Sebagai pebisnis, mungkin kamu kerap kali merasa kewalahan mengelola invoice dan penagihan secara manual, tentu solusi yang tepat adalah dengan menggunakan software invoice untuk mengatasi masalah tersebut.

Di era yang serba modern ini, memilih software invoice yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu menjadi langkah yang cerdas untuk meningkatkan efisiensi dalam mengelola invoice, sehingga cash flow menjadi semakin sehat.

Permasalahannya, seberapa yakin kamu bisa memilih software invoice yang terbaik dengan begitu banyak opsi yang tersedia? Nah, untuk itu, berikut ini beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum memilih software invoice terbaik. Simak di bawah, ya!

Pahami Terlebih Dahulu Kebutuhan Bisnis Kamu

Setiap bisnis tentunya memiliki rules atau cara kerja yang berbeda, jadi penting untuk memahami apa yang kamu butuhkan dari software invoice. Apakah kamu membutuhkan fitur dasar seperti pembuatan invoice saja? Atau butuh fitur yang lebih kompleks seperti sudah integrasi dengan manajemen stok dan akuntansi sederhana?

Kuncinya, buat terlebih dahulu daftar dari fitur yang penting dan coba kamu prioritaskan yang diinginkan untuk memudahkan kamu dalam proses seleksi. Dengan begitu, nantinya kamu bisa memilih software yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Baca juga: 7 Contoh Template Invoice Gratis, Bisa Kalian Coba lho!

Keamanan dan Privasi Data

Data bisnis sangat berharga, terlebih jika kamu memiliki data informasi keuangan bisnis kamu dan mengenai pelanggan. Untuk itu, pastikan ya software invoice online yang kamu pilih memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk melindungi data yang sensitif.

Kamu bisa cek, apakah software tersebut sudah memiliki sertifikasi seperti ISO dan lisensi tertentu, menggunakan enkripsi data, memiliki proteksi dari ancaman keamanan, dan mengikuti standar privasi yang ketat lainnya?

Jangan ragu kamu tanyakan informasi lebih lanjut mengenai ini kepada vendor mengenai langkah-langkah apa saja yang mereka ambil untuk melindungi data pelanggannya, serta telah bekerjasama dengan siapa saja yang mungkin menjadi tolak ukur.

Kemudahan dalam Penggunaan

Sebaiknya nih, pilih software yang mudah digunakan oleh semua anggota tim kamu, termasuk mereka yang tidak memiliki latar belakang orang IT. Navigasi dan tampilan halaman UI/UX yang sederhana akan mempercepat proses adaptasi dan mengurangi waktu pelatihan yang dibutuhkan.

Untuk itu, biasanya kan beberapa vendor menyediakan versi percobaan atau demo gratis, nah kamu bisa manfaatkan itu untuk mencoba sebelum memutuskan untuk menggunakannya hingga berlangganan ke depannya, bahkan ada juga lho yang menawarkan gratis selamanya dengan beberapa batasan penggunaan.

Terintegrasi dengan Beragam Metode Pembayaran

Beragam Pilihan Metode Pembayaran yang Tersedia di Paper.id
Beragam Pilihan Metode Pembayaran yang Tersedia di Paper.id

Daripada memilih software yang berbeda untuk setiap fungsi, lebih baik pilih yang sudah terintegrasi dengan sistem lainnya seperti tagih dan terima pembayaran dari mitra bisnis/pelanggan, manajemen stok, hingga sistem akuntansi sederhana, karena transaksi tidak hanya soal invoice tapi juga ketersediaan cara bayar.

Pilih juga software yang sudah bekerja sama dengan PERURI yang terintegrasi dengan pembubuhan E-meterai. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot lagi jika nominal transaksi bisnis kamu di atas Rp 5.000.000 yang membutuhkan pengesahan meterai sebagai persyaratan.

Selain itu, pertimbangkan juga memilih software yang menyediakan beberapa opsi pembayaran yang beragam selain transfer bank seperti QRIS, kartu kredit, Virtual Account dan lainnya. Tambahannya, pilih juga yang menyediakan fitur otomatisasi dan payment reminder agar transaksi bisnis kamu jadi lebih lancar.

Tahu, nggak? Itu semua ada di Paper.id, lho. Software invoice bisnis ini memudahkan kamu untuk buat, kirim, kelola, serta lacak semua dokumen invoice kamu dengan mudah dan yang terpenting GRATIS. Buat invoice di Paper.id juga sudah bisa langsung dibubuhkan dengan E-meterai karena sudah bekerja sama dengan PERURI. Invoice kamu jadi lebih valid, kan?

Baca juga: 6 Aplikasi Invoice Online yang bisa kalian gunakan GRATIS

Begitulah tips memilih software invoice yang wajib kamu ketahui. Memang sedikit tricky untuk memilih software invoice yang tepat, namun ini penting dilakukan karena kamu bisa mengoptimalkan proses penagihan, meningkatkan efisiensi, dan punya kendali yang lebih baik atas cash flow bisnis kamu. Jadi, yuk pakai Paper.id sekarang juga!

Muhamad Dika Wahyudi