Syarat pembayaran (Payment terms) adalah kondisi atau mekanisme pembayaran yang merupakan bagian dari penjualan yang biasanya ditentukan oleh penjual kepada pembeli. Syarat pembayaran memberikan rincian yang jelas tentang pembayaran yang diharapkan pada penjualan.

Seringkali, syarat pembayaran disertakan pada faktur untuk menentukan berapa lama waktu yang dimiliki pembeli untuk melakukan pembayaran atas pembelian tersebut.

PaperPay Out

Mengapa syarat pembayaran (Payment terms) penting?

Ketentuan atau syarat pembayaran (Payment terms) dinilai sangat penting karena dengan syarat pembayaran Anda akan dapat mengetahui berapa banyak uang yang akan masuk ke akun Anda, dan kapan, sangat penting untuk proyeksi arus kas yang akurat.

Proyeksi arus kas yang akurat membantu Anda merencanakan pajak, menjaga bisnis Anda berjalan lancar, dan mengelola pertumbuhannya. Faktur yang jelas dan profesional dapat membantu Anda memastikan bahwa klien membayar tepat waktu.

Bagaimana ketentuan pembayaran (Payment terms) ditentukan?

Pada umumnya hampir setiap bisnis memiliki persyaratan pembayaran mereka sendiri. Misalnya, Net 15, Net 30, dan Net 60 yang merupakan suatu kondisi untuk menerangkan bahwa Net 15 berarti pelanggan harus membayar dalam waktu 15 hari.

Jika persyaratannya Net 30, maka pelanggan memiliki waktu 30 hari untuk membayar dan seterusnya. Anda mungkin menemukan bahwa klien lebih menyukai jangka waktu pembayaran yang lebih lama dan mencoba bernegosiasi, misalnya, meminta Net 60 daripada Net 15 saat pembuatan kontrak Anda.

Selain ditujukan untuk menentukan waktu jatuh tempo pembayaran, syarat pembayaran dapat mencakup elemen lain dari penjualan seperti diskon untuk pembayaran lebih awal.

Ada banyak alasan untuk menawarkan diskon, tetapi beberapa bisnis memilih untuk menggunakan diskon pada pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo sebagai insentif bagi pelanggan yang telah melakukan pembayaran lebih awal atau lebih cepat.

Adapun yang menjadi motivasi utama penjual untuk menawarkan syarat pembayaran yang mencakup diskon untuk pembayaran lebih awal adalah karena bisnis membutuhkan pembayaran lebih cepat dan lebih memilih untuk tidak menunggu hingga 30 hari untuk mendapatkan uang tunai.

baca juga : Contoh Proposal Usaha Makanan Yang Mudah Dibuat

Di mana harus menyertakan ketentuan pembayaran (Payment terms) pada faktur

Saat Anda membuat faktur, menyertakan persyaratan pembayaran (Payment terms) Anda pada faktur itu sendiri akan sangat membantu Anda untuk dapat memastikan bahwa persyaratan yang telah dibahas sebelumnya diuraikan dengan jelas ketika tiba saatnya waktu pembayaran.

Jika Anda bekerja dengan template faktur Word atau Excel, Anda sering dapat mencoba mencari tempat untuk memasukkan informasi ini, tetapi pastikan bahwa itu tidak mempengaruhi keseluruhan tata letak faktur Anda atau ini dapat mempengaruhi tingkat profesionalisme Anda.

Namun, jika Anda bekerja dengan perangkat lunak seperti halnya faktur online tentunya akan ada bagian khusus untuk informasi seperti catatan yang ditujukan untuk pelanggan, serta syarat pembayaran (Payment terms). Bahkan dimungkinkan untuk menyertakan pesan-pesan ini secara default sehingga tidak perlu mengetiknya setiap kali.

Cara meningkatkan persyaratan pembayaran (Payment terms) Anda

Memiliki persyaratan pembayaran sangat membantu dalam memformalkan pembayaran dan kondisi kredit Anda untuk pelanggan yang membayar, Namun sebaiknya Anda juga perlu meningkatkan persyaratan pembayaran Anda seperti:

  • Gunakan faktur online untuk mempercepat pembayaran 

Sebagian besar platform akuntansi cloud modern juga menyertakan faktur online yang memungkinkan Anda dengan cepat mengirim faktur melalui email langsung ke tim keuangan pelanggan Anda dan mempercepat proses pembayaran.

  • Permudah pembayaran Anda

Menggunakan gateway pembayaran modern terbaru dan teknologi pembayaran akan memberi pelanggan Anda lebih banyak cara untuk menyelesaikan tagihan mereka. Seperti halnya pembayaran virtual dan credit card.

baca juga : Kenapa Dokumen Bisnis Penting untuk Disertakan e-materai

Daniel Nugraha