Banyak perusahaan saat ini menggunakan outsourcing untuk mendukung operasional bisnis mereka. Namun, penggunaan layanan ini harus dipertimbangkan dengan baik dan tidak bisa dilakukan sembarangan. 

Penting untuk mengetahui apakah sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya atau tidak.  Sebab menggunakan outsourcing terlalu dini atau terlalu lambat juga dapat berdampak negatif pada bisnismu. 

Jadi, kapan sebaiknya bisnismu menggunakan jasa perusahaan outsourcing? Temukan jawabannya di sini!

Baca Juga: Tips Memilih Partner Bisnis Yang Tepat Untuk Bisnis Anda!

Mengenal Outsourcing dalam Bisnis

Outsourcing merupakan praktik bisnis di mana layanan atau fungsi pekerjaan diserahkan kepada pihak ketiga melalui kontrak. Bisnis umumnya menggunakan outsourcing agar dapat lebih fokus pada operasional inti mereka dan mengurangi biaya tenaga kerja. 

Sebagai contoh, perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman dapat menggunakan jasa outsourcing untuk menangani fungsi layanan pelanggan (customer service) perusahaannya. Dengan cara ini, bisnis tidak perlu repot merekrut banyak orang untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Selain dengan outsourcing, ada cara cermat untuk menghemat waktu dan biaya dalam bisnis, yaitu dengan Paper.id. Dengan Paper.id, kamu akan menghemat banyak waktu karena tak perlu lagi menggunakan invoice kertas yang konvensional.

Paper.id memungkinkanmu membuat invoice digital paling lama 5 menit, sangat praktis, kan?

Bagaimana Cara Memutuskan Waktu yang Tepat untuk Outsourcing?

Outsourcing telah mengubah cara bisnis beroperasi, dan diperkirakan akan semakin penting di masa depan. Hal ini karena outsourcing memungkinkan bisnis untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat, meningkatkan daya saing industri, dan mengurangi biaya operasional secara keseluruhan. 

Namun, bagaimana kamu dapat menentukan waktu yang tepat untuk outsourcing? Jika salah satu dari alasan berikut ini sedang menjadi pertimbangan kamu, mungkin itulah saat yang  tepat untuk melakukannya.

1. Ingin memangkas biaya

Salah satu manfaat penggunaan layanan outsourcing adalah bisnis bisa mengurangi biaya operasional. Jika kamu  ingin mengurangi biaya yang tidak perlu dan meningkatkan efisiensi pekerjaan, menggunakan jasa outsourcing dapat menjadi solusi yang tepat. 

Hal ini karena outsourcing memungkinkan bisnis untuk fokus pada hal-hal yang lebih krusial dengan mengalokasikan anggaran ke area yang memiliki dampak lebih besar pada bisnis. 

Contohnya, jika sebuah bisnis ingin mengurangi biaya yang biasanya dikeluarkan untuk pekerjaan administrasi atau akuntansi, sehingga anggarannya bisa dialokasikan untuk tim pemasaran atau sales  guna meningkatkan penjualan. Dalam hal ini, bisnis dapat menggunakan perusahaan outsourcing untuk menangani tugas akuntansi dan administratif tersebut.

2. Butuh lebih fokus pada inti bisnis

Menambah anggota tim untuk menjalankan tugas yang bukan inti bisnis dapat menjadi tantangan yang rumit, memakan waktu, dan mahal karena melibatkan proses rekrutmen yang panjang. Setelah merekrut, kamu perlu melatih mereka yang tentunya menggunakan sumber daya berharga yang seharusnya difokuskan pada aspek kritis bisnismu. 

Dalam hal ini, outsourcing menjadi alternatif yang tepat. Banyak perusahaan menggunakan jasa outsourcing untuk melaksanakan kegiatan administratif atau tugas back-office seperti akuntansi, layanan pelanggan, dan sebagainya, sehingga bisnis dapat tetap fokus pada inti bisnisnya.

3. Pertumbuhan bisnis pesat

Pertumbuhan bisnis yang cepat membawa sejumlah tantangan, seperti peningkatan kebutuhan akan tenaga kerja dan anggaran. Outsourcing menyediakan berbagai layanan dan teknologi yang dapat membantu perusahaan untuk mengikuti pertumbuhan tersebut.

Contohnya, bisnis minuman A mengalami pertumbuhan besar, sehingga mereka memutuskan untuk ekspansi. Mereka memerlukan bantuan dalam melakukan survei lokasi terbaik untuk membuka cabang baru dan menangani dokumen-dokumen yang diperlukan. Dalam hal ini, bisnis dapat menggunakan jasa outsourcing untuk melakukan tugas-tugas itu.

Bagaimana Cara Menemukan Jasa Outsourcing

Jika kamu menghadapi situasi di atas dan memutuskan untuk mulai menggunakan jasa outsourcing, cobalah beberapa cara berikut untuk menemukan perusahaan outsourcing yang sesuai untuk bisnismu.

1. Riset online

Cara termudah untuk menemukan perusahaan outsourcing adalah dengan melakukan pencarian online. Mulai dengan menuliskan kata kunci yang terkait dengan industri atau layanan yang kamu perlukan, seperti “perusahaan outsourcing untuk customer service,” dan sebagainya.

2. Rekomendasi dari kenalan

Alternatif lainnya adalah meminta rekomendasi dari perusahaan yang telah bekerja dengan perusahaan outsourcing sebelumnya. Kamu dapat menanyakan kepada kolega, mitra bisnis, atau profesional lain yang memiliki pengalaman dalam outsourcing. Referensi ini tidak hanya memberikan wawasan berharga, tetapi juga membantu kamu menemukan penyedia outsourcing yang dapat dipercaya.

3. Platform freelance

Platform freelancing seperti Project.co.id, Sribulancer, atau Upwork memungkinkan kamu untuk memposting  proyekmu dan menerima proposal dari freelancer atau perusahaan outsourcing. Situs-situs tersebut juga menampilkan ulasan dan penilaian dari klien sebelumnya, membantu kamu menilai kemampuan dan reputasi mereka dengan lebih mudah.

Namun, keahlian orang-orang di platform tersebut mungkin saja beda dengan kebutuhan bisnismu. Jika tidak sesuai, kamu bisa mencoba mengontak agensi atau pihak ketiga yang mampu menyediakan tenaga kerja yang kamu butuhkan.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menekan Biaya Bisnis Agar Lebih Efisien!

Itulah penjelasan lengkap tentang outsourcing, termasuk pengertiannya, kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya, dan cara menemukan perusahaan outsourcing. Dalam kerjasama ini, tentunya invoice diperlukan untuk pembayaran jasa yang telah dikerjakan, dan kamu dapat menggunakan Paper.id untuk itu.

Paper.id adalah platform pembuatan invoice online yang dapat diakses secara gratis. Dengan Paper, kamu dapat dengan mudah membuat tagihan pembayaran dan mengirimkannya langsung ke Whatsapp klien kamu.

Yuk, gunakan Paper.id segera untuk optimalkan bisnismu!

Nadiyah Rahmalia