Sebagai pebisnis, terutama supplier, pasti dong kamu ingin meningkatkan efisiensi pembayaran transaksi bisnis dengan mitra kamu? Jika iya, kamu bisa pakai QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), salah satu inovasi revolusioner untuk pembayaran.

Terlebih, mulai Agustus 2023 nanti, kabarnya Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan, jika QRIS bisa digunakan untuk transfer, setor dan tarik tunai. Nah, ini bisa jadi peluang kamu lho sebagai pebisnis, karena ini akan meningkatkan interkoneksi bisnis kamu.

Sebab, nanti dengan QRIS, bisa terhubung antara bank dengan bank, bank dengan non-bank, serta non-bank dengan non-bank. Sehingga diharapkan nantinya kamu bisa mengoptimalkan proses pembayaran dan melancarkan aliran cash flow kamu.

Oleh karena itu, berikut tips kamu bisa terima pembayaran pakai QRIS dari mitra bisnis agar lebih praktis yang bisa kamu terapkan:

Daftarkan Bisnis Kamu ke Penyedia Layanan QRIS

Pastikan kan ya kamu memilih penyedia yang sudah memiliki izin dari Bank Indonesia dan memiliki reputasi yang baik. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kode QRIS untuk yang bisa kamu gunakan dalam menerima pembayaran dari mitra bisnis kamu.

Kamu bisa riset terlebih dahulu secara menyeluruh untuk mengidentifikasi layanan QRIS yang sesuai dengan kebutuhan transaksi bisnis kamu. Setelah itu, kunjungi situs webnya atau hubungi penyedia layanan tersebut untuk memperoleh informasi lebih lanjut, dan terakhir persiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti identitas pemilik bisnis, izin usaha, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal QRIS: Metode Pembayaran Digital Standar di Indonesia

Edukasi Pelanggan tentang Penggunaan QRIS

Beberapa mitra bisnis yang menjadi pelanggan kamu mungkin belum terbiasa dengan penggunaan QRIS sebagai opsi pembayaran terbaru. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memberikan edukasi tentang gimana sih menggunakan QRIS dalam pembayaran. 

Pasalnya, dengan QRIS, transaksi pembayaran pelanggan kamu bisa dilakukan secara cepat dan mudah hanya dengan melalui smartphone. Sebagai supplier, bisa mengakomodasi berbagai metode pembayaran yang didukung oleh QRIS, seperti transfer melalui aplikasi bank, dompet digital, dan kartu kredit.

Gunakan Aplikasi Pembayaran yang Menyediakan Metode QRIS

Terima Pembayaran Pakai QRIS di Paper.id
Terima Pembayaran Pakai QRIS di Paper.id

Agar lebih praktis, kamu gunakan saja aplikasi pembayaran yang menyediakan metode QRIS. Pertimbangkan juga aplikasi yang sudah terintegrasi secara otomatis dengan pencatatan transaksi pembayaran menggunakan QRIS, sehingga memudahkan kamu rekonsiliasi keuangan dan pelacakan penjualan antar bisnis, jadi siap pakai dan tidak repot mengurus pendaftaran.

Jika memungkinkan, pilih aplikasi yang sudah terkoneksi dengan status invoice penjualan kamu, memiliki fitur payment reminder yang bertujuan membantu kamu memberikan pengingat otomatis kepada mitra bisnis/pelanggan kamu untuk invoice penjualan yang belum terlunasi melalui email, WhatsApp, dan SMS.

Itu semua, ada di Paper.id. Kamu bisa pakai fitur PaperPay In, terima pembayaran dari mitra bisnis lebih mudah dan cepat. Mitra kamu bebas bayar pakai metode apa saja, termasuk QRIS, rekonsiliasi otomatis, dan 100% anti error. Jadi, lebih praktis, kan?

Baca juga: Sejarah QRIS di Indonesia: Awal Kemunculan Hingga Dampaknya Bagi UMKM

Nah, itulah tips terima pembayaran pakai QRIS agar lebih praktis. Ingat ya, penggunaan QRIS tidak hanya memberikan kemudahan bagi kamu, tetapi memberikan kamu juga kenyamanan kepada mitra dalam melakukan pembayaran.

Teruslah mengikuti perkembangan teknologi pembayaran dan jadilah yang terdepan dalam memanfaatkannya. Jadi, jangan ragu untuk mengambil langkah menuju kemudahan transaksi demi kesuksesan bisnis kamu saat ini dan di masa depan!