Paper.id Blog – Dengan perkembangan teknologi sekarang banyak masyarakat yang beralih dan melakukan segala sesuatunya secara online. Mulai dari belanja online, pekerjaan online, hingga pembayaran digital yang transaksi dilakukan secara online

Semua dilakukan secara online dan bisa menggunakan teknologi yang dinamakan dompet digital, lalu apa itu dompet digital? Serta bagaimana cara kerja nya dan manfaatnya? Baca penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Dompet Digital?

Dikutip dari halaman adyen.com, dompet digital merupakan sebuah teknologi yang mampu menyimpan informasi pembayaran kalian, dengan itu kalian dapat membayar transaksi secara online maupun langsung. 

Mayoritas dompet digital merupakan sebuah mobile app, terkadang dompet digital bisa menjadi sebuah perangkat lunak yang ada di desktop atau browser di sebuah website. 

Dompet digital sendiri sangat efektif digunakan, apalagi dalam menggantikan kartu pembayaran fisik. Sebagian dari dompet digital terkadang bisa melakukan tarik tunai di ATM.

Dompet digital merupakan sebuah perangkat elektronik, layanan jasa, atau bahkan aplikasi yang memungkinkan user melakukan transaksi secara online baik itu membeli barang atau jasa. 

Selain itu juga, dompet digital merupakan sebuah layanan elektronik yang berperan dalam proses penyimpanan data sekaligus sebagai instrumen pembayaran dari sebuah transaksi. Dompet digital juga bisa dijadikan alternatif sistem pembayaran yang dimana dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi. 

Sebagai bagian dari financial technology (fintech), dompet digital memiliki kegunaan untuk menyimpan uang secara digital, dimana bisa digunakan untuk melakukan transaksi online atau offline dengan menggunakan sebuah QR code. 

Dompet digital sendiri memiliki ragam fungsi, selain tidak hanya sebagai alat pembayaran saja, dompet digital juga bisa digunakan untuk memverifikasi suatu aktivitas jual beli. 

Baca Juga:Perkembangan B2B Payment di Masa Mendatang

Memahami Lebih Jauh Bagaimana cara dompet digital bekerja

Dengan menggunakan sistem elektronik berbasis internet, sistem kerja dari sebuah dompet digital dapat meringkas segala informasi dari aktivitas transaksi keuangan kalian. Nah kalau dibandingkan dengan transaksi konvensional, sistem kerja dari dompet digital ini terhubung dengan NFC atau Near Field Communication. Nah dengan itu kalian bisa mengisi saldonya hanya menggunakan ponsel.

Selain dari NFC, saat ini dompet digital juga telah menerapkan sebuah sistem QR (Quick Response) menggunakan barcode. Jadi, para pengguna tinggal melakukan scan barcode untuk menyelesaikan transaksi yang dilakukan.

Sudah banyak toko-toko yang telah menerapkan sistem seperti ini. Tidak jarang juga merchant yang telah menerapkan sistem ini juga memberikan diskon besar besaran ketika melakukan pembayaran via dompet digital. 

Manfaat Dompet Digital dalam Bisnis

Tentu saja dengan perkembangan teknologi saat ini, segala sesuatu kini terasa lebih mudah. Apalagi dengan adanya dompet digital atau e-wallet, maka transaksi akan lebih mudah, berikut manfaat dari dompet digital untuk bisnis:

Praktis, Mudah, Efisien

Dikarenakan penggunaan dompet digital secara online. Maka penggunaan dari dompet digital akan lebih praktis dan tidak mengharuskan kita untuk membawa dompet, dan uang cash kemana-mana.

Ini menjadi pilihan kita kalau ingin tidak ribet dan praktis. Dengan itu, kita tidak perlu repot untuk ambil uang di ATM, atau antre untuk melakukan pembayaran tagihan. Hal itu cukup dilakukan dengan membuka smartphone, tentunya transaksi akan menjadi lebih mudah.

Transaksi yang lebih cepat

Tentu saja, ketika kalian menggunakan dompet digital sebagai alat pembayaran transaksi, maka proses pembayaran dari tagihan kalian akan cepat selesai, dengan menekan tombol maka transaksi kalian akan sudah terbayar dalam hitungan detik. 

Dalam melakukan pembayaran, maka saldo yang ada didalam dompet digital akan secara otomatis terpotong sesuai dengan tagihan yang kalian baya kan sebelumnya.

Baca Juga:Cara Menentukan Harga Jual Yang Baik dan Benar

Adanya Riwayat pemakaian atau history

Dengan menggunakan dompet digital, terdapat sebuah fitur yang dapat digunakan para pengguna. Salah satu fitur nya tersebut ialah history pemakaian. Para pengguna bisa mengetahui catatan pengeluaran mereka selama 1 bulan, hal ini tentunya bisa membantu dalam hal pencatatan keuangan.

Setiap laporan transaksi yang tercatat akan ditampilkan secara rinci pada menu bagian history.

Terjaga Keamanannya

Para pengguna dompet digital tidak perlu khawatir dengan data pengguna yang dimasukan atau data transaksi yang sudah dilakukan, karena data-data tersebut pasti akan terjaga dengan aman.

Kalian tidak perlu takut akan hal pencurian atau pembobolan, dikarenakan kemanan dompet digital biasanya sudah dijamin oleh Bank Indonesia. Selain itu juga, biasanya kita harus memasukan pin ketika ingin membuka aplikasi dompet digital atau ingin membayar transaksi pembelian.

Dapat digunakan di berbagai transaksi

Seperti dompet fisik pada umumnya, dompet digital bisa digunakan untuk segala macam transaksi, mulai dari transaksi online hingga offline baik itu seperti pembayaran tagihan, belanja online, top-up, dan lain sebagainya.

Kita juga bisa melakukan bank transfer juga lho, atau melakukan pemindahan dana ke sesama dompet digital dengan nomor telepon. Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari dompet digital.