Produsen atau supplier makanan menjadi salah satu peran penting bagi bisnis Anda yang bergerak di bidang food and beverage. Tanpa mereka, Anda tidak bisa mendapatkan bahan yang nantinya akan digunakan untuk produk bisnis Anda. Oleh karena itu penting menjaga hubungan yang baik dengan produsen makanan / supplier bisnis Anda. 

Dengan menjaga hubungan baik, keberlangsungan bisnis Anda akan berjalan dengan lebih lancar dan berefek ke hal lain dan menerima banyak manfaat, seperti mendapatkan bahan baku yang berkualitas serta kemungkinan untuk mendapatkan harga terbaik dan tempo pembayaran lebih. 

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat serta bagaimana cara membangun hubungan baik dengan supplier untuk bisnis Anda. Simak selengkapnya dibawah ini. 

Baca Juga: Jenis Kemasan Makanan yang Pas untuk Usaha Anda

Manfaat menjaga hubungan baik dengan produsen makanan

Proses negosiasi lebih mudah

Tentu keuntungan ini akan memberikan keuntungan jangka panjang nantinya. Dengan hubungan yang baik dengan produsen makanan, maka akan timbul rasa percaya yang kuat. Kepercayaan ini penting agar supplier memprioritaskan bisnis Anda dan memastikan bahwa produk atau layanan yang dibutuhkan selalu tersedia tepat waktu dan terjaga kualitasnya. 

Selain itu, proses negosiasi bisa berjalan lebih mudah. Produsen makanan akan cenderung lebih mudah memberikan penawaran harga yang kompetitif serta tempo pembayaran yang lebih terukur. Nah, bisnis Anda akan makin untung & hubungan bisnis juga makin langgeng. 

Prioritas kualitas bahan baku

Bukan hanya itu saja, ada banyak hal positif lainnya, seperti bahan baku makanan yang segar, dimana ini penting untuk menjaga kualitas produk. Serta sharing knowledge terkait tren apa yang sedang terjadi sekaligus opportunity bisnis lainnya.

Sebagai contoh, plant-based foods yang sedang tren bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk mengeluarkan produk baru. Mereka juga akan memprioritaskan Anda lebih dulu untuk pengiriman agar menjaga kesegaran bahan yang dijaga serta rekomendasi beragam produk pilihan yang belum dipasarkan secara masif dan juga komitmen untuk supply produk tertentu khusus untuk Anda. 

Itulah mengapa penting untuk menjaga hubungan baik dengan supplier, karena dengan itu akan memberikan banyak keuntungan. Lalu bagaimana cara menjaga hubungan yang baik dengan supplier? 

Bagaimana cara menjaga hubungan baik dengan supplier

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menjaga hubungan yang baik dengan supplier:

  1. Komunikasi terbuka dan teratur: Menjaga saluran komunikasi agar tetap terbuka. Anda sebisa mungkin tetap teratur dalam berhubungan dengan supplier Anda, seperti melalui via telepon, email, atau pertemuan secara langsung secara regular. Anda bisa menyampaikan informasi yang relevan tentang kebutuhan bisnis Anda dll. Komunikasi yang efektif dan terbuka akan memperkuat pemahaman dan kepercayaan diantara kedua belah pihak. 
  2. Membayar tagihan tepat waktu: Pastikan Anda selalu membayar tagihan bisnis Anda secara tepat waktu dan sesuai kesepakatan. Jika ada keterlambatan dalam pembayaran, segera komunikasikan dengan supplier dan ceritakan kendala yang secara transparan . Menjaga keteraturan dalam pembayaran menunjukkan kredibilitas bisnis Anda dan tidak mengecewakan supplier Anda nantinya. 
  3. Menjalin hubungan secara personal: Luangkan waktu dengan mengenal supplier Anda secara personal. Saling mengenal secara personal lebih baik dapat memperkuat itakan antara Anda dan supplier. Anda bisa membahas topik non-bisnis seperti kegiatan diluar pekerjaan, minat pribadi, acara keluarga, dll. Ini akan menciptakan ikatan yang lebih kuat diantara kedua belah pihak. 
  4. Evaluasi kinerja secara berkala: Lakukan evaluasi kinerja supplier secara berkala untuk memastikan bahwa standar kualitas dan kebutuhan bisnis Anda terpenuhi. Diskusikan hasil evaluasi dengan supplier dan cari cara untuk meningkatkan kerjasama di masa depan. Evaluasi yang teratur akan membantu memperkuat hubungan kerja dan mengidentifikasi peluang perbaikan.

Baca Juga: 5 Jenis Perusahaan yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia

Bayar tagihan supplier dengan Mudah

Menjaga hubungan yang baik dengan supplier adalah langkah strategis yang penting untuk kesuksesan bisnis jangka panjang. Dengan membangun hubungan yang kuat, Anda dapat memastikan kontinuitas pasokan yang handal, mendapatkan harga yang kompetitif, mendorong inovasi dan kualitas yang lebih baik, serta memperoleh respon yang cepat dalam situasi darurat. 

Oleh karena itu, berinvestasi dalam menjaga hubungan dengan supplier adalah keputusan yang bijak dan strategis bagi kesuksesan bisnis Anda.

Salah satu caranya seperti yang sudah disebutkan diatas, adalah membayar tagihan supplier dengan tepat waktu. Nah untuk mempermudah Anda membayar supplier, Anda bisa menggunakan Aplikasi invoice Paper.id untuk bayar tagihan supplier dengan kartu kredit atau metode lainnya, pasti diterima meskipun vendor/supplier tidak menyediakan mesin EDC. Yuk coba sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini!