7 Tips Memulai Usaha dari Nol untuk Pemula | Sumber: Pexels.com

Paper.id Blog – Bagi kalian yang ingin memulasi usaha atau bisnis dari nol, kalian harus mencobanya terlebih dahulu, dan jangan takut!. Kalian bisa menerapkan beberapa tips memulai usaha dari nol dibawah ini.

Memulai sebuah bisnis merupakan sebuah keuntungan yang besar bagi para pelaku usaha bisnis. Namun untuk mencapai keuntungan yang besar tersebut dibutuhkan upaya yang besar pula.

Akhirnya banyak orang yang mundur sebelum memulai usaha. Dalam berbisnis, pasti membutuhkan yang namanya modal yang besar, tenaga, perjuangan, dan hasil yang tidak menentu.

Kalau kita melihat para pelaku bisnis, banyak orang yang sudah suskes itu bermula dari tempat usaha mereka yang kecil, dan modal seadanya. Bahkan sebagian besar usaha dari nol.

Memang sih ada beberapa usaha resiko yang akan dihadapi ketika membangun bisnis dari nol. Akan tetapi dengan kerja keras, kita akan mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Baca Juga:Cara Menghitung Pendapatan Operasional Suatu Bisnis

1. Menentukan Produk

Sebelum kalian memulai usaha bisnis, alangkah baiknya untuk menentukan terlebih dahulu produk atau jasa yang ingin kalian jual kepada konsumen.

Kalian bisa menentukannya terlebih dahulu dengan melakukan riset. Dengan riset kalian bisa menemukan insight baru, seperti bagaimana agar usaha anda lebih menonjol dibandingkan dengan yang lain nya.

Atau kalian bisa memilih untuk menjual produk atau jasa yang memang sesuai dengan passion kalian didalamnya. Selain karena menyukai, kalian akan lebih bersemangat dan mau menghadapi berbagai rintangan yang ada.

2. Melakukan Riset Pasar

Sebagai permulaan, kalian bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk yang memulai bisnis dari nol. Dari riset pasar, kalian akan mempelajari dinamika bisnis yang ada.

Dari sana, kalian mendapatkan insight seperti siapa target pasarnya, karakteristik calon pembeli, sampai dengan kompetitor.

Setelah itu kalian akan mendapatkan celah yang bisa dimanfaatkan, kamu tidak akan bisa memulai berbisnis kalau kalian belum melakukan riset pasar.

3. Membuat Business Plan yang baik

Kalian membuat usaha dari nol, maka diperlukan perencanaan atau strategi yang matang untuk berbisnis. Cara yang tepat memulai usaha dari nol ialah dengan mempelajari business plan yang baik.

Setiap perencanaan yang kalian ingin lakukan dalam bisnis harus dituangkan dalam business plan. Dengan ini kalian bisa memetakan rencana bisnis untuk kedepannya, hingga tujuan yang diraih.

Banyak sekali alasan kenapa business plan itu penting, dikutip dari situs sbdc.duq.edu, beberapa alasan business plan itu penting karena bisa membantu pengusaha fokus pada langkah-langkah spesifik yang diperlukan bagi mereka untuk membuat ide bisnis berhasil, tetapi juga membantu mereka untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Selain itu juga, dengan business plan, kalian bisa meyakinkan para investor untuk berkontribusi dalam pembangunan bisnis kalian.

4. Menyusun Rencana dan Visi, Misi

Setelah kalian menentukan produk dan melakukan riset pasar, maka kalian perlu menyiapkan rencana juga visi misi yang matang.

Ketiga hal tersebut merupakan sebuh kunci sukses dari suatu usaha bisnis, dengan memiliki visi misi yang jelas, maka kalian mempunyai gambaran yang jelas serta tujuan yang ingin dicapai dimasa mendatang.

Dengan ketiga hal ini, maka kalian bisa melangkah dan menjalankan bisnis sesuai jalur dan tetap fokus pada tujuan.

5. Menyiapkan Modal Usaha

Kelima kalian mesti menyiapkan modal untuk usaha kalian, kebanyakan orang pasti merasa takut untuk memulai usaha karena modal yang dianggap besar.

Faktanya tidak semua usaha bisnis membutuhkan modal yang begitu besar. Kalian bisa memulai usaha dari kecil-kecilan dirumah, lalu memanfaatkan perangkat media sosial secara gratis untuk mempromosikan bisnis kalian.

Selain itu juga, kalian perlu mencatat segala pengeluaran untuk keperluan bisnis kalian secara rinci.

6. Fokus Terhadap Satu Bisnis Terlebih Dahulu

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka banyak sekali hal yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Saking banyaknya peluang bisnis yang ada, kalian pasti bingung memilih yang mana.

Kalian tidak perlu mengambil banyak sekaligus, lebih baik kamu fokus terhadap satu bisnis terlebih dahulu. Dengan fokus terhadap satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah.

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Bersih untuk Bisnis Kalian

7. Kelola Keuangan Dengan Baik

Terakhir, kalian harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Manajemen keuangan yang baik harus dilakukan ketika baru merintis hingga bisnis sedang berjalan. Hal ini akan mempermudah kalian dalam mengembangkan bisnis.

Latih diri kalian untuk mencatat segala bentuk transaksi yang dilakukan, baik itu sebelum maupun sesudah penjualan.

Untuk mempermudah kalian dalam mencatat transaksi, kalian memerlukan aplikasi akuntansi dasar yang memudahkan kalian dalam mencatat segala bentuk transaksi.

Kalian bisa menggunakan fitur aplikasi akuntansi dasar dari Paper.id untuk mempermudah pencatatan keuangan secara efektif. Yuk Daftar Sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini!

(Visited 33 times, 1 visits today)