Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif di zaman yang serba digital ini. Teknologi yang semakin berkembang, membuat bisnis harus selalu beradaptasi dengan tren baru agar tetap relevan hingga mencapai target marketnya.

Menurut informasi dari Kubico,  mendekati tahun 2024, dunia pemasaran konten diperkirakan akan mengalami perubahan yang signifikan. Bahkan, studi menunjukkan bahwa pertumbuhan pemasaran konten selama tahun 2023-2027  mencapai USD 584,02 miliar.

Lalu sebetulnya, apa saja tren content marketing yang diperkirakan akan mendominasi di tahun 2024? Dan pemasaran konten seperti apa yang bisa diterapkan di business to business (B2B)? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel berikut ini!

Baca Juga: 10 Jenis Strategi Marketing Cocok Untuk Semua Bisnis (dan Contohnya)

6 Tren Content Marketing untuk Bisnis yang Bisa Kamu Terapkan di Tahun 2024

Melansir AimTooSuccess, akan banyak tren pemasaran digital yang muncul pada tahun 2024. Dengan memanfaatkannya lebih awal, tentu bisa memberikan keunggulan yang lebih kompetitif untuk bisnis kamu.

Hasilnya, kamu bisa mengarahkan lebih banyak traffic hingga mengubah mereka menjadi klien dan meningkatkan penjualan. Siap untuk membuka tren tersebut?

  1. Podcast

Podcast dalam pemasaran B2B mengalami pertumbuhan yang pesat dan telah menjadi media yang efektif dalam pemasaran konten B2B. Dunia bisnis sering mengadakan podcast untuk berbagai wawasan industri,hingga mewawancarai ahli industri untuk meningkatkan pengetahuan.

Pada tahun 2024, podcast akan menjadi salah satu trend teratas yang wajib dipertimbangkan oleh bisnis dalam strategi content marketing B2B.

Mengutip Castos, podcast merupakan strategi yang cukup jitu untuk meningkatkan brand awareness dan membuka jalan kolaborasi dengan berbagai mitra yang potensial.

  1. Personalisasi konten yang lebih mendalam

Personalisasi konten akan menjadi lebih canggih pada tahun 2024. Dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dan analisis data yang kuat, bisnis dapat memberikan konten yang lebih relevan berdasarkan preferensi dan tingkat keterlibatan individu.

Hal tersebut tentu akan meningkatkan peluang konversi serta memperkuat hubungan yang baik dengan pelanggan.

  1. Peningkatan yang lebih signifikan dalam video content

Content video akan tetap menjadi “bintang” dalam content marketing B2B di tahun mendatang. Di dunia yang semakin terkoneksi dengan jaringan digital ini, user akan semakin menghargai video sebagai cara yang efektif untuk memahami produk atau layanan bisnis.

Tentunya bisnis perlu menginvestasikan waktu dan sumber dayanya dalam memproduksi video berkualitas tinggi, yang menjelaskan produk atau memberikan wawasan industri secara mendalam, karena pada dasarnya rata-rata populasi Indonesia lebih suka mendapatkan informasi berupa visual daripada tulisan saja

  1. Pertumbuhan influencer marketing dalam B2B

Berdasarkan informasi dari FiftyFive&Five, influencer marketing semakin mendapat tempat di dunia bisnis B2B. Evolusi influencer marketing dalam sektor ini mencerminkan perubahan menuju  kredibilitas, keaslian, dan penargetan yang tepat.

Menghadapi tahun 2024, pendekatan ini menjadi lebih kompleks, dengan fokus bukan hanya pada influencer selebriti, melainkan pada influencer mikro yang memiliki pengikut yang lebih spesifik dan relevan dengan bisnis.

Contohnya, dalam bisnis jual bahan baku makanan, influencer mungkin merupakan pembuat roti profesional, atau memang senang membuat roti. Bermitra dengan influencer ini memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan komunitas yang ada serta berinteraksi dengan audiens secara lebih otentik.

  1.  Privacy-focused marketing

Di zaman yang dipenuhi dengan pelanggaran data dan isu privasi, perusahaan B2B harus mengutamakan praktik data yang transparan dan etis. Pada tahun 2024, perusahaan wajib meningkatkan tata kelola dan prosedur mereka lebih dari sebelumnya.

