Bersama Paper.id, LEKA di usia belia bisnisnya sudah mampu meningkatkan omzet hingga 10x lipat dalam 6 bulan. Kenali LEKA dan bagaimana Paper.id menjadi solusi bisnisnya sekarang!

Mengenal LEKA, Kuat Bersama Reseller dan Customer

Dimulai sendiri oleh Selina Nicole sebagai pendiri, dalam 4 tahun saja, LEKA kini punya 2 kantor yang berlokasi di Grogol dan Cengkareng dengan total karyawan hampir 60 orang.

Siapa yang sangka, seorang Selina yang berusia belia mampu mengembangkan bisnisnya secara cepat, terlebih lagi bisnis LEKA dimulai ketika Covid-19 melanda pada tahun 2020, di mana pada waktu itu justru banyak bisnis yang tidak survive dan harus gulung tikar.

Kala itu Selina baru saja lulus kuliah dan awalnya berekspektasi untuk menjadi karyawan seperti orang pada umumnya saja. Di situasi yang penuh kekhawatiran dan perusahaan menyetop perekrutan karyawan baru, Selina akhirnya memutuskan untuk mencari perspektif baru daripada menunggu panggilan kerja yang tidak pasti akan datang. Ia memutuskan untuk berani menjadi seorang pengusaha, berangkat dengan melihat kesempatan di bidang kesehatan yang tinggi kebutuhannya di masyarakat.

LEKA adalah brand bisnis yang menjual alat-alat pendukung kesehatan, seperti air purifier, dehumidifier, UV sterilizer, dan lain-lain yang kala itu paling dibutuhkan saat COVID-19. Awalnya direncanakan sebagai short-term project saja, ternyata bisnis ini terus berkembang sehingga dilanjutkan sampai sekarang. 

LEKA mengambil inspirasi dari nama Yunani yang berarti pelindung, bisnis ini berharap produk-produknya yang bergerak di bidang kesehatan bisa menjaga kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya kala itu ketika banyak yang punya kekhawatiran di tengah maraknya pandemi.

Bisnis LEKA paling banyak mengandalkan channel penjualan online hingga 90%, namun saat ini sudah makin banyak merambah secara offline juga dan memiliki ratusan reseller di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan masih banyak lagi.

Produk pendukung kesehatan memang sudah banyak, termasuk dari brand-brand besar global. Namun, LEKA punya kekuatan di kancah lokal, di mana produk-produknya selalu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan penggunanya. LEKA selalu mendengarkan keluhan dan keinginan dari para customer dan merancang produk yang dapat menjadi solusi. Produk internasional belum tentu mampu menawarkan kelebihan tersebut, sehingga LEKA kini punya banyak pelanggan yang setia. Potensi ini jugalah yang dipercayai oleh begitu banyak reseller-nya.

Baca Juga: Paper.id Menjadi Jawaban Terbaik atas Tantangan Cash Flow Three Folks

Simplifikasi Proses Order, Solusi Pembayaran bagi Reseller

Tentu, tidak ada bisnis yang berjalan mulus begitu saja. Seiring berkembangnya bisnis LEKA, apalagi dengan jumlah reseller yang semakin banyak, kerumitan operasional pun meningkat. Inilah beberapa masalah utama yang dihadapi:

Kemudahan reseller mengelola keuangan untuk pembelian produk LEKA

Awalnya, LEKA menjual produk-produknya langsung kepada konsumen saja. Namun, akhirnya bisnis ini mencoba channel baru, yaitu dengan membuka reseller. Hal ini punya tantangan sendiri, karena kualitas produk LEKA yang tinggi, harganya pun menyesuaikan dengan kualitas yang ditawarkan ini. Sebab itu, kadang menantang bagi reseller untuk melunasi pembayaran untuk pembelian di muka. Selain itu, pembelian dalam nominal yang besar pun bisa cukup berat bagi cash flow reseller. Selina memahami masalah ini dan justru membantu cari cara agar para ada solusi untuk menjaga cash flow reseller tetap aman meski melakukan pembelian produk-produk LEKA.

Akhirnya, LEKA memutuskan untuk menggunakan Paper.id yang memungkinkan pembayaran dengan kartu kredit. 

Karena kemudahan ini, justru LEKA bisa memberikan benefit atau keunggulan dibanding brand lain yang hanya menerima pembayaran di muka. Produknya mungkin memang lebih mahal, namun dengan kemudahan pembayaran dengan kartu kredit ini, jadi lebih banyak reseller yang ingin jadi reseller dan terus aktif melakukan pembelian dari LEKA. Inilah salah satu cara leka memenangkan pasar yang cukup kompetitif.

“Sebelum menggunakan Paper.id, LEKA punya 120 reseller saja. Namun, sekarang bertumbuh jadi 420 reseller dalam 6 bulan,” tuturnya kembali. Multiplikasi jumlah reseller yang fantastis inilah yang mendulang omzet LEKA hingga bertumbuh 10x lipat.

Baca Juga: Rahasia Shafira Co. Hemat Biaya Puluhan Juta Rupiah dengan Paper.id

Pemangkasan flow order dengan PO Form Paper.id

Bagi reseller untuk memesan barang dari LEKA, mereka perlu memasukkan order yang nantinya diproses oleh pihak LEKA. Secara garis besar, prosesnya adalah seperti ini:

Seluruh proses ini bisa menghabiskan paling tidak 3 hari. Bisa lebih lama apalagi jika reseller telat atau menunda pembayaran. Begitu banyak waktu yang terbuang, bukan?

Proses yang paling tidak ada 8 langkah ini cukup rumit. Apalagi, hanya ada 12 orang finance yang mengelola hal ini. Belum lagi, LEKA juga berbagi 12 tenaga kerja tersebut dengan 5 perusahaan lainnya yang sama-sama tergabung dalam naungan PT Tissor Indonesia.

“Sekarang, proses rumit tersebut bisa dipangkas hanya jadi sekitar 3 proses saja, yaitu pemesanan produk dengan PO Form dari Paper.id yang otomatis terkonversi jadi invoice digital. Lalu, reseller tinggal menyelesaikan pembayaran dengan kartu kredit dan pihak LEKA bisa segera memproses orderannya,” jelas Selina kembali. “Paper.id sangat membantu dalam menghemat waktu untuk rekap pesanan, dari 3 hari menjadi sehari,” ia menambahkan. Artinya, LEKA mampu menghemat 60-70% waktu proses jadi lebih cepat.

Visi LEKA Selanjutnya

“LEKA ingin dikenal sebagai brand lokal secara nasional di seluruh Indonesia. Kami akan mewujudkannya dengan memperbanyak event dan toko agar bisa menjangkau lebih banyak customer,” sang founder menjelaskan dengan antusias, “Menghadapi ekspektasi perkembangan bisnis, financing pasti akan semakin kompleks lagi dengan banyak vendor. Harapannya, Paper.id bisa terus membantu LEKA dengan fitur-fiturnya yang solutif bagi bisnis.”

Ingin berkembang pesat dalam waktu singkat seperti LEKA? Yuk, gunakan juga Paper.id sekarang dan nikmati beragam solusi untuk tumbuhkan bisnismu sekarang!

Nadiyah Rahmalia