Paper.id Blog – Mengelola suatu bisnis atau usaha bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Sebagai seorang pengusaha, kalian harus selalu memastikan bahwa bisnis kalian berjalan dengan baik.

Kalian perlu bisa melakukan manajemen usaha dengan baik, lalu apa itu manajemen usaha? manajemen usaha merupakan kegiatan untuk mengatur usaha agar bisa berjalan dengan baik.

Nah berikut beberapa tips bagaimana cara melakukan manajemen usaha dengan baik dan benar khususnya untuk UMKM, baca dibawah ini ya!

PaperCard

Baca Juga: 7 Tips Memulai Usaha dari Nol untuk Pemula

Tips dan Cara Mengelola Manajemen Usaha dengan Baik

1. Menetapkan Strategi Pemasaran Yang Baik

Pertama, kalian perlu menetapkan strategi pemasaran untuk bisnis kalian dengan baik dan benar, berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan ketika menetapkan strategi pemasaran untuk bisnis kalian:

1. Tentukan pasar menggunakan STP

Kebanyakan para pebisnis sering melakukan hal yang idealis, yaitu “idealism above consumer”, lalu apa itu idealism above consumer?, artinya para pengusaha lebih sering berfokus pada manfaat produk saja, tanpa melihat calon konsumenya.

Oleh karena itu, kalian perlu menggunakan strategi yang dinamakan STP atau bisa disebut dengan segmentasi, target, dan posisi produk. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu siapa saja target bisnis kalian, juga menentukan segmentasi konsumen dalam bisnis.

Setelah itu, kalian bisa deh sesuaikan produk kalian dengan kebutuhan dari para konsumen kalian. Hal ini sangat efektif dilakukan dalam membangun produk agar bisa masuk ke pasar.

2. Jangan Lupakan Aspek Marketing Mix: 7P

Hal yang sering dilupakan oleh pebisnis ialah kurang memperhatikan marketing mix, atau yang bisa disingkat dengan 7P, place, product, promotion, people, phyisical product, dan process. Ini berguna untuk menentukan rencana strategi pemasaran dalam bisnis.

3. Menentukan Tools Yang Digunakan

Marketing Tools merupakan tools yang sangat berguna dalam pemasaran, hal ini biasa digunakan untuk monitoring campaign, promosi, atau evaluasi suatu campaign yang sedang berjalan.

Kalian bisa menyesuaikan tools yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis atau anggaran usaha kalian nantinya.

2. Mencari Investor

Kedua, kalian bisa mencari investor untuk melakukan pendanaan pada bisnis kalian. Hindari investasi dengan uang pribadi untuk membuka bisnis baru.

Kalian bisa mencoba untuk mencari partner atau investor untuk mendanai usaha anda. Jika sewaktu waktu ada masalah, maka partner atau investor akan siap membantu kalian kapanpun.

3. Bekerja Keras dan Disiplin

Kalian juga harus memiliki sikap bekerja keras dan juga disiplin terhadap waktu. Jika kalian tidak memiliki sifat untuk bekerja keras, pantang menyerah, dan tidak disiplin, maka tidak disarankan untuk menjadi seorang pengusaha.

Dalam pengelolaan manajemen suatu bisnis, kalian harus memiliki kemampuan untuk berorganisasi, termasuk dalam mengorganisasi diri sendiri seperti bersikap baik dan disiplin.

4. Merekrut Karyawan Professional

Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis kalian pasti akan semakin besar dan berkembang. Oleh karena itu, dalam manajemen usaha yang baik, disarankan untuk merekrut karyawan yang professional dan kompeten di bidangnya.

Rekrut karyawan yang mampu bersikap baik juga berkualitas, agar nantinya bisa bekerja sama dengan baik didalam tim.

Baca Juga:Cara Menghitung Pendapatan Operasional Suatu Bisnis

5. Memanfaatkan Teknologi dalam Berbisnis

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, tentu saja kalian bisa menerapkan perkembangan teknologi di bisnis anda, dengan cara memanfaatkan tekonlogi dalam berbisnis.

Tujuan manajemen usaha dengan memanfaatkan teknologi yaitu dapat digunakan untuk memudahkan fungsi manajemen seperti controlling atau pengendalian atas operasional perusahaan.

Contohnya, kalian menggunakan aplikasi invoice online yang memudahkan kalian dalam mengirim dan juga menagih invoice seperti Paper.id.

Paper.id membantu dalam mengelola keuangan bisnis dengan mudah dan cepat. Banyak fitur praktis yang mudah digunakan, kalian dapat mencoba fitur tersebut dengan klik tombol dibawah ini, Yuk Buruan Daftar Sekarang Juga!