Apa itu Community Marketing?: Marketing untuk Startup

Paper.id Blog – ada cara yang mudah untuk dilakukan agar perkembangan sebuah bisnis kalian apalagi startup tidak memerlukan biaya yang terlalu banyak. Salah satunya dengan Community Marketing.

Biasanya, bisnis startup merupakan sebuah bisnis yang baru saja dibangun atau sedang dirintis. Untuk mengenalkan bisnis kita, tentunya kita memerlukan yang namanya Marketing.

Kita sudah tahu, yang namanya marketing atau pemasaran tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, strategi yang tepat akan hal ini yaitu strategi Community Marketing. Lalu apa itu Community Marketing?, kalian bisa mengetahui nya dengan membaca artikel dibawah ini.

Baca Juga: Tips Cara Menerapkan Manajemen Usaha untuk UMKM

Apa itu Community Marketing

Dikutip dari situs marketing-schools, tim community marketing berfokus pada memberikan strategi pemasaran dimana berfungsi untuk mempertahankan hubungan sehat dengan komunitas customer sebuah perusahaan.

Mudah nya, ini merupakan sebuah strategi marketing yang bertugas untuk memelihara kelangsungan hidup penjualan perusahaan melalui konsumen yang berkomunitas dan memiliki keterikatan langsung dengan produk atau jasa tersebut.

Ini merupakan sebuah taktik yang melibatkan sebuah bisnis untuk berinteraksi secara langsung dengan komunitas yang berisikan individu atau yang memiliki minat yang sama.

Keuntungan yang didapat dari strategi ini beragam banyak. Seperti bisa menyebarkan pesan perusahaan dengan lebih efektif, hingga mempercepat penyampaian pesan kepada target pasar sebuah bisnis.

Tipe Community Marketing

Ada dua Tipe Community Marketing diantaranya sebagai berikut:

1. Komunitas Marketing yang Organik atau Earned Marketing

Ini merupakan sebuah komunitas yang terbentuk secara sendiri tanpa ada bantuan dari brand atau perusahaan. Komunitas ini akan bekerja untuk menghubungkan serta menguatkan relasi para anggota komunitas, dan menciptakan kesetiaan pelanggan.

2. Perusahaan akan terlibat langsung dengan komunitas dan bertindak sebagai Sponsor.

Kedua, Perusahaan bisa bertindak secara langsung dengan komunitas dengan mendukung sebagai sponsor dari komunitas tersebut. Seperti dengan memberikan waktu atau uang kepada komunitas tersebut.

Mengapa Community Marketing itu Penting?

Community Marketing merupakan sebuah strategi untuk mengajak para pelanggan untul bisa terlibat secara langsugn dengan suatu brand atau bisnis. Dengan metode ini, membantu para marketers untuk bisa mengembangkan bisnis mereka.

Tentu saja banyak hal yang membuat community marketing penting untuk dijalankan. Diantaranya sebagai berikut:

1. Mudah Mendapatkan Kepercayaan dari para Pelanggan

Dikutip dari situs glints.com bahwa pelanggan tidak hanya ingin menggunakan produk yang telah ditawarkan tapi juga ingin didengar oleh penyedia dari produk atau jasa tersebut.

Bila perusahaan interaktif dan mengulas berbagai feedback dari para pelanggannya, maka tingkat kesetian dari para customer pun meningkat. Hal ini dipengaruhi dari tingkat komunkasi yang cukup intenst dari brand kepada customer.

2. Memperkuat nilai brand dari produk

Kedua, kita bisa memperkuat nilai brand dari suatu produk. Kuesioner yang dilakukan oleh brand kepada customer bisa menjadi strategi untuk mengetahui apakah value brand sudah ditangkap oleh pelanggan atau belum.

Dari feedback tersebut, kita mendapatkan gambaran untuk membuat strategi baru selanjutnya.

Baca Juga:7 Tips Memulai Usaha dari Nol untuk Pemula

3. Mengetahui kebutuhan masyarakat

Ketiga, selain dari memperkuat nilai produk, kita juga bisa mengetahui kebutuhan dari masyarakat. Perkembangan tren terus berubah, hal ini menyebabkan kebutuhan pelanggan menjadi semakin bervariatif.

Inovasi dari sebuah brand tidak jarang banyak yang ditolak oleh pasar karena tidak sesuai dengan permintaan.

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menggunakan community marketing, dengan komunikasi yang rutin, maka brand dapat mudah mengelola keperluan customer berdasarkan feedback mereka didalam komunitas yang tersedia.

Nah itulah penjelasan singkat dari apa itu community marketing yang harus kalian tahu. Intinya ini merupakan metode pemasaran yang wajib dimiliki perusahaan untuk meningkatkan nilai dari brand mereka di era sekarang.

Buat kalian yang baru merintis bisnis atau perusahaan, kalian bisa menggunakan Aplikasi Invoice Online dari Paper.id. Dimana Paper.id memberikan banyak fitur untuk memudahkan kalian dalam berbisnis.

Dengan jurnak, kalian bisa melakukan invoicing hingga melakukan pembayaran kepada para supplier. Yuk Buruan Daftar Sekarang Juga dengan klik tombol dibawah ini!

(Visited 45 times, 1 visits today)