Mall Akan Buka, Ini Yang Harus Disiapkan Pelaku Usaha

Sebentar lagi, masyarakat di kota Bekasi dan Jakarta bisa mengunjungi mall lagi. Pasalnya, pemerintah telah melakukan peninjauan di mall-mall yang ada untuk melihat kesiapan mereka dalam menyambut era the new normal.

Selasa (26/5/2020), Presiden Joko Widodo telah melakukan peninjauan ke dua titik yakni, stasiun MRT Bundaran HI dan Mall Summarecon Bekasi pada pukul 13.00 WIB. Menurut Kabag Humas Pemkot Bekasi Sayekti Rubiah, kunjungan presiden dimaksudkan untuk mengecek kesiapan infrastruktur dalam menyambut the new normal setelah PSBB di sarana public seperti dikutip dari Detik.com.

Baca juga: Mereka yang untung atau buntung di tengah pandemi

Mall-mall di kota Jakarta juga akan mulai dibuka pada tanggal 5 Juni 2020. Ellen Hidayat selaku ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta telah resmi merilis daftar 60 mal yang akan kembali beroperasi seperti dilansir dari Kompas.com.

Meski boleh buka, mal-mal harus menerapkan protocol kesehatan untuk COVID-19. Apa saja protocol yang harus diterapkan? Berikut lima protocol kesehatan yang harus diketahui oleh para pengusaha.

Baca juga:  Peluang bisnis yang akan muncul selepas wabah covid-19

5 Protokol Kesehatan Yang Harus Diketahui Pelaku Usaha

Kelima protokol kesehatan ini berkaitan dengan persiapan yang harus dibuat oleh para pelaku usaha dan pemilik mal terkait thermo gun dan juga penerapan pembatasan jarak antar pembeli.

  1. Para pengunjung harus menerapkan antrian sepanjang satu meter yang akan diatur oleh petugas dalam memasuki mal. Dengan begitu, hal ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan akan wabah kedua COVID-19 yang bisa hadir kapan saja.
  2. Thermo gun juga wajib digunakan untuk memeriksa suhu tubuh pengunjung saat akan memasuki mal.
  3. Suhu tubuh diatas 37,5 derajat Celcius akan dilarang masuk oleh petugas yang berwenang.
  4. Antrian berjarak juga akan diterapkan ketika akan memasuki toko-toko yang ada di dalam mal. Dengan begitu, hal ini mencegah kerumunan yang dapat berpotensi meningkatkan penyebaran virus COVID-19.
  5. Setiap area mal akan disemprot disinfektan secara berkala guna menjaga kesehatan para pengunjung mal.

Para pemilik toko serta mal diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan tersebut secara baik agar kegiatan bisnis dapat berjalan kembali dengan lancar. Tentunya, penggunaan masker juga harus disiapkan oleh setiap orang yang bekerja di dalam mal agar meningkatkan kewaspadaan akan virus COVID-19.

(Visited 44 times, 1 visits today)