Punya produk yang bagus dan strategi marketing jitu bukan penentu bisnis yang sukses, karena customer service juga sangat menentukan. Kamu sudah pasti menawarkan produk pada customer atau calon pembeli, oleh karena itu hubungan bisnismu dengan mereka juga merupakan aspek penting yang tak boleh dilupakan.

Jangankan bisnis kecil, bisnis besar yang sudah tersebar di seluruh dunia saja masih sangat memprioritaskan layanan mereka pada customer sehingga jadi perusahaan-perusahaan yang dicintai pelanggan dan selalu jadi pilihan.

Ini berlaku bukan hanya bagi perusahaan yang bergerak secara B2C (business-to-consumer) saja, lho. Perusahaan B2B juga akan sama diuntungkannya jika menerapkan strategi serupa.

Oleh karena itu, di Hari Pelanggan Nasional setiap 4 September, ada baiknya kita mengevaluasi lagi strategi pelayanan terhadap pembeli. 

Pada kesempatan ini, mari belajar bagaimana cara unik brand-brand besar mestrategi customer service mereka!

10 Perusahaan dengan Customer Service Terbaik

1. Apple

Salah satu hal yang membuat layanan Apple terhadap customer sangat baik adalah lewat media sosialnya. Di media sosial, Apple sangat responsif dan membantu, bahkan untuk masalah kecil sekalipun. Mereka menggunakan gaya berkomunikasi yang ramah dan menunjukkan bahwa mereka selalu siap untuk menyelesaikan masalahmu.

Fokus Apple adalah mengurangi rasa cemas saat terjadi masalah pada produk. Dengan begitu, customer dan calon pembeli jadi tidak ragu lagi untuk menggunakan produk Apple.

2. ACE Hardware

Seperti yang kita ketahui, ACE Hardware punya produk perkakas dan home living yang sangat lengkap. Hal ini bisa jadi positif, namun juga negatif jika tidak disertai dengan strategi yang dilakukan oleh perusahaan ini. 

Kalau sebuah toko punya produk yang banyak, pengunjung bisa saja kebingungan dan jadi tidak nyaman berbelanja. Namun, ACE Hardware memastikan hal ini tidak terjadi. 

Caranya adalah dengan melatih karyawan-karyawan yang selalu sigap membantu dan berinisiatif dalam memberikan arahan dan menjelaskan produk secara detail sesuai kebutuhan. Sehingga, customer yang datang tidak kebingungan. Karyawan pun diberikan pelatihan khusus sebelum terjun ke toko agar paham semua hal terkait dengan perkakas rumah yang balik fungsi dan kesesuaian di tiap lokasi.

Dengan begitu, mereka bisa memastikan bahwa setiap orang yang datang bisa menemukan apa yang mereka cari. Inilah customer service unggul yang diberikan oleh ACE Hardware sampai bisa bertahan hingga puluhan tahun.

3. PT MRT Jakarta

kereta mrt jakarta

Source: Wikimedia.org

Melansir dari laman resmi PT MRT Jakarta, ada lima strategi unggul yang digunakan perusahaan ini sehingga memenangkan penghargaan Indonesia Customer Service Champion 2021, yaitu:

On site management: Dilakukan dengan implementasi Protokol Bangkit untuk memastikan MRT Jakarta bersih, nyaman dengan tata kelola yang baik, dan aman bagi semua. 

Cashless management: Pembayaran di MRT Jakarta dilakukan secara cashless dengan QR code dan e-money.

Customer relationship management: Pemahaman kebutuhan dan keinginan customer lewat data, analisis perilaku, dan data pelengkap lainnya.

Terhubung transportasi publik lainnya: MRT terhubung dengan Transjakarta, KRL, dan LRT untuk integrasi penumpang.

4. BCA

Pertama, BCA memastikan semua customer-nya merasakan pelayanan terbaik dari segala aspek, bukan hanya dalam layanan finansialnya saja. Sebagai contoh, kamu pasti pernah mendengar pujian tentang ramahnya Satpam BCA di seluruh cabang yang ramai diperbincangkan di media sosial.

