Tuntutan kehidupan sehari-hari menjadikan orang-orang kini mudah tertekan. Hal ini membuat kesehatan mental menjadi lebih penting dari sebelumnya, dan membuat mereka beralih ke mood food sebagai cara yang mudah diakses untuk mengendalikan kesehatannya.

Apa itu mood food? Mood food atau makanan suasana hati merupakan makanan yang memiliki bahan yang membantu kondisi hati menjadi lebih baik. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi tertentu, dipercaya ampuh untuk mengatasi stress dan mood yang sedang turun.

Berdasarkan Survei Konsumen Innova 2019 dari Food Dive, lebih dari separuh konsumen global mengatakan bahwa mereka mencari produk yang baik untuk tubuh dan memberikan energi, sementara sepertiga menginginkan makanan dan minuman yang membuat mereka bahagia.

Baca juga: Melihat Peluang Bisnis Industri Cold Chain Tahun 2023

Menurut Healthline, ada 8 rekomendasi Mood Food yang dapat dijadikan sebagai ide bisnis dan dapat meningkatkan suasana hati yang harus kamu ketahui sebagai pelaku bisnis, berikut diantaranya:

  • Lemak Ikan

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna kaya akan dua jenis omega-3, diantaranya asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Seperti diketahui, menurut beberapa penelitian, mengonsumsi omega-3 dalam bentuk minyak ikan dapat menurunkan stres.

Meskipun tidak ada dosis standar, sebagian besar ahli setuju bahwa kebanyakan orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 250–500 mg kombinasi EPA dan DHA per hari. Mengingat bahwa satu porsi 3,5 ons (100 gram) salmon menyediakan 2.260 mg EPA dan DHA.

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna bisa dimanfaatkan menjadi ide bisnis yang menguntungkan, salah satunya dengan mengolahnya menjadi produk makanan siap santap, seperti dibuat bakso, pangsit, nugget, hingga sempol.

  • Cokelat Hitam

Cokelat hitam

Cokelat Hitam (Photo by Tamas Pap on Unsplash)

Salah satu makanan yang bisa meningkatkan mood adalah cokelat hitam. Makanan ini dapat membantu menurunkan kortisol dalam tubuh, yakni hormon yang dihasilkan ketika stres. Selain itu, memakan sebatang cokelat hitam juga bisa membantu merangsang otak melepaskan hormon endorfin dan serotonin, yaitu hormon-hormon kebahagian dalam tubuh.

Cokelat hitam ini juga mudah sekali dikreasikan sebagai bisnis makanan yang menguntungkan, seperti dibuat dark chocolate souffle, pumpkin tart cokelat hitam, espresso pudding cake, dan lain-lain.

  • Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi, seperti kimchi, yogurt, kefir, kombucha, dan sauerkraut, dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati. Proses fermentasi memungkinkan bakteri hidup berkembang biak dalam makanan yang kemudian mampu mengubah gula menjadi alkohol dan asam.

Bakteri sehat ini dapat meningkatkan kadar serotonin, yaitu neurotransmitter yang mempengaruhi banyak aspek perilaku manusia, seperti suasana hati, respons stres, nafsu makan, dan dorongan seksual.

  • Pisang
pisang

Pisang (Photo by Anastasia Eremina on Unsplash)

Pisang baik dikonsumsi sebagai mood booster karena memiliki asam amino triptofan dan vitamin B6. Vitamin ini berperan penting dalam mendukung proses pengubahan asam amino triptofan menjadi hormon serotonin dalam tubuh.

Pisang juga menjadi buah yang mudah dijadikan aneka ragam makanan atau minuman untuk berbisnis, contohnya pisang goreng, keripik pisang, banana nugget, pisang cokelat, bolu pisang, es pisang ijo, pisang aroma, hingga sale pisang.

  • Oat

Bijian-bijian utuh sereal ini dapat membuat bersemangat sepanjang hari. Pasalnya, Oat merupakan sumber serat yang sangat baik yang dapat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, yang memungkinkan pelepasan gula secara bertahap dalam aliran tubuh untuk menjaga tingkat energi kamu tetap stabil.

Oat juga bisa dibuat menjadi menu sarapan praktis untuk berbisnis, seperti oatmeal pisang cokelat, bubur oatmeal, pancake oatmeal, blueberry almond oatmeal, smoothie, dan sebagainya.

  • Beri-berian

Kandungan anthocyanin dalam buah beri bisa mengurangi risiko gejala depresi 39% lebih rendah. Buah ini juga mengandung berbagai antioksidan dan senyawa fenolik yang berperan dalam memerangi stres dan senyawa berbahaya dalam tubuh.

  • Kacang-kacangan

Kacangan-kacangan tinggi protein nabati, lemak sehat, dan serat. Selain itu, jenis makanan ini juga mengandung triptofan dan asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin yang meningkatkan suasana hati. Contoh kacang-kacangan yang sangat baik antara lain kacang almond, kacang mete, kacang tanah, dan lain-lain.

  • Kopi

Kopi bermanfaat terhadap rangsangan bahagia dan rasa percaya diri. Dengan mengonsumsi kopi mampu meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin yang berperan sebagai pemicu kebahagiaan.

Ini bisa dimanfaatkan kamu sebagai pelaku bisnis untuk membuat coffee shop. Kedai kopi ini kini tengah digandrungi oleh generasi muda, baik pagi, siang, ataupun malam, mayoritas kaum muda memilih destinasi untuk melakukan berbagai aktivitas.

Baca juga: 6 Tren Bisnis F&B yang Profitable di Tahun 2023

Itulah 8 rekomendasi ide bisnis mood food yang dapat meningkatkan suasana hati dan bisa dijadikan ide bisnis kuliner untukmu sebagai pelaku bisnis. Ketika merasa sedih, mungkin orang-orang memilih makanan kaya kalori dan tinggi gula seperti es krim atau kue untuk mencoba membangkitkan semangatnya.

Padahal, makanan-makanan seperti itu memiliki efek kurang bagus untuk tubuh dan tidak baik dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, seharusnya orang-orang memilih makanan sehat yang telah terbukti tidak hanya meningkatkan mood, tetapi juga kesehatan secara keseluruhan. Yuk, ikuti Paper.id dan ikuti terus berita seputar bisnis di Paper.id!

Muhamad Dika Wahyudi