumnya, proposal usaha juga memiliki peranan penting dalam menarik perhatian investor. Proposal usaha bisnis yang efektif dan data yang didalamnya berdasarkan reiset akan menunjukan bahwa bisnis mu ini matang, dan kompeten.

3. Memberikan gambaran akan struktur dan arah bisnis yang jelas

Dengan membuat proposal usaha atau bisnis, kalian nantinya akan memberikan gambaran yang jelas mau dibawa kemana bisnis mu. Dengan data yang ada, diharapkan bisa membantu dalam pengambilan keputusan serta penyesuaian strategi kedepannya. 

4. Melakukan Analisa akan kekurangan serta kelebihan suatu usaha. 

Dalam menulis sebuah proposal usaha, maka kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bisnis yang dijalani. Dengan melakukan analisis SWOT, kalian bisa melihat faktor internal maupun eksternal yang berdampak untuk bisnis kalian. 

5. Menjadi sumber informasi bagi setiap orang

Dengan dibuat nya proposal usaha atau bisnis, mulai dari direktur hingga karyawan yang ada dibawahnya, diharapkan memahami strategi perusahaan serta tujuan dari perusahaan itu sendiri. Tentunya ini akan mencegah terjadinya kesalahpahaman.

Jenis Proposal Usaha Bisnis

Dalam jenis nya proposal usaha sendiri bisa dibilang terbagi dua hal yang berbeda. Pertama proposal usaha yang diminta dan juga yang tidak diminta.

Biasanya proposal usaha yang dikirim itu proposal yang diminta oleh client baik itu secara informal atau formal. Sedangkan proposal usaha yang tidak diminta itu sebagai bentuk tes dasar.

Unsur Proposal Usaha Atau Bisnis

Dalam pembuatan proposal usaha atau bisnis terdapat beberapa unsur didalamnya. Mulai dari nama usaha, pendahuluan, tujuan, waktu dan tempat pelaksanaan hingga penutup.

Biasanya dalam proposal usaha atau bisnis, sering ditambahkan informasi seputar profil perusahaan. Biasanya, profil perusahaan akan berisi biodata dari perusahaan.

Dilansir dari situs investopedia, unsur dari Proposal usaha atau bisnis meliputi ringkasan, product dan service yang ditawarkan, analisa market, rencana keuangan, penggunaan modal, hingga akomodasi yang diperlukan.

  • Ringkasan Proposal Usaha : Menjelaskan secara singkat tentang perusahaan, mulai dari visi misi, hingga lokasi perusahaan.
  • Product & Service : Perusahaan menjelaskan produk dan layanan yang ditawarkan.
  • Analisa Pasar : Analisa pasar diperlukan untuk melihat potensi serta kekuatan posisi perusahaan di pasar atau market yang ditarget.
  • Strategi Pemasaran : Dalam hal ini, perusahaan menjelaskan bagaimana mereka mendapatkan pelanggan serta mempertahankan pelanggan yang ada.
  • Perencanaan Keuangan : Pada bagian ini lebih menjelaskan kepada rencana keuangan dan proyeksi keuangan perusahaan
  • Anggaran: Setiap perusahaan perlu memiliki anggaran. Bagian ini harus mencakup biaya yang terkait dengan kepegawaian, pengembangan, manufaktur, pemasaran, dan biaya lain yang terkait dengan bisnis.

Sedangkan menurut news daily, proposal usaha atau bisnis harus disertakan dengan Analisa SWOT. Dengan adanya analisa SWOT, maka bisa dilihat, apakah bisnis kita layak diterima atau perlu ada yang diperbaiki.

Informasi yang mencakup Proposal usaha di dalamnya

Informasi atau draft proposal usaha atau bisnis meliputi sebagai berikut:

  1. Pengenalan Mengenai Usaha
  2. Produk yang dijual
  3. Lokasi tempat usaha
  4. Market / Pasar
  5. Persaingan
  6. Laporan Keuangan
  7. Manajemen Usaha
  8. Personalia
  9. Proposal Kredit
  10. Lampiran

Contoh proposal usaha makanan

Contoh proposal usaha yang pertama datang dari usaha jualan makanan ayam geprek tralala. Usaha ini dimiliki oleh Bapak Joni dan berikut contoh proposalnya.

Ayam Geprek Tralala

  1. Ringkasan

    1. Konsep

      Ayam geprek tralala merupakan makanan berbahan dasar ayam goreng tepung yang dibalut dengan berbagai macam sambel nusantara. Produk ini dapat menjadi pilihan makanan bagi orang-orang yang ingin menyantap ayam geprek dengan harga yang murah dan rasa yang menawan.

    2. Manajemen

      Usaha ini digawangi oleh empat orang mahasiswa yang ingin memberikan pilihan kuliner bagi setiap orang tanpa terbatas.

  2. Deskripsi Usaha

    1. Deskripsi produk

      Ayam geprek Tralala mengambil konsep makanan ayam geprek yang murah serta dilengkapi dengan pelengkap yang sering ditemui seperti tahu, tempe, dan lainnya. Sambelnya dibuat variatif mulai dari dabu-dabu, sambal matah, dan lainnya.

