Artificial Intelligent (AI) mengalami perkembangan yang cukup besar selama beberapa tahun terakhir, dan mempengaruhi segala sektor yang ada termasuk Bisnis. 

Salah satu teknologi yang telah memanfaatkan AI ini ialah ChatGPT. Belakangan ini, ChatGPT sedang menjadi buah bibir di media sosial. 

Perlu kalian ketahui bahwa ChatGPT merupakan sebuah chatbot berbasis teknologi AI yang dapat melakukan interaksi percakapan dengan penggunanya secara canggih.

ChatGPT sendiri memberikan beragam dampak yang cukup signifikan, terkhusus dalam dunia bisnis serta UMKM.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Ide Bisnis Mood Food yang Menguntungkan

Apa Itu ChatGPT?

ChatGPT atau Chat Generative Pre-trained Transformer, merupakan sebuah sistem pemrosesan bahasa alami atau (NLP) yang dikembangkan oleh organisasi yang bernama OpenAI dan memungkinkan para pebisnis dalam membuat chatbot yang dapat memahami serta merespon bahasa manusia. 

Periliasan dari ChatGPT sendiri memberikan banyak perhatian luar biasa. Bahkan dalam satu minggu sejak peluncurannya, ChatGPT sendiri telah mendapatkan 1 juta pengguna. 

Hingga saat ini, disebutkan bahwa pengguna Aplikasi ChatGPT telah melebihi aplikasi seperti TikTok, Instagram, dan juga Spotify. 

Dilansir dari situs Business Insider sebagaimana yang telah dilaporkan oleh Swiss UBS, bahwa ChatGPT telah mencatatkan sejarah dengan pertumbuhan yang begitu cepat. 

Pada akhir bulan Januari 2023 lalu, disebut bahwa pengguna ChatGPT digadang gadang telah melebihi 100 juta pengguna aktif dalam satu bulan. 

Siapa Yang Menciptakan Chat GPT?

ChatGPT merupakan sebuah produk yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan yang bernama OpenAI. OpenAI sendiri merupakan perusahaan non-profit yang bergerak di bidang riset Artificial Intelligence. Didirikan pada tahun 2015 oleh Sam Altman, Elon Musk, dan juga beberapa investor Sillicon Valley lainnya. 

Di tahun tersebut, OpenAI juga mengubah statusnya menjadi “capped-profit” yang berarti pengembalian hasil untuk investor maupun karyawan dibatasi, bertujuan untuk pengembangan OpenAI ini. 

Kemudian pada tahun 2018 Elon Musk mengundurkan diri dari dewan karena ada beberapa konflik kepentingan antaran OpenAI dengan penelitian kendaraan otonom yang dilakukan oleh Tesla. Namun ia sendiri masih menjadi investor bahkan saat ChatGPT diluncurkan. 

Baca Juga: 5 Contoh Bukti Transaksi dalam Bisnis

Bagaimana ChatGPT Bisa Membantu UMKM?

Para pelaku UMKM atau pengusaha bisnis harus bisa mampu untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi khususnya dalam penerapan artificial intelligence untuk bisa meningkatkan produktivitas bisnis.

Dalam penerapannya, AI bisa digunakan untuk Customer Service. Caranya seperti dengan menggunakan chatbots yang menggunakan teknologi artificial intelligence

Selain dimaksimalkan untuk customer service, teknologi AI juga bisa dimaksimalkan untuk efisiensi dalam pengembangan karyawan atau SDM. Seperti penyaringan data pelamar, penjadwalan interview dll.

Selain itu juga, dari sisi marketing memudahkan UMKM dalam meningkatkan performanya. AI juga bisa membantu dalam menentukan jenis dan target promosi yang jauh lebih strategis. Terakhir, AI juga bisa mengambil data dan menyasar pengguna yang memiliki jangkauan lebih jelas. 

Bagi para pelaku UMKM, perlu mengetahui lebih jauh dalam pemanfaatan Artificial Intelligence seperti ChatGPT yang sedang naik daun. Saat ini, perkembangan teknologi begitu pesat apalagi di bidang Artificial Intelligence.

ChatGPT sendiri merupakan sebuah model machine learning yang dapat mengahasilkan teks yang terlihat seperti manusia. 

Lalu pemanfaatan ChatGPT apa saja yang bisa digunakan untuk UMKM? 

  • Mengotomatiskan layanan pelanggan: ChatGPT dapat digunakan untuk melatih chatbot dan asisten virtual untuk berbagai tugas seperti menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan rekomendasi produk, dan membantu transaksi pembelian, yang dapat membantu usaha kecil menghemat waktu dan uang.
  • Menghasilkan konten pemasaran: ChatGPT dapat digunakan untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas tinggi untuk media sosial, pemasaran email, dan saluran lainnya, yang dapat membantu usaha kecil meningkatkan jangkauan dan keterlibatan mereka.
  • Meningkatkan deskripsi produk: ChatGPT dapat digunakan untuk membuat deskripsi produk yang detail dan akurat, yang dapat membantu usaha kecil meningkatkan penjualan e-niaga mereka.
  • Terjemahan Bahasa: ChatGPT dapat membantu usaha kecil untuk menerjemahkan konten, deskripsi produk, dan materi lainnya ke dalam berbagai bahasa untuk memperluas jangkauan mereka ke pasar dan pelanggan baru.
  • Personalisasi Konten: ChatGPT dapat digunakan untuk menghasilkan konten yang sangat dipersonalisasi untuk masing-masing pelanggan dan prospek, yang dapat membantu meningkatkan tingkat keterlibatan dan konversi.