Paper.id Blog – Membangun sebuah bisnis pasti membutuhkan yang namanya proses mengelola stok barang yang ada digudang. Baik itu bahan baku dari suatu produk ataupun produk yang sudah jadi.

Kalau kalian mengelola stok barang yang memiliki jumlah kecil, itu masih dengan mudah dilakukan. Namun bagaimana kalau dalam jumlah besar?

Jika sudah mencapai jumlah yang cukup banyak, maka perhitungan yang dilakukan pun semakin sulit, dan solusinya pun hanya dengan menggunakan aplikasi stok barang.

Nah berikut beberapa tips cara mengelola stok barang yang ada di Gudang!

Baca Juga:Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Untuk Mahasiswa

Manfaat Mengelola Stok Barang

Kalau kita mengelola stok barang dengan tidak baik, maka keuntungan yang dihasilkan juga tidaklah maksimal.

Kalau kalian dapat mengelola nya dengan baik, maka kalian dapat memperkirakan jumlah barang yang harus dipesan berapa, hal ini membuat kita bisa menekan resiko kelebihan barang yang membuat kita mengalami kerugian.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan kalau melakukan manajemen gudan dengan baik:

  1. Menjaga kualitas serta kuantitas dari stok barang kalian
  2. Menyediakan data dan informasi yang akurat dari stok barang yang ada
  3. Memudahkan akses dalam kontrol stok barang di gudang
  4. Penataan logistik dan peralatan
  5. Membuat proses administrasi lebih rapih

Cara Mengelola Stok Barang di Gudang:

1. Memiliki Gudang Penyimpanan yang Cukup.

Pertama, pastikan kalian telah memiliki gudang penyimpanan yang cukup untuk barang atau stok barang untuk bisnis.

Meskipun usaha bisnis kalian masih kecil, kalian harus tetap menyiapkan tempat khusus untuk menimbun stok barang kalian nantinya.

2. Membuat Daftar Stok Barang

Selanjutnya, pastikan kalian membuat daftar stok barang di gudang. Setidaknya kalian harus menugaskan satu orang, untuk mencatat segala jenis stok barang masuk, dan juga stok barang keluar.

Data yang dicatat ini merupakan hal penting yang harus dimiliki dalam pengelolaan stok barang di gudang. Dengan data yang ada ini, memudahkan dalam pengontrolan, hingga pengambilan keputusan nantinya.

Selain itu juga, kalian bisa mengetahui daftar barang di periode yang lalu dan dijadikan bahan referensi untuk daftar barang di periode selanjutnya.

3. Buat Kode di Setiap Barang

Kalian bisa membuat kode di setiap stok barang yang ada, apalagi kalau barang nya memiliki bermacam warna, motif, hingga model.

Kode yang dibuat ini, memudahkan kalian dalam mengenali stok barang anda dengan waktu yang cepat.

Selain itu juga, kode mempermudah dalam mengelompokan peletakan barang di gudang nantinya.

4. Melakukan Inspeksi Barang Sebelum Disimpan

Keempat, kalian bisa melakukan inspeksi barang sebelum disimpan kedalam gudang.

Hal ini merupakan tindakan untuk menjaga kualitas dari produk selama masa penyimpanan. Resiko barang bagus tercampur dengan barang cacat akan lebih kecil.

Kalau barang bagus tercampur dengan barang cacat, maka akan mempengaruhi kualitas dari produk, tentunya itu akan membuat kustomer kecewa.

5. Memisahkan Stok Barang Lama dan Baru

Terakhir, kalian bisa memisahkan stok barang yang baru dan juga stok barang yang lama. Mencampur adukan stok barang akan memusingkan dalam pengelolaannya dan perhitungannya.

Alangkah baiknya untuk memisahkan stok barang baru dan juga lama. Sehingga bisa menghitung berapa stok barang lama yang terjual dan tidak terjual.

Baca Juga: Cara Mengelola Modal Bisnis untuk Pemula!

Kenapa Harus Mengelola Stok Barang Gudang Dengan Bantuan Aplikasi?

Mengelola stok barang bukanlah perkara yang begitu mudah. Apalagi kalau banyak barang yang memiliki bagian bagian kecil sering luput dari pencatatan.

Tentunya hal ini sangat merepotkan jika dilakukan secara manual. Sebaiknya kalian menggunakan software yang secara otomatis mencatat seluruh kegiatan pengelolaan stok barang.

Kalian bisa menggunakan aplikasi dari paper.id. Paper.id merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola stok barang secara praktis dan mudah.

Untuk mempermudah pengelolaan stok barang kalian, yuk buruan daftar dan pakai Paper.id, dapatkan kenyamanan dalam mengelola stok barang, serta fitur lainnya disini.