Pelayanan BCA bisa dinikmati sama bagusnya oleh semua customer tanpa pandang bulu.

Kalau kamu datang ke cabang BCA pada jam-jam yang sangat sibuk, petugas customer service bahkan akan melayanimu di kursi tunggu sehingga urusanmu bisa selesai dengan cepat. 

Saat ini, banyak juga pelayanan BCA yang sudah bisa dilakukan mandiri dan terotomasi, contohnya pembukaan rekening dan pembuatan kartu baru. Jadi, kamu tak harus selalu repot-repot mengantre untuk urusan yang sederhana.

Baca Juga: Pahami Customer Lebih Baik Dengan Customer Segmentation

5. Telkom Indonesia

Sebagai penyedia layanan TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment, Services), komunikasi sebagai customer service kepada pelanggan menjadi fokus utama perusahaan BUMN yang satu ini. PT Telkom Indonesia menyediakan multichannel support, yaitu pelayanan yang bisa diakses oleh user dari channel yang bermacam-macam, mulai dari telepon, email, live chat, hingga media sosial. 

Pelanggan bisa lebih nyaman menyampaikan keluhannya lewat cara yang paling disukainya.

Layanan dan solusi yang diberikan oleh Telkom juga lebih terpersonalisasi sehingga sesuai dengan masing-masing orang dan terasa pas.

Belum lagi, dari sisi produk sendiri, Telkom sangat cepat untuk melakukan peningkatan dan perbaikan. Ini pun merupakan salah satu upaya pelayanan terbaik yang diberikan pada para penggunanya.

6. Tokopedia

customer service tokopedia care

Source: Good News From Indonesia

Customer service level tinggi yang diberikan oleh Tokopedia lewat Tokopedia Care sudah tak diragukan lagi. Telah memenangkan penghargaan dari Contact Center World Awards 2022 yang bergengsi, Tokopedia bukan hanya menerima satu penghargaan saja, tetapi 10 sekaligus. 

Dengan Tokopedia Care yaitu pusat layanan konsumen Tokopedia, perusahaan e-commerce ini berupaya selalu menyelesaikan masalah seluruh penggunanya baik penjual maupun pembeli. 

Menurut Rudy Dalimunthe, SVP of Sales, Operations, and Product dari Tokopedia, layanan ini memastikan pelanggan merasa puas, dibantu, dan mendapatkan pengalaman terbaik dari Tokopedia. Akhirnya, pelanggan bisa terus percaya, menggunakan, dan bahkan mempromosikan Tokopedia.

7. Starbucks

Mulai dari tahun 2008, Starbucks meluncurkan “My Starbucks Idea” di AS. Di ratusan cabangnya pada waktu itu, Starbucks memberikan kotak saran yang bisa diisi siapa pun. 

Ternyata, isinya bukan cuma keluhan, tetapi juga ide-ide dari customer. Dari kotak saran ini, Starbucks mampu mengembangkan rasa yang disukai bannyak orang, yaitu Hazelnut Macchiato. Setiap masukan yang diterima kemudian diolah dengan baik, sehingga pelayanan Starbucks terus berkembang hingga seperti sekarang.

Strategi customer service lainnya adalah dengan branded merchandise, contohnya adalah tumbler dengan logonya yang memberikan kesan eksklusif. Terkait dengan itu, di Starbucks, kamu juga bisa mendapatkan minuman dengan harga lebih murah jika membawa tumbler khususnya di Tumbler Day. Bagi customer, ini tentu sangat menarik dan rewarding.

Saking bagusnya, Happy Fox menyampaikan bahwa rata-rata satu orang bisa kembali ke Starbucks hingga 6-16 kali dalam sebulan, lho.

8. Ritz Carlton Hotel

Perusahaan yang bergerak di bidang hospitality sudah pasti harus punya pelayanan terbaik bagi customer-nya. 

