Paper Blog – Buat kalian yang ingin mencoba menjalankan bisnis restoran atau yang sedang menjalankan bisnis restoran, kalian wajib tau pentingnya untuk memahami food cost dalam sebuah bisnis restoran, Food and Beverage atau bisnis F&B.

Food Cost merupakan biaya keseluruhan yang harus dikeluarkan oleh sebuah bisnis restoran untuk memproduksi sebuah menu makanan atau minuman. Ini akan menjadi sebuah acuan yang sangat penting untuk bisa menghitung harga jual makanan perporsi nya.

Buat kalian yang penasaran tentang ini, kalian bisa baca sampai akhir artikel tentang food cost dari Paper.id dibawah ini.

Mengetahui Pentingnya Food Cost

Kalian yang sudah pernah atau mau menjalankan bisnis restoran itu bukanlah hal yang mudah. Kalian harus memikirkan turnover persediaan, margin keuntungan hingga menentukan harga yang pas di dalam menu

Hal ini membuat kalian harus berjuang semaksimal mungkin dalam menjalankan bisnis restoran. Tetapi, kalau kalian mempelajari tentang Food Cost, kalian bisa memaksimalkan keuntungan dari bisnis kalian.

Dengan menguasai metode dari Food Cost kalian bisa memiliki keunggulan dari kompetitor kalian. Bahkan bisa terhindar dari resiko kebangkuratan bisnis kalian. Berikut Penjelasannya

Baca Juga:4 Kesalahan Utama Dalam Bisnis Startup yang wajib kalian hindari

Pengertian Food Cost Adalah

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang food cost, alangkah baik nya kita harus tahu pengertian dari food cost itu sendiri.

Bersumber dari halaman barandrestaurant.com, Food Cost merupakan Presentase penjualan yang menentukan berapa banyak biaya yang kita hasilkan atau hilang dari apa yang kita jual.

Lebih gampangnya food cost itu merupakan keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan dalam memproduksi sebuah makanan atau minuman hingga siap untuk dijual per satu porsinya.

Bisa dibilang kalau Food Cost (FC) ini merupakan total presentasi dari total biaya pembelian persediaan makanan dibagi dengan total nilai penjualan makanan

FC sendiri merupakan salah satu indikator penting untuk melihat profitabilitas sebuah restoran. Dengan memiliki margin yang begitu tipis yaitu sekitar 3-5 persen, tiap ada perubahan dalam harga atau barang, maka dapat mempengaruhi nilai laba bersih dari sebuah bisnis restoran ini.

Kalian juga harus tau, semakin kecil nilai dari food cost yang didapat, maka semakin untuk pendapatan yang bisa didapat oleh sebuah bisnis F&B ini.

Istilah Penting yang ada di dalam Food Cost

Sebelum lanjut lebih jauh tentang maaf yang bisa didapat dari perhitungan Fod Cost, alangkah lebih baiknya kita tau istilah apa aja sih yang sering muncul didalamnya.

  • Biaya Resep atau Recipe Cost : ini merupakan biaya bahan baku dalam suatu set menu
  • Harga Jual Resep atau Recipe Sale Price: Harga jual suatu makanan yang harus dibayar oleh pembeli dalam satu set menu
  • Food Cost Ideal: Merupakan total biaya bahan baku yang harus dikeluarkan untuk semua set menu kemudian dibagi dengan total penjualan semua set menu
  • Food Cost Ideal Per Set Menu: Nilai biaya hasil dari Recipe Cost dibagi dengan Recipe Sale Price
  • FC Aktual: FC Ideal dibagi dengan HPP
  • FC Aktual Per Set Menu: FC ideal dibagi dengan HPP Perset menu

Baca Juga : Mixue, Franchise Terkenal Dari China Yang Booming di Indonesia

Manfaat Perhitungan dari Food Cost Adalah

Nah setelah kita mengetahui pengertian dan juga istilah-istilah penting yang sering muncul dalam menghitung food cost, alangkah baiknya kita juga tahu apa sih manfaat dari Food Cost.

1. Memperoleh Keuntungan Yang Cukup Maksimal

Manfaat yang pertama ialah kalian bisa mendapatkan keuntungan yang cukup maksimal dari bisnis kalian.

Hal ini disebabkan oleh penetapan harga jual dan juga makanan, kalian memiliki pedoman untuk bisa memperoleh keuntungan yang maksimal sehingga kalian tidak merugi.

2. Menetapkan Harga Jual

Selain dari memperoleh keuntungan yang cukup maksimal, kalian juga jadi bisa tau bagaimana cara menentapkan harga jual yang baik.

Food Cost Sendiri dapat dihitung baik itu secara aktual maupun ideal, yang akhirnya bisa menjadi referensi bagi kalian untuk menetapkan harga jual.

Dengan menghitung food cost secara rutin, kalian bisa tahu berapa sih kisaran harga jual yang ada di pasaran. Maka bisnis kalian akan mampu bersaing dengan yang lain.

3. Menentukan Porsi yang Tepat

Manfaat selanjutnya dari perhitungan food cost ialah membantu para koki atau chef mengolah makanan atau minuman, sehingga mereka tau seberapa banyak pors yang tepat.

Dengan menghitung biaya bahan baku, kalian bisa meminimalkan pemborosan atau kerugian buat bisnis kalian.

Kalian bisa menyajikan porsi yang sesuai dengan jumlah biaya bahan baku juga membantu kalian memproleh keuntungan yang maksimal.

4. Menghitung Persediaan Yang Akurat

Manfaat yang terakhir ialah dapat membantu kalian dalam mengelola persediaan barang atau inventaris.

Contoh, ketika biaya bahan baku sedang naik, kalian bisa menekan persediaan agar tidak mengeluarkan food cost yang cukup besar, sehingga membuat kalian merugi.

Kesimpulan

Itu dia Penjelasan terkait Food Cost, mulai dari pengertian dari food cost hingga manfaat yang bisa kita peroleh dari food cost itu sendiri.

Salah satu manfaat yang bisa kalian rasakan ialah membatu kalian dalam menghitung persediaan inventory stock barang dengan mudah, sehingga kalian bisa memanajemen dengan baik.

Untuk mempermudah kalian dalam menghitung persediaan stok, kalian bisa menggunakan aplikasi inventori stok barang dengan mudah dan simpel.

(Visited 73 times, 1 visits today)