Paper.id Blog – Ketika kita sedang menjalankan sebuah bisnis pastinya memiliki rekening khusus bisnis.

Tentunya ini dapat membantu kita untuk dapat memisahkan mana pengeluaran pribadi dan juga pengeluaran untuk bisnis.

Hal ini tentunya membantu kalian dengan mudah untuk mengelola arus kas bisnis dengan baik. Selain itu juga, kebanyakan bisnis pasti akan menyimpan uang nya didalam bank. Tentunya untuk memudahkan proses transaksi.

Tapi terkadang juga ada masalah, seperti kas dalam bisnis dengan bank tidak sesuai dengan transaksi yang telah tercatat dalam bisnis. Inilah yang membuat sebuah bisnis membutuhkan proses rekonsiliasi.

Berikut beberapa masalah yang sering ditemui dalam proses rekonsiliasi atau pencocokan.

Baca Juga: Cara Mengelola Stok Barang di Gudang

2 Kesalahan Rekonsiliasi yang Sering Ditemui Dalam Bisnis

Proses Rekonsiliasi merupakan proses pencocokan laporan keuangan dari bank dan juga catatan keuangan binsis.

Namun, dalam prosesnya sering terjadi beberapa perbedaan, seperti prosedur pencatatan, hingga pengeluaran kas.

Lalu apa saja sih, kesalahan yang sering ditemui dalam proses rekonsiliasi dalam bisnis?

1. Perusahaan Telah Mencatat, Namun Pihak Bank Belum Mencatat

Hal yang pertama kali dan sering ditemui ialah, pihak bank terkadang belum mencatat transaksi yang ada didalam bisnis kita.

Biasanya, dalam proses rekonsiliasi, terkadang kalian tidak menemukan transaksi yang sama antara bank dan juga catatan kas keuangan bisnis kalian.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan yang terjadi dalam pencatatan yang terjadi di bank, seperti setoran akhir bulan atau setoran maksimum jam 00.00 akan dicatat di kemudian hari.

2. Cek Yang Masih Beredar

Cek yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan dan telah dicatat oleh perusahaan, namun belum disampaikan kepada pihak pemegang ataupun bank belum melakukan pembayaran.

Cara menemukan ini adalah dengan membandingkan seluruh cek yang telah dikeluarkan oleh perusahaan dengan cek yang telah tercatat oleh bank.

Dengan begitu pihak bank harus mencatatnya sebagai salah satu pengeluaran jumlah saldo yang dimiliki perusahaan.

Baca Juga:Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Untuk Mahasiswa

Kesimpulan

Nah, itulah dua hal yang sering ditemui oleh akuntan dalam rekonsiliasi atau pencocokan catatan keuangan antara perusahaan dan bank.

Kesalahan yang sering ditemui tersebut tentunya dapat menyita waktu yang ada. Oleh karena itu Paper.id hadir untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dengan Paper Enterprise, proses rekonsiliasi akan dengan mudah dilakukan. Anda juga dapat mencocokkan data keuangan dengan akun bank secara digital dan mudah. Yuk Buruan Daftar Sekarang Juga!