Ada banyak manfaat untuk memulai bisnis online. Anda dapat bekerja dari rumah, mengatur jam kerja Anda sendiri, dan tentunya tidak membutuhkan biaya awal yang besar. Meskipun memulai bisnis online mungkin lebih mudah dilakukan, namun untuk menumbuhkan dan mempertahankannya Anda harus mengikuti proses yang serupa dengan memulai bisnis tradisional.

Berikut ini merupakan tips atau cara jualan online untuk pemula seperti:

Tetapkan Harga yang Tepat

Dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis, penetapan harga merupakan faktor utama yang penting karena menentukan nilai bahwa produk Anda layak untuk Anda buat dan untuk digunakan pelanggan Anda. Hal ini dimaksudkan untuk memberi tahu pelanggan apakah itu sepadan dengan waktu dan investasi mereka.

Strategi penetapan harga dapat membentuk profitabilitas Anda secara keseluruhan untuk masa depan, Dalam menentukan harga Anda perlu mengamati pesaing-pesaing Anda, agar harga yang Anda tetapkan dapat bersaing dengan kompetitor usaha Anda. Salah satu yang menjadi pertimabangan dalam menentukan harga yaitu strategi potongan harga atau diskon namun dengan tetap mempertimbangan keuntungan agar Anda terhindar dari kerugian yang besar.

baca juga : Perbedaan Meterai 10.000 dengan e-Meterai

Menggunakan Gambar yang Menarik dan Berkualitas Tinggi

Gambar dapat membangkitkan emosi, mimpi, atau visi hanya dengan menggunakan gambar yang disusun dengan hati-hati dan ditempatkan dengan baik. Pengunjung situs web Anda akan ‘membaca’ gambar dan dalam sepersekian detik, membuat keputusan apakah mereka tertarik untuk membeli atau tidak.

Jika Anda menggunakan gambar yang bagus, kreatif, dan berkualitas tinggi, untuk produk yang Anda jual maka sangat memungkinkan akan ada banyak orang yang akan melihat dan tertarik pada produk atau barang yang Anda jual.

Deskripsi Produk yang Dijual

Deskripsi produk adalah bentuk salinan pemasaran yang digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan manfaat produk Anda. Dengan kata lain, ini menyediakan semua informasi dan detail produk Anda di situs usaha online Anda. Detail produk ini dapat menjadi nilai jual yang dapat dipindai atau memiliki keterbacaan yang kuat.

Selain itu pastikan Anda telah menyertakan secara detail rincian yang berhubungan dengan barang yang Anda jual seperti,merek dagang, model, kode, warna, size atau ukuran, dan lain sebagainya.

Saat membuat deskripsi produk yang akan Anda jual online, bersikaplah jujur dan sesuai dengan kondisi barang aslinya, agar pelanggan Anda tidak akan kecewa saat mereka membeli barang tersebut.

Pengiriman Gratis

Salah satu cara untuk menarik pelanggan dan mendapatkan keunggulan kompetitif dalam berjualan online adalah dengan menawarkan pengiriman gratis. Tentunya dalam mengambil keputusan ini Anda harus mempertimbangkan strategi yang tepat.

Misalnya dengan menetapkan jumlah minimum pembelian agar memenuhi syarat untuk pengiriman gratis. Ini akan memastikan Anda tidak kehilangan keuntungan saat menawarkan pengiriman gratis.

Menanggapi Pertanyaan Pelanggan dengan Sigap

Pertama dan terpenting dalam ber jualan online adalah komunikasi. Anda harus  benar-benar mendengarkan calon pelanggan Anda, dan mengambil jawaban dengan hati menunjukkan bahwa Anda peduli. Calon pelanggan Anda ingin tahu bahwa Anda menghargai mereka, kebutuhan mereka dan pendapat mereka.

Dengan menjawab pertanyaan pelanggan Anda adalah cara terbaik untuk mendapatkan umpan balik dari klien Anda tentang bagaimana merek, produk, dan layanan Anda. Jawaban yang Anda terima dapat membantu Anda mempelajari dan memperbaiki hal-hal yang masih kurang dari usaha Anda untuk sukses di masa depan.

Oleh karena itu Anda diharuskan cepat dan tanggap dalam menjawab pertanyaan pelanggan Anda, karena jika Anda tidak menanggapi pertanyaan dengan cepat maka calon pembeli Anda mungkin telah membeli barang serupa dari penjual lain yang lebih cepat dalam merespon mereka.

Nah itulah informasi seputar cara jualan online untuk pemula. Bagaimana? apakah sudah mau mencoba untuk berjualan online? Kalau sudah mau, Anda bisa memulai berjualan melalui e-commerce seperti Blibli. Dengan berjualan di e-commerce Anda bisa langsung berjualan tanpa perlu repot menyiapkan dari awal. Semoga bermanfaat!

baca juga : Memahami Lebih Dekat Soal Peraturan Payment Terms Dalam Transaksi Bisnis