Kiat Sukses Menjalankan Waralaba Frozen Food Untuk Pemula

Bisnis waralaba frozen food umumnya didominasi oleh pebisnis UKM yang menjalankan usahanya dari rumah. Secara tidak langsung, hal ini juga turut dipengaruhi oleh pandemi COVID-19 yang membuat banyak orang memilih untuk menjadi pengusaha dari rumah.

Meningkatnya permintaan terhadap produk-produk yang dibekukan dan dikemas membuat bisnis frozen food mempunyai keuntungan yang besar dengan tingkat pendapatan yang tinggi. Adapun produk-produk frozen food antara lain donat, ayam potong, nugget dan juga frozen food lainnya.

Melihat peluang yang bagus dalam bisnis waralaba frozen food, menjadikan bisnis frozen food atau makanan beku tersebut menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin memulai menjadi wirausaha.

Mengingat bisnis ini menyediakan kebutuhan pangan yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat, dengan sifatnya yang praktis, tahan lama, dan beragam jenisnya maka dapat dipastikan bahwa bisnis ini akan banyak diminati masyarakat semua golongan. Saat ini, ada banyak perusahaan yang juga menawarkan kerjasama franchise frozen food bagi yang berminat.

Baca juga: Es teler 777 waralaba minuman yang populer hingga ke luar negeri

Untuk memperoleh kesuksesan dalam menjalankan waralaba frozen food perhatikanlah hal-hal penting berikut ini.

Melakukan riset bisnis

Dalam menjalankan bisnis waralaba frozen food adalah melakukan riset produk. Hal ini juga dapat memudahkan mu untuk menentukan produk makanan beku apa saja yang akan dijual. Dengan menemukan produk yang tepat, kamu bisa mendapatkan konsumen lebih banyak dan juga memudahkanmu dalam berjualan.

Tentukan jenis frozen food yang akan dijual

Dalam memulai usaha waralaba frozen food, yang harus dilakukan adalah menentukan jenis makanan beku yang akan dijual. Karena jenis makanan beku yang kamu jual akan turut mempengaruhi citra dan identitas dari waralaba frozen food yang dijalani. Produk apapun yang dipilih haruslah memiliki ciri khas yang dapat membedakan produk dari pesaing. Dengan pembeda atau ciri khas ini, pemasaran produk nantinya dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dengan menentukan jenis frozen food yang akan dijual, akan membuatmu dapat fokus dalam memperhatikan kualitas barang dagang. Jika terlalu banyak jenis frozen food yang dijual pada masa awal menjalankan bisnis frozen food, kamu akan kesulitan untuk mengetahui makanan beku mana yang memiliki kualitas baik dan laku dipasaran.

Pelajari sistem kemitraan atau waralaba frozen food

Mempelajari sistem kemitraan dari setiap produsen frozen food adalah tips memulai waralaba frozen food selanjutnya yang harus Kamu pahami. Biasanya setiap perusahaan memiliki SOP yang berbeda-beda. Salah satunya berkaitan dengan harga jual. Untuk itu, perhatikan SOP yang diterapkan setiap perusahaan agar usahamu berjalan dengan tepat.

Memperhitungkan modal awal

Setiap bisnis harus memiliki perhitungan modal yang tepat. Kamu harus tahu besaran modal yang dibutuhkan untuk sebuah bisnis. Peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis frozen food, dan berapa jumlah modal yang diperlukan. Hal tersebut harus dipikirkan dengan tepat, agar waralaba frozen food yang dijalankan lancar.

Belum lagi modal awal untuk biaya operasional bisnis. Seperti biaya toko, biaya listrik dan segala sesuatunya dalam menjalankan bisnis. Jangan lupa juga untuk menghitung biaya yang akan dikeluarkan jika melakukan kerjasama dengan beberapa pihak. Modal awal dalam menjalankan bisnis, ibarat sebuah pondasi dalam bangunan. Bisnis akan berjalan dengan perhitungan modal yang memadai, termasuk juga dalam menjalankan bisnis frozen food.

Memiliki izin edar resmi

Bisnis waralaba frozen food merupakan bisnis yang menjual produk makanan, maka sudah dapat dipastikan kamu harus memiliki izin edar secara resmi. Untuk mendapatkan hal tersebut kamu harus mengikuti regulasi yang dapat menjamin bahwa produk yang kamu jual aman. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa usahamu telah memiliki izin edar resmi untuk produk makanan beku yang akan dijual. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kepercayaan konsumen perihal produk frozen food yang Kamu jual.

Memiliki komitmen

Dalam menjalankan suatu bisnis kamu harus memiliki komitmen dalam diri yang harus dibentuk sedisiplin mungkin. Karena menjadi distributor dan menjalankan bisnis penuh dengan tekanan. JIka tidak memiliki komitmen yang kuat serta disiplin yang cukup dalam menjalankan bisnis, jangan berharap banyak untuk mendapatkan kesuksesan.Terutama ketika menjadi distributor frozen food, walaupun sedang tinggi peluangnya, namun suatu waktu kondisi bisa berubah. Jika mental kedisiplinan dan komitmen yang tinggi sudah dirasa cukup kuat dikantongi, apapun badai yang menghadang di tengah proses menjadi seorang pengusaha dan distributor frozen food, akan dihadapi dengan baik dan tepat.

Baca juga: 5 contoh waralaba Indonesia yang telah mendunia

Metode pengemasan yang baik

Pengemasan yang rapi dan baik sesuai prosedur akan mempengaruhi kualitas frozen food itu sendiri. Maka dari itu, kamu dapat memilih untuk menggunakan plastik khusus dengan kualitas terbaik yang diperuntukan khusus bagi makanan beku. Plastik pembungkus khusus frozen food biasanya tidak memiliki pori sehingga makanan bisa tahan lebih lama. Pengemasan Frozen food juga perlu disedot udara saat dikemas untuk mengeliminasi bakteri di dalam ruang penyimpanan makanan beku dalam plastik, agar makanan beku tidak mudah membusuk. Jangan lupa untuk memberi label pada kemasan, serta keterangan kadaluarsa produk.

Strategi Pemasaran

Pemasaran difungsikan untuk mengenalkan produk, distribusi produk, riset produk, serta layanan purna jual produk. Saat ini, memasarkan sebuah produk bisnis bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dengan semakin berkembangnya teknologi, pemasaran dapat dilakukan dengan mudah bahkan tanpa perlu keluar rumah. Terutama dalam memasarkan bisnis atau usaha frozen food milik mu dengan memanfaatkan teknologi yang tepat seperti, media sosial, instagram, facebook, whatsapp, dan marketplace lainnya

Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa saat ini masyarakat sangat tertarik terhadap makanan beku, selain praktis, harga murah dan rasa yang lezat sangat mendukung frozen food untuk diminati oleh semua kalangan masyarakat. Jika kamu berhasil dalam menjalani usaha ini tidak dapat dipungkiri bahwa keuntungan besar akan menghampiri Kamu.

(Visited 91 times, 1 visits today)