Contoh Proposal Usaha Untuk Bisnis Makanan dan Minuman

Sebuah bisnis yang ideal membutuhkan proposal usaha yang baik. Kenapa? Karena Anda bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, seperti bahan baku, biaya yang dibutuhkan, proses produksi dan lainnya.

Proposal usaha berkaitan dengan banyak faktor, seperti analisis SWOT, modal, detil produk atau jasa yang akan dijual. Dalam bisnis, proposal ada berbagai macam jenis dan dibedakan berdasarkan bidang usahanya.

Dalam artikel edisi kali ini, Paper.id akan membagikan 3 contoh proposal usaha untuk usaha makanan, minuman dan usaha sepatu.

Contoh proposal usaha makanan

Contoh proposal usaha yang pertama datang dari usaha jualan makanan ayam geprek tralala. Usaha ini dimiliki oleh Bapak Joni dan berikut contoh proposalnya.

Ayam Geprek Tralala

  1. Ringkasan

    1. Konsep

      Ayam geprek tralala merupakan makanan berbahan dasar ayam goreng tepung yang dibalut dengan berbagai macam sambel nusantara. Produk ini dapat menjadi pilihan makanan bagi orang-orang yang ingin menyantap ayam geprek dengan harga yang murah dan rasa yang menawan.

    2. Manajemen

      Usaha ini digawangi oleh empat orang mahasiswa yang ingin memberikan pilihan kuliner bagi setiap orang tanpa terbatas.

  2. Deskripsi Usaha

    1. Deskripsi produk

      Ayam geprek Tralala mengambil konsep makanan ayam geprek yang murah serta dilengkapi dengan pelengkap yang sering ditemui seperti tahu, tempe, dan lainnya. Sambelnya dibuat variatif mulai dari dabu-dabu, sambal matah, dan lainnya.

    2. Strategi produk

      Keunggulan ayam geprek tralala terletak pada penyajian sambelnya yang sangat unik karena mengambil varian sambel yang jarang ditemukan pada ayam dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

    3. Harga

      Produk akan dijual dengan harga Rp 20.000 yang berisi ayam, sayuran lalapan, nasi dan sambal.

    4. Promosi

      Promosi akan dilakukan lewat sosial media dan media offline berupa spanduk dan brosur.

    5. Target pasar

      Target pasar menjangkau semua kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa serta berbagai profesi dan kelas sosial.

      Baca juga: Contoh proposal usaha makanan yang mudah dibuat

  3. Analisa SWOT

    1. Kompetitor

      Ada banyak penjual yang juga menjual ayam geprek. Karena itu, ayam geprek tralala fokus dalam penyajian ayam yang renyah dan dibalut sambel yang beragam.

    2. Kelebihan

      Untuk saat ini, tidak ada penjual ayam geprek yang menyajikan banyak sambal sehingga, ayam geprek tralala masih unggul.

    3. Kelemahan

      Kesamaan jenis produk yang dijual

    4. Opportunity

      Peluang produk yang berbeda sehingga bisa disukai banyak orang.

Contoh proposal usaha minuman

Ibu Jane berencana untuk membuat usaha minuman dengan bahan dasar cendol. Untuk membedakannya, Ibu Jane berencana untuk mencampurkannya dengan model minuman yang sedang hype seperti boba.

Es Cendolicious

  1. Ringkasan

    1. Konsep

      Mengusung konsep minuman tradisional, pemilik usaha ingin membuat minuman tradisional tidak kalah dengan minuman modern dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan yang sedang hype mulai dari boba, manga, dan juga bahan-bahan lainnya.

    2. Manajemen

      Usaha ini digawangi oleh satu pemilik modal yang dilengkapi dengan tiga orang karyawan yang membantu operasional penjualan.

      Baca juga: Panduan membuat proposal harga dengan invoice catering

  2. Deskripsi Usaha

    1. Deskripsi produk

      Cendolicious memasang cendol sebagai bahan komoditi utama untuk penjualan. Bedanya, cendol akan dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya mulai dari jus buah-buahan, susu, boba, dan juga lainnya.

    2. Strategi produk

      Dengan menggunakan kombinasi yang unik dan belum pernah dilakukan, Cendolicious diharapkan dapat memikat banyak orang serta memberikan sensasi minuman yang unik dan belum pernah dirasakan orang-orang sebelumnya.

    3. Harga

      Produk akan dijual dengan harga Rp. 15.000 dan konsep drink-to-go dimana, orang-orang dapat menikmati minuman tanpa harus di tempat.

    4. Promosi

      Promosi akan dilakukan via website, sosial media dan offline berupa pemasangan iklan di majalah kuliner dan pemberian brosur.

    5. Target pasar

      Kalangan milenial yang dikenal sebagai konsumen utama pasar dimana, mereka gemar jajan minuman drink-to-go.

  3. Analisa SWOT

    1. Kompetitor

      Tren minuman drink-to-go yang sedang populer memunculkan banyak produk serupa.

    2. Kelebihan

      Hingga saat ini, belum ada yang pernah menjual cendol dengan variasi bahan-bahan lainnya.

    3. Kelemahan

      Minuman yang dijual kalah populer dibandingkan minuman drink-to-go lainnya.

    4. Opportunity

      Variasi minuman yang unik sehingga berpeluang lebih banyak disukai orang-orang.

Kesimpulan

Proposal usaha memang dibutuhkan agar membantu Anda dalam melihat hal-hal apa saja yang harus diketahui dalam membangun sebuah usaha. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan aspek lainnya dalam usaha, seperti aspek keuangan. Bak bensin, aspek keuangan berfungsi agar bisnis tetap berjalan dan produksi tetap lancar. Untuk itu, pastikan agar keuangan usaha Anda tetap terpantau dengan pasti.

Agar mudah, Anda bisa mengandalkan Paper.id, software bisnis #1 di Indonesia. Dengan fitur laporan keuangan dan laba/rugi yang bisa dicek setiap saat, Anda bisa mengetahui dengan pasti laba dan rugi yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu. Tidak perlu input dan menghitung karena, semua fitur telah terintegrasi. Pekerjaan menjadi lebih praktis, ringkas dan hemat. Download GRATIS DISINI!

(Visited 48.786 times, 116 visits today)