Menurut CRM.org, Ritz Carlton punya filosofi tersendiri, yaitu “Gold Standards” yang sukses diimplementasikan ke seluruh cabangnya.

Dalam filosofi ini, seluruh karyawan Ritz Carlton diwajibkan melayani customer dan rekan kerjanya dengan bermartabat. 

Hal ini terefleksikan ke semua pelayanan yang diterima setiap pengunjung hotel. Sebagai contoh, saat kamu melangkahkan kaki ke hotel Ritz Carlton, dijamin kamu akan disapa dengan ramah dan mendapatkan welcome drink. Agar tak bosan menunggu, kamu dapat memperoleh akses ke beberapa area khusus. Soal kenyamanan, tak perlu diragukan lagi, karena fasilitas yang ditawarkan adalah salah satu yang terbaik.

Meski harga menginap yang ditawarkan cukup mahal, customer tahu bahwa mereka akan merasa puas dan mendapatkan pelayanan maksimal sesuai dengan kebutuhannya. Makanya, Ritz Carlton adalah salah satu bisnis hotel yang paling sukses di industrinya saat ini.

Poin yang bisa diambil pelajarannya dari Ritz Carlton adalah mendengarkan pelanggan dan menyediakan apa yang dibutuhkan sesuai dengan produkmu.

Baca Juga: Membangun Kepercayaan Customer Melalui Penggunaan Kartu Kredit Bisnis

9. IKEA

toko ikea

Source: estaticos.elcolombiano.com

IKEA memberikan pelayanan lebih dari sekadar toko furnitur saja. Tanpa disadari, experience atau pengalaman belanja yang diberikan juga merupakan salah satu bentuk customer service yang unik.

Saat belanja di IKEA, kamu pasti merasa nyaman dan tertarik untuk terus menyusuri lorong-lorongnya dan melihat produk-produk yang ada. Terlebih lagi, IKEA juga menyediakan tempat makan untuk pengunjung yang lelah dan ingin bersantap, baik ringan maupun berat.

Belanja furnitur tidak lagi membosankan, tetapi jadi menyenangkan. Pastinya, pelayanan karyawan IKEA di toko juga sangat baik dan membantu.

10. LG

Pernah dengar orang menyarankanmu untuk beli elektronik rumah tangga bermerek LG saja karena merupakan yang terbaik? Ini bukan saja hasil jerih payah pengembangan produk yang berkualitas, tetapi juga customer service yang berjalan berbarengan. 

Dengan slogannya yaitu “Life’s Good”, LG mengembangkan inovasi produk dan layanan yang berfokus pada para penggunanya. Perusahaan ini selalu berusaha memahami keunikan dan keragaman kendala yang dihadapi orang-orang setiap harinya dan memberikan solusi terhadap hal itu. Bukan hanya menyelesaikan masalah, LG juga berusaha meningkatkan kualitas hidup penggunanya dengan teknologi yang terus berkembang.

Jika terdapat kendala produk, LG selalu siap dengan Call Center Service-nya yang bisa dihubungi kapan saja. Bahkan, LG juga berinisiatif menghubungi customer mereka untuk memahami keluhan atau kendala yang mungkin ada dan mempelajari kebutuhan mereka. Maka, tak heran jika perusahaan ini sering kali memenangkan Contact Center Service Excellence Award.

Nah, itulah 10 perusahaan dengan customer service terbaik yang dicintai oleh para customer-nya.

Meski mereka perusahaan B2C, tentu sangat banyak yang bisa dipelajari dan diaplikasikan untuk bisnismu yang B2B.

Sebagai kisi-kisi, salah satu hal yang bisa kamu lakukan sebagai bisnis B2B adalah dengan memberikan customer service lewat opsi pembayaran yang fleksibel.

Lewat Paper.id, kamu bisa memberikan opsi pembayaran dengan virtual account, transfer bank, maupun kartu kredit sekalipun. Caranya juga sangat mudah dan bisa diselesaikan secara online

Yuk, daftarkan perusahaanmu ke Paper.id sekarang!

 

Nadiyah Rahmalia