  • Keamanan data yang kuat: Menunjukkan komitmen terhadap privasi data dengan menerapkan enkripsi yang kuat dan mematuhi peraturan privasi internasional untuk melindungi data dengan baik.
  • Kebijakan privasi yang transparan: Memberikan kebijakan privasi yang rinci dan transparan, sudah menjelaskan bagaimana informasi klien digunakan dan dilindungi. Transparansi dalam mengelola data akan membangun kepercayaan penanganan dan menunjukkan komitmen terhadap prinsip bisnis yang beretika.
  1. Fokus pada edukasi dan solusi

Dalam content marketing, bisnis B2B akan lebih fokus pada pendekatan edukatif. Artinya, mereka akan memberikan solusi nyata untuk masalah pelanggan, bukan hanya mempromosikan produk atau layanan.

Bisnis yang bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat tentu akan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Pentingnya Content Marketing untuk B2B

Content marketing menjadi strategi pemasaran yang terjangkau, berorientasi pada jangka panjang, serta berfokus pada pelanggan untuk menghasilkan traffic dan prospek. Ini merupakan kunci keberhasilan inbound B2B di saat komunikasi hanya sekadar kebisingan, bukan percakapan.

Melansir Common Ground, Backlinko melakukan penelitian bahwa 72% perusahaan B2B memiliki blog di situs website mereka. Artinya, 28% perusahaan B2B tidak memiliki blog, dan oleh karenanya tidak memiliki strategi pemasaran konten yang solid.

Untuk itu, ada banyak alasan mengapa pemasaran konten merupakan aspek penting dalam mengembangkan perusahaan B2B. Melansir nytLicensing, adapun beberapa alasan penting content marketing ini, di antaranya:

1. Mengedukasi audiens

Dalam bisnis B2B, produk atau layanan seringkali sulit dipahami. Content marketing memberikan kesempatan untuk menjelaskan secara mendalam tentang cara produk atau layanan bekerja, manfaat yang ditawarkan, dan cara penggunaannya. Ini membantu pelanggan untuk membuat keputusan yang tepat.

2. Membangun brand awareness

Content marketing memungkinkan bisnis untuk berbagi pengetahuan, wawasan dan solusi yang berharga kepada mitra bisnis yang potensial. Dengan memberi informasi yang relevan, perusahaan bisa membangun kepercayaan dan mengukuhkan diri sebagai pemimpin dalam industri mereka.

3. Meningkatkan visibilitas

Konten yang baik dioptimalkan untuk SEO dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari. Ini berarti bisnis akan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan ketika mereka mencari informasi tersebut.

4. Menjangkau banyak audiens

Karena pemasaran konten lebih bersifat personal daripada iklan, kamu bisa menargetkan audiens yang berbeda dalam konten yang berbeda. Konsepnya adalah untuk menyesuaikan pesan kamu dengan di mana pelanggan berada dalam proses pemasaran.

Dengan menjangkau berbagai audiens, tentunya kamu bisa meningkatkan peluang untuk mendapat lebih banyak hasil positif. Ini juga merupakan praktik umum dalam bisnis, karena banyak content marketer yang menargetkan dua hingga tiga jenis audiens yang berbeda dalam strategi konten mereka.

Itulah beberapa alasan penting mengapa content marketing perlu diterapkan untuk bisnis, khususnya B2B. Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif dan digital ini, investasi dalam content marketing tentu menjadi penting untuk kesuksesan jangka panjang.

Baca Juga: Apa Itu Community Marketing? Marketing untuk Startup

Melihat betapa pentingnya content marketing ini, kamu bisa menerapkan beberapa tren pemasaran yang sudah dijelaskan sebelumnya. Merupakan hal biasa ketika pembuatan tren-tren diatas seperti pembuatan video dan content website diserahkan oleh B2B bisnis ke pihak ketiga seperti agensi.

Nah, tentu saja, dalam permintaan ini kamu sebagai bisnis perlu membuat dan mengirimkan invoice. Namun, proses pembuatan invoice seringkali memakan waktu dan biaya, hingga tak jarang menimbulkan adanya human error. Jadi, perlu kiranya bagi perusahaan untuk beralih ke invoice digital.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan Paper.id.

Paper.id merupakan platform invoice yang bisa membantu bisnis membuat dan mengirim invoice penjualan secara digital, bahkan bisa selesai dengan mudah hanya dalam satu menit dan invoice sudah bisa dibubuhkan dengan e-Materai asli lho.

Dengan kemudahan dan akurasi Paper.id ini, pembuatan invoice bisa dilakukan dengan cepat dan meminimalisir terjadinya human error.

Jadi, tunggu apalagi gunakan Paper.id sekarang juga. Gratis!

Nadiyah Rahmalia