Paper.id Blog – Berbeda dengan kita saat masih sekolah, saat kuliah kita akan dituntut untuk menjadi lebih mandiri. Selain itu juga kita harus terbiasa hidup di lingkungan baru.

Selain itu juga, ada mahasiswa yang lebih memilih untuk mencari penghasilan sendiri atau mencari beasiswa terlepas dari mereka bergantung kepada orang tua juga.

Mahasiswa juga memiliki pengeluaran yang cukup banyak dibandingkan dengan anak sekolah. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang mencari penghasilan tambahan yang digunakan untuk bisa menambah uang jajan.

Lalu Bagaiama Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa? Baca artikel dibawah berikut ya!

Baca Juga:Cara Mengelola Modal Bisnis untuk Pemula!

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Untuk Anak Kuliahan

Walaupun sebagian besar mahasiswa mendapatkan bantuan dari keluarga atau orang tua nya, namun tidak ada salahnya kalau mahasiswa juga mencari pendapatan tambahan.

Dengan cara kalian mempunyai penghasilan tambahan, maka kalian secara tidak langsung bisa menambah pengalaman juga membantu orang tua. Selain itu kamu bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari kalian.

Nah, berikut beberapa ide untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Baca dengan seksama ya!:

1. Menjadi Seorang Freelancer

Pertama, mahasiswa bisa menjadi seorang freelancer, hal ini dinilai tepat karena jam kerja nya yang cukup fleksibe. Ada kegiatan freelancer yang bisa kalian pilih, mulai dari Graphic Design, hingga Programmer.

Pastikan kalian juga bisa mengatur jadwal dengan baik ya, seperti pagi hari kalian mengikuti kelas, dan sore atau malamnya kalian menyelesaikan pekerjaan freelancer.

Menjadi seorang freelancer tidaklah sulit. Kalian bisa mencari perusahaan yang membutuhkan jasa freelancer. Pilihkan pekerjaan freelancer yang sesuai dengan skill dan juga jadwal kalian.

2. Mendaftar Sebagai Part-Timer

Kedua, selain kalian menjadi seorang freelancer, kalian bisa mencari perusahaan yang memperkejakan Part-Timer. Kalian bisa mencari lowongan part-time di sekitaran kampus kalian.

Kalian bisa bekerja part-time di toko buku, tempat makan, fotokopi, dan lain sebagainya. Biasanya tempat-tempat seperti itu akan membuka informasi seputar lowongan part time.

Kalau kalian tidak menemukan lowongan part time, kalian bisa melakukan part time sendiri loh, seperti yang dilakukan mahasiswa pada umumnya, yaitu mengajar. Kalian bisa mengajar anak-anak SD hingga SMA di sekitar lingkungan mu.

3. Berjualan

Ketiga, Kalian bisa membuka usaha bisnis berjualan, kalian bisa menjual produk yang kalian buat ke marketplace. Selain itu, kalian bisa menjadi seorang reseller atau dropshipper.

4. Bergabung Menjadi Afiliator

Keempat, bagi kalian yang suka menulis, khususnya blogging, atau konten-konten yang lain nya. Maka program afiliasi ini menjadi salah satu kegiatan yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pada umumnya, afiliator akan bekerja sama dengan perusahaan- perusahaan yang mempromosikan produk mereka kepada pelanggan.

Afiliator sendiri berbeda dengan reseller, seorang afiliator akan mempromosikan produk melalui konten yang mereka buat, lalu mereka akan membagikan link tentang produk tersebut. Dari sini, kalian akan mendapatkan penghasilan tanpa modal sepeserpun ketika ada orang yang mengklik link yang kalian bagikan.

5. Menjadi Asisten Dosen

Terakhir, kalian bisa menjadi seorang asisten dosen di kampus kalian. Selain kamu mendapatkan penghasilan tambahan, kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan akademis kalian.

Biasanya beberapa dosen akan meminta bantuan mahasiswa, yang berarti mereka akan memilih sendiri para mahasiswa yang mereka kenal dan memiliki sepak terjang yang cukup bagus.

Ada banyak sekali yang bisa kalian lakukan dalam membantu dosen, biasanya kegiatan yang paling dicari tentunya menjadi asisten pengajar. Selain itu kalian bisa membantu seperti asisten penelitian, atau asisten dalam proyek yang lainnya.

Baca Juga: Alasan Bisnis F&B Butuh Aplikasi Invoice Online

Kesimpulan

Nah itulah beberapa bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk mahasiswa. Buat kalian yang ingin membuka bisnis atau jualan, kalian bisa menggunakan Paper.id sebagai alat metode pembayaran digital. Yuk! Daftar Paper.id Sekarang untuk memudahkan bisnis kalian!