Kesuksesan dalam dunia usaha khususnya pada dunia kuliner tidak luput dari packaging makanan yang unik dan menarik. Seperti pepatah yang mengatakan dari mata turun ke hati. Tentunya, Anda pasti akan lebih memilih makanan/minuman dengan kemasan yang menarik kan, daripada kemasan yang biasa-biasa saja?

Sebuah data menunjukkan bahwa pada masa pandemi COVID-19, tingkat penjualan packaging makanan dan minuman mengalami kenaikan sebesar 5% – 10%. Kenaikan tersebut dipicu oleh tren perubahan pola konsumsi masyarakat yang lebih memilih untuk membeli makanan dan minuman dengan konsep kemasan yang lebih menarik dan higienis. Hal ini terbukti dengan adanya penjualan plastik hingga Rp. 1,18 triliun atau meningkat 63,65%.

Selain sebagai kemasan makanan, packaging makanan juga termasuk sebagai salah satu jenis bisnis yang sedang populer di tengah pandemi ini. Di tahun 2020, bisnis ini mengalami peningkatan keuntungan yang cukup besar. Lantas, bagaimana peluangnya di tahun 2021? Apakah akan tetap populer dan menguntungkan seperti di tahun 2020?

Bagi Anda pengusaha F&B yang ingin mendapatkan info terbaru seputar tren bisnis F&B dan kesulitan dalam mencari supplier atau pelanggan, gabung ke grup Facebook Perkumpulan pengusaha F&B Paper.id. Dapatkan info terbaru, promosi bisnis gratis, dan program menarik untuk membantu bisnis Anda berkembang pesat! Klik disini untuk bergabung.

Peluang bisnis kemasan makanan di tahun 2021

Dilansir dari Antara, Dirut SMKL, Ang Kinardo mengemukakan bahwa bisnis packaging akan tetap subur di tahun 2021. Hal ini dikarenakan industri makanan dan minuman termasuk kedalam salah satu industri yang akan digalakkan terutama di dalam rencana industri 4.0.

Dengan begitu, segala bidang yang terkait akan menerima keuntungan termasuk industri packaging makanan. Tentunya, hal ini menjadi berita gembira bagi para pebisnis yang bergerak di bidang yang berkaitan dengan bisnis makanan.

Jenis-jenis packaging makanan dan minuman

Mungkin Anda hanya melihat packaging makanan sebatas plastik saja. Namun, ada banyak varian kemasan yang biasanya dipakai pada makanan atau minuman. Berikut ini, ada beberapa jenis kemasan makanan atau minuman yang sering dipakai.

  • Kotak Makan Mika
    Jenis kemasan kotak makan mika merupakan jenis kemasan yang paling dicari pelaku usaha kuliner. Biasanya kotak makan mika ini digunakan untuk packaging berupa makanan berat. Jenis kemasan ini banyak dicari karena memang memiliki harga yang terjangkau dan dapat menjaga makanan tetap dalam keadaan baik.
  • Packing Box Mini
    Packaging box mini dengan desain unik saat ini sedang naik daun serta banyak digunakan oleh para pelaku usaha kuliner dalam mengemas produk makanan mereka, contohnya seperti usaha roti dan nasi box kekinian.
  • Vacuum Bag
    Jenis kemasan makanan seperti ini, sangat cocok digunakan untuk Anda yang berbisnis makanan seperti seafood, bakso, ikan, daging, kacang, dan sosis. Kemasan ini digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lamanya kadaluarsa suatu produk. Biasanya bahannya terbuat dari Nylon, sehingga udara tidak bisa masuk lagi begitu juga udara yang berada dalam kemasan.
  • Standing Pouch
    Jenis kemasan makanan yang satu ini, cocok digunakan untuk jenis snack ringan seperti keripik, atau sebagai wadah pembungkus granola, bahkan kopi. Jenis kemasan seperti ini juga mudah ditemukan, bahkan kemasan jenis pouch ini memiliki keunggulan tersendiri, isi tidak mudah tumpah dan lebih mudah mengetahui ukuran atau takaran yang disesuaikan. Jenis Standing Pouch juga memiliki ragam seperti zipper pouch, yang sering digunakan.
  • Food Pail dan Food Tray
    Jenis kemasan ini biasanya berbentuk seperti mangkuk kubus ini. Jenis kemasan makanan ini yang paling sering digunakan terutama saat acara food festival atau bagi mereka para pebisnis kuliner. Kemasan makanan seperti ini lebih memudahkan konsumen ketika ingin mengkonsumsi secara langsung. Selain food pail bisnis kuliner menggunakan food tray juga tidak kalah praktis dan ekonomis.

    Baca juga: Apakah bisnis frozen food populer di 2021

Tips menjalani bisnis packaging makanan

Dalam menekuni dunia bisnis terutama di bidang industri kemasan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis berjalan dengan dengan baik sehingga mendatangkan peluang kesuksesan. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan agar bisnis kemasan Anda berjalan lancar dan berkembang pesat:

  • Melakukan Riset Konsumen
    Dalam memulai sebuah bisnis apapun, konsumen merupakan hal utama yang harus diperhatikan terlebih dahulu dengan begitu Anda dapat menganalisa kondisi pasar. Melakukan riset secara langsung dengan menemui dan menanyakan mengenai kebutuhan seperti apa yang mereka inginkan akan berdampak pada kemajuan bisnis Anda.
  • Desain dan Material yang Digunakan
    Pastikan menggunakan bahan yang aman untuk kesehatan dan berkualitas agar konsumen tidak merasa kecewa, dan dapat mempercayai produk kemasan Anda. Selain menggunakan bahan berkualitas, desain produk yang kelak Anda gunakan juga sangat berpengaruh pada usaha Anda kelak. Pastikan menggunakan desain produk yang tidak pasaran dan selalu berkreasi dengan kreativitas dan inovasi yang baru dalam membuat kemasan. Terapkan ide-ide baru untuk menghasilkan kemasan yang unik sehingga menjadi tidak pasaran.

Baca juga: Contoh proposal usaha untuk bisnis makanan dan minuman

Perlu diketahui bahwa usaha kemasan ini selain dapat dijalankan dengan modal yang kecil juga dapat dilakukan sebagai usaha rumahan ataupun sampingan.