Cara Menjaga Arus Kas Dengan Memperpanjang Termin Pembayaran

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan arus kas Anda adalah dengan memperpanjang jangka waktu pembayaran atau termin Anda dengan vendor atau pemasok.

Seperti halnya jika saat ini Anda menggunakan termin net 30 dengan vendor Anda, mengapa tidak mencoba dan naik ke termin net 60? Atau bahkan net 90? Menambahkan waktu ke jadwal hutang Anda sama dengan mendapatkan pinjaman jangka pendek.

Baca juga: Tips aman untuk negosiasi pembayaran dengan supplier

Anda bisa menyimpan uang tunai Anda sambil terus mengumpulkan pendapatan. Tentunya jika hal itu dilakukan maka akan memberi Anda kemampuan untuk menggunakan uang tunai Anda dengan cara yang dapat menambah keuntungan Anda.

Memaksimalkan Arus Kas Dengan Negosiasi Termin Yang Tepat

Memaksimalkan potensi tagihan yang harus Anda bayar atau hutang Anda merupakan hal yang harus Anda lakukan jika ingin meningkatkan arus kas usaha Anda. Berikut ini merupakan hal yang dapat Anda lakukan untuk mengelola hutang Anda guna memaksimalkan arus kas perusahaan.

  • Merampingkan fungsi administrasi dan akuntansi untuk memotong biaya operasional.
  • Sebarkan pembayaran besar dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa menimbulkan biaya atau penalti. Ini sangat berguna dalam hubungan bisnis jangka panjang dengan pemasok.
  • Manfaatkan peluang konsinyasi, hanya dengan membayar saat barang terjual atau dikonsumsi, banyak pemasok dengan senang hati menanggung beban keuangan selama Anda menjual dan mengikuti tonggak pembayaran yang disepakati.

Namun yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan termin pembayaran untuk UMKM yaitu komunikasi yang baik. Seperti apa hubungan Anda dengan pemasok? Apakah Anda sering berbicara? Apakah Anda memiliki jalur komunikasi yang terbuka? Semakin baik hubungan Anda, semakin besar kemungkinan vendor mempertimbangkan permintaan tersebut. Mulailah membangun hubungan yang lebih baik dengan semua vendor Anda.

Ada beberapa perusahaan yang memiliki net 90 dengan pemasok mereka. Mereka biasanya adalah perusahaan besar yang menjual begitu banyak bisnis sehingga mereka dapat meminta persyaratan apa pun yang mereka inginkan.

Hanya karena perusahaan lain memiliki persyaratan semacam itu tidak berarti Anda berada dalam posisi untuk meminta hal yang sama. Jika Anda berada di net 30 sekarang, coba buka ke net 45 atau net 60. Jika mereka benar-benar mitra terpercaya untuk bisnis Anda, makan kemungkinan besar permintaan Anda akan dikabulkan. Jika Anda membutuhkan persyaratan yang lebih baik karena Anda sedang dalam krisis uang, cukup beritahu mereka.

Baca juga: 7 jurus penagihan yang efektif agar customer bayar tepat waktu

Dalam rantai pasokan yang kompleks, satu perusahaan biasanya merupakan pembeli dan pemasok, bagian dari jaringan hubungan B2B strategis yang lebih luas. Baik Anda menangani kontrak sisi beli atau kontrak sisi jual, syarat pembayaran akan berdampak pada arus kas Anda.

Ketika sebuah organisasi melakukan pembayaran terlambat ke vendor, hubungan dapat memburuk. Salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah mempraktikkan komunikasi yang efektif, proses, dan pengaturan pembayaran otomatis. Jika Anda perlu membuat perubahan pada kontrak, sangat penting untuk segera menghubungi vendor untuk meningkatkan termin pembayaran.

(Visited 26 times, 1 visits today)