Pernah tidak kamu membayangkan bisnis kamu itu seperti perjalanan melintas lautan yang luas? Setiap kapal membutuhkan seorang navigator yang andal, nah begitu pula dalam dunia bisnis. 

Memilih mitra bisnis yang tepat sama pentingnya dengan memilih kapten yang akan membimbing perahu kamu melewati badai dan menuju pelabuhan tujuan kamu. Pertanyaannya, memang bagaimana tips memilih mitra bisnis yang benar?

Eiitss, jangan khawatir! Berikut beberapa tips berharga bagaimana kamu memilih mitra bisnis yang tepat untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi bisnis kamu itu sendiri. Simak sampai bawah!

Memiliki Visi yang Sama

Perjalanan bisnis yang sukses dimulai dengan visi yang kuat. Untuk itu, sebelum kamu memutuskan untuk bermitra dengan seseorang, pastikan memiliki visi yang sama dan sama-sama memahaminya.

Misalnya, apakah kamu berharap untuk mengembangkan bisnis secara internasional atau ingin fokus pada inovasi produk? Ingat memiliki visi bersama adalah landasan yang kuat untuk kolaborasi yang sukses.

Pertimbangkan Nilai dan Etika Bisnis

Jika visi adalah landasan, maka nilai dan etika bisnis adalah fondasi yang dibutuhkan agar hubungan bisnis menjadi kokoh. Maka dari itu, pastikan mitra bisnis kamu memahami dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang sama seperti kamu.

Meskipun ada kalanya miscommunication dan itu sangat wajar di dunia bisnis, tetapi hal tersebut sangat penting demi membantu kamu mencegah konflik yang tidak perlu dan membangun dasar untuk kerja sama tim yang harmonis.

Baca juga: Tips Terima Pembayaran dari Mitra Bisnis Pakai QRIS, Jadi Praktis!

Yang Bisa Saling Melengkapi

Mitra bisnis yang ideal adalah seseorang yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang bisa melengkapi kamu. Untuk itu, coba cari tahu terlebih dahulu kekuatan dan kelemahan masing-masing dan pastikan bahwa mitra bisnis kamu bisa mengisi celah yang ada dalam perusahaan kamu.

Misalnya, kamu memiliki usaha yang bergerak di platform pembuatan invoice. Agar invoice kamu dianggap sah, kamu bisa bekerja sama dengan distributor resmi pembelian dan pembubuhan e-meterai. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan customer karena invoice akan memiliki keabsahan hukum.

Seperti Paper.id, aplikasi kirim invoice online invoice ini sudah bekerja sama dengan PERURI, di mana kamu bisa buat, bubuhkan e-meterai, kirim, serta cetak invoice hanya dalam satu platform dan gratis. Klik tombol di bawah ini untuk mendaftar.

Jangan Lupa, Coba Riset yang Mendalam

Memahami Kebutuhan Mitra Bisnis
Memahami Kebutuhan Mitra Bisnis ( (Sumber: mackinstitute)

Jangan pernah mengabaikan proses riset. Kenali calon mitra kamu dengan baik, termasuk bagaimana riwayat bisnisnya, rekam jejaknya, reputasinya, apakah pernah punya pengalaman dalam bermitra sebelumnya, hingga bagaimana catatan prestasi di industrinya?

Informasi ini sangat berharga agar membantu kamu dalam membuat keputusan yang lebih baik. Selain itu, untuk memastikan bahwa mitra benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis kamu.

Buat Kesepakatan Tertulis

Dalam keadaan apapun, jangan pernah hanya mengandalkan kesepakatan lisan dalam bisnis. Ini adalah prinsip yang harus dipegang teguh oleh pebisnis, termasuk dalam bermitra. Selalu buat kesepakatan tertulis yang mengatur peran dan tanggung jawab serta hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Hal ini akan membantu kamu terhindar dari kebingungan di kemudian hari tentang apa yang diharapkan dari masing-masing pihak. Ketika kamu dan mitra memahami tugas dengan jelas, kerja sama akan jadi lebih efisien, lho.

Coba Berkomunikasi dengan Terbuka

Agar hubungan tetap terjaga dan sehat, komunikasi adalah kuncinya. Untuk itu, jadwalkan pertemuan reguler untuk membahas perkembangan bisnis dan berbicaralah dengan terbuka mengenai masalah yang sudah, sedang, ataupun akan terjadi.

Jangan tahan atau pendam informasi penting atau masalah yang sedang kamu hadapi. Semakin cepat masalah diidentifikasi, semakin mudah juga untuk mencari solusinya. Terbuka juga tentang apa yang sudah berjalan dengan baik dan prestasi yang telah dicapai, jadi bahas itu juga, ya.

Baca juga: Begini Tips Memilih Software Invoice yang Wajib Kamu Perhatikan

Kesimpulan

Memilih mitra bisnis memang tidaklah mudah dan sangat penting karena akan mempengaruhi pertumbuhan perusahaan kamu ke depannya. Ingatlah, bahwa perjalanan bisnis adalah petualangan yang akan lebih memuaskan jika kamu memiliki mitra yang tepat di samping kamu.

So, selamat berlayar menuju pertumbuhan bisnis yang gemilang, ya!

Kirim Invoice
Muhamad Dika Wahyudi