    2. Strategi produk

      Keunggulan ayam geprek tralala terletak pada penyajian sambelnya yang sangat unik karena mengambil varian sambel yang jarang ditemukan pada ayam dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

    3. Harga

      Produk akan dijual dengan harga Rp 20.000 yang berisi ayam, sayuran lalapan, nasi dan sambal.

    4. Promosi

      Promosi akan dilakukan lewat sosial media dan media offline berupa spanduk dan brosur.

    5. Target pasar

      Target pasar menjangkau semua kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa serta berbagai profesi dan kelas sosial. 

Baca juga: Contoh proposal usaha makanan yang mudah dibuat

  1. Analisa SWOT

    1. Kompetitor

      Ada banyak penjual yang juga menjual ayam geprek. Karena itu, ayam geprek tralala fokus dalam penyajian ayam yang renyah dan dibalut sambel yang beragam.

    2. Kelebihan

      Untuk saat ini, tidak ada penjual ayam geprek yang menyajikan banyak sambal sehingga, ayam geprek tralala masih unggul.

    3. Kelemahan

      Kesamaan jenis produk yang dijual

    4. Opportunity

      Peluang produk yang berbeda sehingga bisa disukai banyak orang.

Contoh proposal usaha minuman

Ibu Jane berencana untuk membuat usaha minuman dengan bahan dasar cendol. Untuk membedakannya, Ibu Jane berencana untuk mencampurkannya dengan model minuman yang sedang hype seperti boba.

Es Cendolicious

  1. Ringkasan

    1. Konsep

      Mengusung konsep minuman tradisional, pemilik usaha ingin membuat minuman tradisional tidak kalah dengan minuman modern dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan yang sedang hype mulai dari boba, manga, dan juga bahan-bahan lainnya.

    2. Manajemen

      Usaha ini digawangi oleh satu pemilik modal yang dilengkapi dengan tiga orang karyawan yang membantu operasional penjualan.

Baca juga: Panduan membuat proposal harga dengan invoice catering

  1. Deskripsi Usaha

    1. Deskripsi produk

      Cendolicious memasang cendol sebagai bahan komoditi utama untuk penjualan. Bedanya, cendol akan dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya mulai dari jus buah-buahan, susu, boba, dan juga lainnya.

    2. Strategi produk

      Dengan menggunakan kombinasi yang unik dan belum pernah dilakukan, Cendolicious diharapkan dapat memikat banyak orang serta memberikan sensasi minuman yang unik dan belum pernah dirasakan orang-orang sebelumnya.

    3. Harga

      Produk akan dijual dengan harga Rp. 15.000 dan konsep drink-to-go dimana, orang-orang dapat menikmati minuman tanpa harus di tempat.

    4. Promosi

      Promosi akan dilakukan via website, sosial media dan offline berupa pemasangan iklan di majalah kuliner dan pemberian brosur.

    5. Target pasar

      Kalangan milenial yang dikenal sebagai konsumen utama pasar dimana, mereka gemar jajan minuman drink-to-go.

  2. Analisa SWOT

    1. Kompetitor

      Tren minuman drink-to-go yang sedang populer memunculkan banyak produk serupa.

    2. Kelebihan

      Hingga saat ini, belum ada yang pernah menjual cendol dengan variasi bahan-bahan lainnya.

    3. Kelemahan

      Minuman yang dijual kalah populer dibandingkan minuman drink-to-go lainnya.

    4. Opportunity

      Variasi minuman yang unik sehingga berpeluang lebih banyak disukai orang-orang.

Kesimpulan

Proposal usaha memang dibutuhkan agar membantu Anda dalam melihat hal-hal apa saja yang harus diketahui dalam membangun sebuah usaha. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan aspek lainnya dalam usaha, seperti aspek keuangan. Bak bensin, aspek keuangan berfungsi agar bisnis tetap berjalan dan produksi tetap lancar. Untuk itu, pastikan agar keuangan usaha Anda tetap terpantau dengan pasti

Dengan menyusun proposal usaha bisnis dengan baik dan benar, maka kalian bisa menjalankan usaha dengan mudah.

Setelah kalian menjalankan usaha dengan baik, maka kalian perlu mengembangkan usaha agar tidak ditinggalkan pelanggan.

Dengan mengembangkan usaha dentan tepat, maka kalian perlu melihat pencatatan invoice serta pembayaran tagihan kalian.

Agar mudah, Anda bisa mengandalkan Paper.id, platform pembayaran bisnis no.1 di Indonesia. Anda bisa menagih pelanggan lebih mudah lewat invoice digital, gratis, bisa dibuat tanpa batas & bisa dikirimkan via WhatsApp/SMS/Email. Selain itu, kamu juga bisa bayar supplier dengan metode apa saja, termasuk kartu kredit dengan biaya transaksi yang rendah (1,45%) serta transfer bank grati, banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan kan? Daftar gratis dengan klik tombol di bawah ini.