Usaha Modal Kecil Yang Mudah Dijalankan dan Potensi Untung Besar

Usaha modal kecil – Semua orang tahu kalau memulai sebuah usaha tentu membutuhkan modal dan tekad yang besar. Karena itu, setiap orang cenderung tidak berani untuk memulai usaha mereka. Padahal, sudah banyak usaha yang bisa dimulai dengan hanya modal yang kecil.

Berkat kemajuan teknologi dan internet yang semakin mudah dijangkau oleh banyak orang, setiap orang berpeluang untuk membangun usaha dengan modal yang kecil. Hal ini turut dilihat lewat pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Menurut Kominfo, jumlah UMKM di Indonesia telah mencapai 59,2 juta. Angka ini diprediksi akan terus bertambah mengingat peluang untuk membangun usaha sendiri semakin besar berkat keberadaan e-commerce serta sosmed.

Jika Anda ingin memulai usaha sendiri tapi hanya memiliki modal yang minim, hal ini tidak akan menghambat Anda. Sekarang, ada banyak usaha modal kecil yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Berikut ini, kami sajikan 3 usaha modal kecil yang mudah dijalankan. Bisa dari rumah Anda dan berpotensi untuk mendatangkan keuntungan yang besar.

Bisnis Jasa Artikel/Penerjemahan/Desain

Mau usaha modal kecil yang cepat mendapatkan untung? Jasa freelance penulisan artikel/penerjemahan/desain grafis bisa menjadi salah satu jalan termudah yang Anda lakukan. Berbekal skill yang Anda miliki, Anda bisa mendapatkan banyak uang hanya dari rumah saja.

Di tahun 2020, jumlah freelancer dari seluruh dunia dikabarkan akan naik karena pendapatan yang bisa melebihi pekerja konvensional serta jam kerja yang lebih bebas. Untuk itu, banyak orang mulai beralih untuk menekuni dunia kerja lepas.

Baca juga: 3 usaha rumahan yang patut dicoba 2020

Bagaimana cara untuk memulai menjadi pekerja freelance? Pertama, buatlah portfolio dan CV menarik yang bisa diunggah di situs-situs khusus freelance seperti sribulancer, projects.go.id, dan situs freelance lainnya.

Di awal, Anda harus gencar mencari calon klien dengan memberikan penawaran terkait pekerjaan Anda. Semakin lama, Anda akan semakin dikenal berkat pekerjaan Anda. Karena itu, pertahankan konsistensi yang baik sehingga usaha Anda akan naik dan dikenal banyak orang.

Bisnis afiliasi

Pernahkah Anda mendengar model bisnis afiliasi? Bisnis afiliasi merupakan sebuah model bisnis dimana Anda akan memasarkan produk orang lain dan keuntungan yang didapat berdasarkan kesepakatan masing-masing pihak.

Cara ini tidak menuntut Anda harus memiliki modal yang besar. Anda hanya membutuhkan sosial media sebagai wadah pemasaran serta kreativitas Anda dalam memasarkan produk. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk.

Bisnis jualan jajanan tradisional

Kue-kue tradisional selalu mendapatkan tempat di hati orang-orang Indonesia. Karena itu, kue-kue tradisional tidak lekang oleh waktu dan modernitas yang memunculkan kue-kue luar negeri yang turut dijual di mall-mall atau online.

Baca juga: Contoh bisnis makanan sederhana yang mudah untuk dijalankan 

Jajanan tradisional bisa menjadi salah satu ide cemerlang yang Anda wujudkan sebagai ide bisnis. Ada 2 cara untuk menjualnya, pertama Anda bisa menjualnya secara online dan kedua, Anda bisa menjualnya secara online melalui e-commerce atau sosmed.

Bisa dipastikan usaha modal kecil ini hanya membutuhkan modal yang kecil dan berpotensi mendatangkan untung yang besar. Jajanan tradisional biasanya dibutuhkan untuk acara-acara atau santapan orang-orang setiap hari. Jadi, Anda tidak perlu takut kalau dagangan Anda tidak laku.

Siapkah Anda memulai bisnis Anda sendiri?

Pilihan telah tersedia, saatnya Anda memilih tipe usaha modal kecil yang tepat untuk diri Anda. Jika Anda punya keahlian seperti membuat web/menulis artikel/desain, membuat jasa sesuai skill Anda menjadi pilihan yang tepat.

Tertarik untuk membuat online shop sendiri? Anda bisa melakukannya dengan menyetok barang-barang serta menjualnya via e-commerce atau secara online lewat sosmed. Semua ada jalannya tergantung cara kita dalam melakukannya.

Jika ada masalah muncul, jangan putus asa dan lakukan yang terbaik demi usaha Anda. Apa saja masalah yang sering dihadapi? Salah satu masalah yang kerap muncul adalah arus kas yang macet akibat pembayaran yang telat dari klien.

Meski terkesan simpel, hal ini bisa mengakibatkan masalah yang besar jika tidak diatasi dengan cepat. Masalah ini bisa teratasi dengan mudah lewat layanan Paper Finance Solution (PFS) dari Paper.id. PFS adalah solusi modal usaha UMKM berbasis invoice untuk penanganan pembayaran invoice yang melebihi jangka waktu yang telah ditentukan.

PFS memberikan modal usaha yang transparan dengan proses pencairan yang cepat dan tidak ribet. Ada 2 pilihan yang tersedia antara pilihan konvensional dan Syariah. Atasi arus kas yang macet dengan Paper Finance Solution. Penasaran soal PFS? Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut atau langsung klik  bawah untuk mengajukan pinjaman.

(Visited 628 times, 1 visits today)