Sebuah perusahaan yang baik perlu membuat bisnis plan sebagai acuan mereka dalam menjalankan usaha. Dengan begitu, para pengusaha bisa menjalankan usaha dengan baik tanpa keluar jalur sama sekali.

Bisnis plan berisi tentang informasi mengenai latar belakang, tujuan serta deskripsi produk. Meski terlihat sulit, membuat bisnis plan sangat gampang. Kali ini, Paper.id akan membagikan informasi seputar contoh bisnis plan makanan yang mudah dibuat dan dijalankan oleh semua orang.

Apa itu bisnis plan?

Banyak dari kalian yang tentunya masih bingung mengenai apa itu bisnis plan? Secara umum, bisnis plan adalah sebuah dokumen yang berisi tentang hal-hal mendasar dari sebuah bisnis/perusahaan. Hal itu akan menjadi panduan bagi pemilik bisnis untuk menjalankan bisnisnya. Terus, apa saja isi dari plan tersebut? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengeceknya di bawah. 

Isi dari contoh bisnis plan makanan

Sebelum beralih ke contoh bisnis plan makanan, Anda perlu mengetahui isi dari bisnis plan tersebut. Dalam bisnis plan, pengusaha wajib mengisi:

  • Identitas perusahaan
  • Visi dan misi perusahaan
  • Deskripsi usaha
  • Tujuan dan detail produksi

Dengan memiliki bisnis plan, pengusaha bisa memiliki tolok ukur dalam memproduksi produk yang mereka miliki. Selain itu, bisnis plan juga berguna ketika pengusaha ingin mencari calon investor bagi usahanya.

Baca juga: Contoh proposal usaha yang mudah dibuat

Bisnis plan sangat penting untuk dimiliki oleh setiap unit usaha. Terlepas dari besar atau kecilnya skala usaha yang dimiliki, sang pemilik usaha perlu membuatnya agar membantunya dalam menentukan langkah yang akan dilakukan saat ia membangun sebuah usaha.

Cara membuat bisnis plan makanan

Setelah mengetahui isi dari bisnis plan, sudah saatnya Anda membuat rencana tersebut. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dengan partner bisnis Anda seperti: 

  1. Carilah keunikan dari produk yang Anda jual. Dengan begitu, Anda bisa menemukan USP (Unique Selling Product) untuk produk Anda.
  2. Tentukan visi & misi dari bisnis Anda. Hal ini mendukung Anda agar bisa melakukan bisnis dengan lancar.
  3. Lakukan riset pasar terhadap kompetitor atau keadaan yang ada. Dengan begitu, Anda tahu soal produk dari yang akan Anda jual dan target pasar yang diinginkan.
  4. Setelah itu, buat persiapan terhadap produk yang diinginkan mulai dari kemasan produk, produk yang dijual, tempat jualan, dan lainnya.
  5. Lakukan strategi pemasaran untuk memastikan agar produk yang Anda lakukan bisa dipromosikan dengan baik. 

Contoh bisnis plan makanan yang mudah dibuat

Setelah membaca uraian diatas, kita akan beralih ke contoh pembuatan bisnis plan. Bisnis plan berikut merupakan contoh bisnis plan makanan dari perusahaan PT. Snack Gokil Indonesia. Perusahaan ini memproduksi bahan makanan kripik kentang. Cek dibawah untuk melihat bisnis plan makanan.

Nama perusahaan: PT. Snack Gokil Indonesia

Jenis usaha: makanan ringan

Alamat usaha: Jl Jaksa Agung Suprapto 2 No.39 Malang, Jawa Timur

Visi perusahaan: Menyajikan snack yang sehat dan enak dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia

Baca juga: Bisnis makanan 2020, ini tren makanan yang harus diketahui pengusaha

Misi perusahaan:

Menghasilkan produk yang berkualitas dari bahan-bahan yang higienis dengan penyajian yang modern demi kepuasan konsumen.

Produk: Keripik Singkong Gokil

Deskripsi Produk: Produk olahan singkong berupa kripik yang dikemas dengan bungkus plastik dan olahan bumbu bermacam-macam.

Target produk: anak-anak, remaja, dan dewasa.

Keunggulan produk:

  • Kripik singkong merupakan jenis makanan yang disukai banyak orang
  • Biaya produksi yang murah dan berpotensi mendapatkan untung yang besar
  • Bahan olahan yang mudah dibuat

Demikian informasi mengenai bisnis plan makanan yang mudah untuk dibuat. Semoga informasi ini berguna untuk semuanya. Selain bisnis plan, Anda juga perlu mempersiapkan sistem penagihan yang baik terutama saat menagih customer Anda.

Seringkali, banyak orang yang merasa kesulitan saat menagih pelanggan, karena mereka tidak bisa bayar tepat waktu karena sering lupa. Untuk hal ini, Anda bisa mengandalkan Paper.id, platform invoicing dan pembayaran bisnis no.1 di Indonesia.

Anda bisa buat & kirim invoice digital secara gratis, lebih hemat 100% karena tidak perlu lagi pakai kurir. Selain itu, ada pengatur digital otomatis yang bisa Anda atur semau Anda. Paper.id akan membantu Anda mengingatkan pelanggan lewat email yang dikirim otomatis sesuai waktu yang diinginkan. Penagihan jadi lebih praktis, dan Anda tidak perlu repot-repot mengingatkan pelanggan.

Selain itu, semua fitur terintegrasi terutama dengan pembayaran. Dengan begitu, invoice yang ada bisa dibayar langsung dengan berbagai metode. Mau kartu kredit, OVO, transfer bank, marketplace, semuanya bisa! Semua keuntungan bisa Anda gunakan dengan gratis, klik tombol di bawah untuk daftar gratis sekarang!