Tips memilih partner bisnis – Ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat kalian akan memulai bisnis. Mulai dari mendapatkan modal dari partner, hingga strategi pemasaran. Tujuan dari itu semua adalah untuk mendapatkan keuntungan dari usaha yang telah dilakukan. 

Selain itu juga untuk mereka yang sudah menjalankan bisnis, tentu ada banyak persiapan yang sangat penting untuk mengembangkan usaha kalian. Akan tetapi masih banyak para pelaku usaha yang sering lupa yaitu dalam memilih partner bisnis yang tepat. Masih banyak yang mengira kalau partner bisnis itu 

Memilih partner bisnis bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu kalian persiapkan juga pikirkan. Ada beberapa hal yang bisa kalian kontrol dan juga tidak. Nah berikut ini merupakan tips memilih partner bisnis yang tepat untuk bisnis kalian

Baca Juga: Apa itu UMKM? Pengertian Hingga Jenis UMKM

Hal-hal yang harus kalian perhatikan dalam memilih partner bisnis

Berikut ini merupakan tips yang perlu kalian perhatikan dalam memilih partner bisnis. 

1. Kesamaan Visi & Misi 

Pertama, kalian harus memilih partner bisnis yang memiliki visi misi yang sama dengan kalian. Hal ini tentunya bertujuan untuk bisnis kalian agar mudah dan berjalan dengan lancar. Kesamaan visi serta misi juga diharapkan dapat membantu operasional yang dilakukan. 

Ketika dua individu kerja sama dan telah disepakati dan ternyata memiliki perbedaan akan visi dan misi, maka diperlukan adaptasi yang tidak sebentar. Tentunya ini akan menghambat operasional kerja yang seharusnya lancar. 

2. Potensi Partner Yang Jelas

Potensi partner yang dimaksud adalah beberapa hal yang ada dalam pribadi seseorang yang memungkinkan dia menjadi partner bisnis yang tepat untukmu. Mulai dari kesesuaian karakter, kelebihan orang tersebut yang bisa menutupi kekuranganmu, sampai dengan kondisi finansial yang stabil. 

Misalnya, kamu adalah orang dengan sifat yang berani menerima tantangan, sebaiknya carilah partner yang memiliki sifat teliti, tenang, dan biasa hidup dengan pikiran holistik. Inilah yang akan berpengaruh pada koordinasi yang baik antara kamu dan partnermu dalam mengembangkan bisnis tersebut menjadi besar.

3. Memiliki Komitmen Bisnis yang Jelas dan Dapat Dipertanggungjawabkan

Komitmen merupakan suatu hal yang sangat bernilai di dunia bisnis, dan wajib dimiliki kedua pihak ketika kerjasama akan dilakukan.

Bukan hanya demi mencapai tujuan bersama, namun sebagai bentuk profesionalisme yang dimiliki kedua pihak yang menjalin kerjasama ini. Komitmen dalam menaati aturan main dalam kontrak atau kesepakatan bersama, menjaga harkat dan martabat pihak lain, dan melakukan yang terbaik sesuai kesepakatan, wajib dipastikan agar kedua bisnis sama-sama meraih keuntungan dari kerjasama yang terjalin.

Baca Juga: Contoh Hingga Cara Membuat Neraca Keuangan Mudah!

4. Punya relasi yang luas

Partner bisnis yang punya networking luas akan menguntungkan bisnis kamu kedepannya. Kamu akan lebih mudah menjalin kerjasama dengan banyak pihak yang membantu bisnismu semakin berkembang pesat. Jaringan yang luas akan memudahkan kamu untuk memperluas bisnis, menawarkan produk dan mendapatkan investor untuk menanamkan modalnya untuk keberlangsungan bisnis kamu.

5. Terbuka akan kritik

Membangun bisnis bersama memerlukan keselarasan pikiran dan tujuan. Untuk bisa mencapai goals yang diinginkan, kamu perlu menyatukan pendapat dengan rekan kerjamu. Karena itu pastikan partner mu adalah orang yang bisa mengontrol egonya, dan terbuka pada saran dan kritik.

6. Memiliki Skill yang Saling Melengkapi

Yang juga perlu diingat dalam mencari rekan bisnis adalah memiliki skill, kapabilitas, ataupun pengalaman yang mumpuni dan bisa melengkapi skill-mu. Misalnya jika kamu memiliki kemampuan di bidang desain tetapi kurang ahli dalam hal teknologi atau finansial, sebaiknya carilah partner bisnis yang memiliki kemampuan tersebut. Pengalaman di sini juga bisa berupa koneksi bisnis atau jaringan yang luas. Mempunyai skill yang saling melengkapi akan memudahkan kalian mengembangkan usaha.

Baca Juga: Membayar Payroll Dengan Kartu Kredit, Worth It Atau Tidak?

7. Buat Persetujuan Tertulis

Saat kamu sudah menemukan partner yang cocok, segeralah buat perjanjian tertulis mengenai partnership tersebut. Diskusikan dengan serius dan detail mengenai konteks dan arah bisnis yang akan dijalankan. Persetujuan tertulis dibutuhkan agar peran, batasan-batasan, kompensasi, strategi bisnis, dan banyak hal lain bisa tercatat dengan jelas dan dipahami oleh kedua belah pihak. 

Nah itulah tips bagaimana memilih partner bisnis kalian dengan baik. Agar kedepannya kalian tidak salah dalam memilih partner.