Jatuh tempo yang diperpanjang adalah strategi yang digunakan pembeli yang memanfaatkan faktur pembayaran selama periode yang lebih lama dari biasanya, yang terkadang dapat melebihi 30 hari atau lebih. Seperti yang diketahui syarat pembayaran adalah bagian dari strategi keuangan kompleks yang dibangun untuk memaksimalkan kinerja perusahaan.

Namun, memperpanjang tempo pembayaran tidak semudah yang dibayangkan. Keputusan tersebut tergantung oleh banyak faktor, terutama soal cash flow. Jika sembarangan memperpanjang tempo, supplier/vendor tentunya akan tekor. 

Memperpanjang tempo pembayaran membutuhkan pertimbangan yang cermat. Prosesnya tidak sesederhana menuntut pemasok menerima pembayaran 30, 60, atau bahkan 90 hari lebih lambat dari yang telah disepakati.

Perusahaan yang memperpanjang persyaratan ini tanpa strategi yang baik sering kali terkejut. Jika Anda tertarik untuk memperpanjang tempo di bawah ini: 

Baca juga: Cara memperpanjang arus kas dengan memperpanjang termin pembayaran

Nilai dari ketentuan jatuh tempo yang diperpanjang

Memperpanjang jangka waktu pembayaran pemasok adalah cara terbaik untuk meningkatkan modal kerja. Perusahaan yang memiliki lebih banyak uang tunai dapat mengalokasikan uang mereka ke proyek-proyek prioritas dengan cepat, memacu inovasi untuk tetap berada di depan para pesaing. Ini semua adalah hasil spesifik, dari strategi yang pembayarannya diperpanjang dengan tujuan yang ingin dicapai oleh peningkatan modal kerja.

Hubungan dengan Customer 

Memperpanjang tempo pembayaran dapat membuat hubungan dengan customer kian mesra. Customer akan semakin betah untuk membeli stok-stok barang di Anda, sehingga hal ini berpotensi meningkatkan keuntungan bisnis.

Namun, pastikan agar memperhitungkan dengan baik perpanjangan tempo yang diberikan. Dengan begitu, Anda tentunya bisa membawa banyak keuntungan sekaligus bisa menjadi salah satu poin penting yang membuat Anda senang. 

Pembiayaan rantai pasokan

Memperpanjang jangka waktu pembayaran menawarkan manfaat sepihak agar pembeli dapat mengambil keuntungan (menahan uang lebih lama), dalam hal ini penjual harus dirugikan (menghadapi krisis arus kas di pihak mereka). Namun, ada opsi yang menawarkan keuntungan terbaik untuk kedua belah pihak.

Supply Chain Financing membentuk pihak ketiga antara pembeli dan penjual. Setelah faktur dipenuhi dan pembayaran jatuh tempo, pihak ketiga ini membayar pemasok dan bukan pembeli. Pada gilirannya, pembeli akan membayar pihak ketiga di kemudian hari.

Pengenalan pihak ketiga ini menambah fleksibilitas hubungan perusahaan agar dapat memperpanjang jangka waktu pembayaran sementara dan pada saat yang sama mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan pemasok untuk mendapatkan pembayaran. 

Baca juga: Tips ampuh untuk membangun negosiasi bisnis dengan supplier

Pahami lanskap pembayaran Anda

Banyak organisasi memiliki beberapa tingkat pengadaan yang tidak jarang terlihat bahwa persyaratan pembayaran sangat bervariasi dalam kategori pembelanjaan, atau bahkan dengan satu vendor. Oleh karena itu melakukan analisis pembelanjaan dengan memperhatikan persyaratan pembayaran merupakan hal yang harus dipahami dalam pengajuan perpanjangan pembayaran jatuh tempo.

Memperpanjang jangka waktu jatuh tempo pembayaran dapat menjadi keuntungan bagi arus kas perusahaan jika dilakukan dengan cara yang benar. Baik menggunakan mitra pembiayaan rantai pasokan atau bernegosiasi langsung dengan pemasok, yang perlu diperhatikan adalah perusahaan harus memastikan bahwa suatu strategi memiliki kelangsungan jangka panjang yang melibatkan hubungan kerja sama yang terjalin.

Kesimpulan

Demikian, pembahasan mengenai 4 poin penting yang harus Anda perhatikan ketika memberikan perpanjangan tempo pembayaran. Salah satu cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan customer kebebasan untuk membayar dengan kartu kredit.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan Paper.id, platform pembayaran bisnis terbaik di Indonesia. Customer bebas bayar pakai apa saja, termasuk kartu kredit. Dengan begitu, customer bisa mendapatkan perpanjangan tempo & Anda bisa mendapatkan pembayaran lebih cepat dari jatuh tempo. Paper.id gratis digunakan oleh siapa saja. Klik tombol di bawah untuk daftar gratis.