Bayar tagihan ke supplier tentunya bukan hal yang selalu mudah dilakukan. Lika-liku bisnis kadang membuat bayar tagihan lebih menantang dari yang dipikirkan, bahkan tak jarang juga jadi lewat dari jatuh tempo, ‘kan? Nah, pada situasi ini, apa yang harus dilakukan? Pertama, tenang dulu. Jika kamu sedang mengalami permasalahan tersebut, beberapa tips bayar tagihan jatuh tempo yang akan dibagikan di bawah ini sangat layak untuk kamu simak dan aplikasikan.

Yuk, simak selengkapnya!

Baca Juga: Apa Yang Terjadi Bila Pembayaran Transaksi Bisnis Terlambat?

Tips Bayar Tagihan Jatuh Tempo

perempuan mengaplikasikan tips bayar tagihan jatuh tempo

Kalau sudah terlambat bayar, bagaimana menyikapinya sebagai customer? Tentu saja, solusi yang paling tepat dan sederhana adalah membayar tagihan sesegera mungkin. Akan tetapi, sebaiknya tidak dilakukan begitu saja. Ada beberapa etika dan tips bayar tagihan jatuh tempo yang bagus untuk diterapkan. Berikut adalah tips-tipsnya.

1. Menghubungi duluan

Kalau kamu tahu atau merasa akan terlambat bayar tagihan, jangan menunggu hingga ditagih oleh supplier. Menurut Investopedia, ada baiknya kamu lebih dulu menghubunginya dan menyampaikan kendala yang dialami. Dengan adanya komunikasi ini, supplier jadi bisa memahami kesulitanmu dan mungkin saja memberikan tempo yang lebih lama.

2. Jangan membuat-buat alasan yang tidak masuk akal

Bagus jika kamu sudah bisa memberanikan diri untuk menghubungi duluan. Namun, tips bayar tagihan jatuh tempo yang berikut ini jangan dilupakan juga.

Perlu dicatat saat menginformasikan tentang keterlambatan, kamu tak perlu membuat alasan yang bukan kejadian sebenarnya. Pasalnya, supplier kemungkinan sudah berpengalaman cukup lama dan mengalami ini beberapa kali. Apa pun alasanmu, biasanya supplier sudah bisa mengatasinya. 

Sebagai contoh, misalnya kamu memang belum bisa membayar karena memang belum memiliki uangnya. Akan tetapi, kamu malah beralasan dengan bilang belum bayar karena belum menerima invoice. Dengan alasan ini, supplier bisa segera mengirim kembali invoice dalam waktu dekat dan menagihmu, mungkin ketika kamu belum bisa melakukan pembayaran sesuai kesepakatan. 

Daripada pusing mencari-cari alasan, pastinya lebih baik jujur dan sama-sama mencari solusi yang baik untuk dua belah pihak.

3. Jaga etika negosiasi 

Dalam bernegosiasi, pastikan kamu tetap kooperatif dan menjaga etika-etika baik. Jika kamu berkomunikasi dengan baik dan membuat perbincangan mengalir baik dan menyenangkan, bukan tidak mungkin supplier akan memberimu keringanan. Sebaliknya, kalau kamu sudah ngotot duluan dan bersikap baik, sudah pasti pihak lawan jadi merasa tidak dihargai. Situasi ini justru akan membuatmu semakin pusing, bukan?

4. Tawarkan opsi cicil berkala

Jika sulit untuk melunasi dalam sekali bayar, tips bayar tagihan jatuh tempo ini bisa memberimu sedikit kemudahan.

Cobalah untuk meminta keringanan dengan membayar sedikit demi sedikit atau dicicil. Besar cicilan bisa didiskusikan dengan supplier, karena masing-masing pasti memiliki kebijakan yang berbeda.

Pastikan kesepakatan cicilan pembayaran ini tidak kembali memberatkanmu dan dirasa mampu kamu selesaikan tepat waktu, ya.

5. Tunjukkan kesungguhan untuk membayar

Meskipun misalnya kamu sudah diberikan keringanan, bukan berarti jadi bisa bersantai-santai, ya. Tetap jagalah komunikasi dari waktu ke waktu untuk memberi tahu bahwa kamu sedang mengusahakan pembayaran. Dengan begitu, supplier juga jadi yakin bahwa kamu akan memenuhi perjanjian pada waktu yang sudah disepakati.

6. Evaluasi cashflow

Kalau kamu sudah beberapa kali kesulitan membayar tagihan sampai lewat jatuh tempo, ada baiknya segera mengevaluasi cash flow secepat mungkin. Saat melakukan evaluasi, mungkin kamu akan mendapati ada bagian dari operasi atau perencanaan yang kurang efektif, sehingga membuat alur kas jadi macet setiap bulannya.

Seperti yang disampaikan Duesday, cashflow sering menjadi masalah yang sering dihadapi pebisnis, khususnya untuk bisnis kecil dan menengah. Biasanya, ini terjadi karena cashflow management yang kurang baik.

Untuk bisa menganalisis cashflow bisnis, cobalah dengan mencontoh tabel berikut ini:

contoh forecast cash flow tips bayar tagihan jatuh tempo

Source: Shopify.com

Tergantung dari kasus yang ditemui, cobalah untuk membuat rencana mitigasi sehingga tidak terulang di bulan-bulan ke depannya. Dengan begitu, kamu akan bisa selalu menepati pembayaran tagihan tepat waktu.

Baca Juga: Pengiriman Bahan Baku Telat Dikirim Saat Libur Lebaran? Atasi dengan Cara Ini!

Nah, itulah dia beberapa tips bayar tagihan jatuh tempo, agar kamu bisa mendapat win-win solution dengan supplier dan menjaga hubungan baik demi kelancaran bisnis ke depannya. Nantinya, agar proses invoicing lebih lancar dan tercatat dengan baik, kamu bisa coba gunakan Paper.id.

Selain proses invoicing sudah pasti lebih cepat dan antiribet tanpa harus menggunakan kertas, kamu juga bisa memastikan invoice diterima tepat waktu. Cukup dari satu platform saja, kamu bisa memantau invoice-invoice sehingga tidak pusing lagi mengerjakannya secara manual.

Ketika mau bayar, kamu tinggal menggunakan fitur PaperPay Out, di mana ada berbagai opsi pembayaran digital, seperti Virtual Account, Tokopedia, atau kartu kredit. Hanya perlu satu klik, semua pembayaran bisa beres. Jadi, tak ada alasan lagi untuk terlambat setelah memahami tips bayar invoice jatuh tempo dari Paper.id, ya!

Yuk, segera daftarkan bisnismu ke Paper.id dengan klik tombol di bawah ini, atau download aplikasinya untuk Android lewat Play Store sekarang!

Nadiyah Rahmalia