Pandemi COVID-19 turut merubah tren bisnis di tahun 2020. Salah satu bisnis yang untung besar adalah, supplier frozen food. Dilansir dari Kompas, keuntungan bisnis frozen food naik drastis sebanyak 200% menurut founder Meishi Dimsum.

Beliau menuturkan, ia sempat mengalami kesulitan saat berjualan di masa pandemi. Hal ini akhirnya menjadi sebuah tren yang berlaku di masa pandemi. Banyak orang memilih untuk membuka usaha frozen food di tahun 2020.

Melihat bisnis frozen food yang laris manis di 2020, banyak pihak yang memprediksi kalau bisnis akan tetap populer di tahun 2021. CEO dari Institut Frozen Food Amerika, Alison Bodor menuturkan bahwa, bisnis ini akan tetap populer di 2021. Hal ini juga terbukti dari tingkat penjualan frozen food yang sangat tinggi di tahun 2020. Lantas, bagaimana peluang bisnis ini di tahun 2021?

Baca juga: Kesulitan cari supplier F&B? Paper.id siap bantu bisnis Anda

Peluang bisnis supplier frozen food di 2021

Alison Bodor melanjutkan, keadaan dunia yang masih carut marut akibat pandemi COVID-19 tentunya turut mengubah kebiasaan konsumen. Dari segi konsumsi makanan, ada beberapa poin yang menurutnya akan berpengaruh terhadap bisnis frozen food:

  • Tahan lama
    Pandemi COVID-19 mengharuskan semua orang melakukan physical distancing dan berdiam di rumah. Untuk mengurangi tingkat bepergian, frozen food bisa menjadi ide cemerlang agar masyarakat tidak perlu pergi keluar beberapa kali. Selain itu, makanan juga tahan lama dan bisa dikonsumsi beberapa kali.
  • Antisipasi keadaan yang tidak terduga
    Tren konsumen juga berubah jauh. Kini, mereka lebih selektif dalam berbelanja dan lebih mengutamakan barang-barang untuk bertahan hidup seperti makanan, personal care, hand sanitizer, dan sebagainya. Dengan adanya pandemi, orang-orang akan lebih memilih untuk berbelanja frozen food dalam jumlah banyak guna mengantisipasi hal-hal yang tak terduga, seperti stok makanan yang habis di pasaran.
  • Bergizi dan enak disantap
    Beberapa jenis frozen food seperti sayuran dan buah-buahan tetap bisa memberikan cakupan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan begitu, orang-orang dapat tetap mencukupi kebutuhan nutrisi mereka selama pandemi berlangsung.

Dengan adanya tiga alasan diatas, tren supplier frozen food tentunya akan tetap dipilih oleh banyak orang. Jika Anda tertarik untuk menjadi supplier, berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk melakukannya.

Tentukan produk

Langkah pertama dalam memulai usaha frozen food adalah menentukan produk apa yang mau Anda jual. Carilah produk makanan beku yang profit marginnya cukup besar sehingga Anda dapat balik modal relatif cepat. Dalam hal ini Menjual produk favorit konsumen dapat memberikan Anda kepastian akan margin yang Anda dapatkan daripada mencoba menjual produk yang belum tentu laku di pasaran.

Lakukan riset pasar

Berikutnya untuk tips memulai usaha supplier frozen food untuk pemula adalah untuk riset. Hal ini tentunya sangat amat penting. Dengan melakukan riset, dapat membantu Anda dalam menjalankan usaha baru Anda. Riset dilakukan untuk mengetahui apa saja yang sedang diminati oleh konsumen, serta saingan atau kompetitor dalam bisnis Anda.

Memperhitungkan modal awal

Dalam melakukan sebuah bisnis Sebaiknya Anda menghitung anggaran modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini dan buat catatan serinci mungkin. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam memulai bisnis frozen food adalah:

  • Lemari pembeku atau freezer.
  • Kemasan kedap udara.
  • Alat press kemasan.
  • Alat vakum kemasan.
  • Biaya promosi.
  • Biaya operasional (tagihan listrik, ongkos transportasi, dan sebagainya).

Pemilihan bahan baku berkualitas

Menciptakan cita rasa yang disukai pelanggan dalam usaha kuliner selain membutuhkan kemampuan khusus dalam mengolah makanan, faktor bahan baku juga sangat mempengaruhi. Untuk masalah bahan baku ini sebaiknya Anda jangan mencoba mengambil resiko dengan memilih kualitas yang kurang baik. Sebab, hal tersebut akan berpengaruh pada kualitas produk itu sendiri. Dalam hal ini pemilihan distributor yang tepat dan terpercaya adalah hal yang sangat penting.

Kemasan yang menarik

Kemasan ini berkaitan erat dengan bentuk maupun logo hingga packaging yang akan disajikan kepada pelanggan. Sebisa mungkin, buatlah kemasan yang menarik untuk bisnis supplier frozen food Anda. Karna packaging yang menarik menciptakan kepuasan dan daya tarik pelanggan yang membeli produk Anda, sehingga mereka Akan membeli lagi produk Anda.

Tentukan platform untuk berjualan

Setelah modal dan juga produk yang akan Anda jual sudah ditentukan, kini saatnya memilih platform yang dapat Anda gunakan untuk menjual produk. Pemilihan platform yang sesuai akan membantu dan memudahkan Anda dalam memasarkan usaha Anda untuk cepat diketahui pelanggan. E-commerce atau media sosial seperti instagram memiliki keunggulan masing-masing sebagai sarana pemasaran dan penginformasian untuk pelanggan Anda. Pilihlah sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Baca juga: 4 cara untuk mencari software untuk supplier makanan

Dapatkan lisensi makanan resmi

Bila Anda benar-benar ingin mendapatkan kepercayaan konsumen atau berniat untuk melebarkan sayap bisnis, pastikan untuk mendapatkan izin edar resmi dari Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan begitu, konsumen akan percaya bahwa frozen food yang Anda jual telah teruji aman dan baik untuk dikonsumsi.

Mencari reseller

Mencari reseller adalah langkah awal jika Anda ingin memperbesar usaha Anda namun belum berani membuka cabang. Anda bisa mencari reseller untuk melebarkan usaha anda agar lebih luas.