Seven Eleven Indonesia sempat menjadi salah satu tempat yang digandrungi masyarakat, khususnya kalangan muda untuk bersantai dan nongkrong dengan teman-temannya. Namun, seiring berjalannya waktu pamor Seven Eleven kian menurun.

Tahun 2017, tempat yang akrab disebut dengan Sevel ini resmi menutup semua gerainya yang ada di Indonesia. Padahal Sevel selalu ramai dengan anak mudah yang senang nongkrong.

Sebetulnya, apa penyebab Seven Eleven hengkang dari Indonesia dan bagaimana perjalanannya hingga sempat menjadi tempat nongkrong favorit anak muda? Yuk, ketahui selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Baca Juga: Indomaret vs Alfamart: Dua Raja PAsar Ritel Modern, Mana yang Terbaik?

Era Keemasan Seven Eleven Indonesia

Seven Eleven merupakan jaringan ritel 24 jam asal Amerika Serikat yang berdiri sejak tahun 1927. Gerai ini mulai mendunia pada tahun 2008 saat dilakukan penandatanganan Letter of Intent Master Franchise Sevel di Dallas, Amerika Serikat.

Selang satu tahun, Seven Eleven masuk ke Indonesia dibawah PT Modern Putraindonesia, tepatnya pada 7 November 2009 dengan gerai pertamanya di Bulungan, Jakarta Selatan. 

Tampilan fisik serta produk-produk yang dijual Seven Eleven memang memiliki ciri khas minimarket. Namun, untuk bisa buka selama 24 jam, mereka harus menggunakan izin restoran.

Kemudian manajemen pun menambahkan makanan cepat saji, lengkap dengan meja dan kursi untuk pelanggan menikmatinya. Produk khasnya yaitu Slurpee, sejenis minuman es dan Big Gulp, yang merupakan minuman soft drink berukuran besar.

Nah, konsep tersebut cukup diterima oleh masyarakat khususnya kalangan muda.

Hingga pada masa kejayaannya, melansir halaman Katadata, Seven Eleven membuka 30-60 gerai baru di Jakarta. Bila tahun 2011 hanya terdapat 50-an gerai, tahun 2012, jumlahnya bertambah hampir dua kali lipat yaitu 100 gerai, sampai Desember 2014 gerainya pun bertambah lagi menjadi 190 gerai.

Penjualan bersih 7 Eleven di tahun 2014 naik 24,5% dari tahun sebelumnya yaitu Rp778,3 miliar menjadi Rp971,7 miliar. Dapat dikatakan, tahun itu menjadi masa keemasan Seven Eleven di Indonesia.

PaperCard

Tutupnya Seven Eleven di Indonesia

Memasuki tahun 2015, kinerja bisnis Seven Eleven mulai menurun. Saat itu, penjualan bersihnya tercatat sebesar Rp886,84 miliar. Untuk pertama kalinya, mereka menutup 20 gerainya di Indonesia.

Ada beberapa penyebab dibalik tutupnya Seven Eleven Indonesia, di antaranya:

1. Regulasi alkohol

Dikutip dari IDN Times, penurunan penjualan Seven Eleven juga disebabkan karena larangan penjualan beralkohol di minimarket. Ini diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minol.

Padahal, salah satu produk yang diminati di minimarketini adalah minuman beralkoholnya. Hal ini membuat pelanggan yang biasa membeli beer di Sevel beralih ke tempat lain.

2. Strategi pemasaran yang tidak tepat

Model penjualan yang digunakan oleh Seven Eleven adalah minimarket premium dengan kafe dalam satu tempat, namun ini kurang pas dengan pasar Indonesia.

Mengutip halaman Strategi Manajemen, Sevel mungkin menjadi contoh penerapan strategi produk stuck on the middle. Ingin menghadirkan layanan premium seperti Starbucks, tidak bisa dan ingin menggunakan prinsip supermarket yang efisien seperti Indomaret, namun terlanjur memberi kesan premium produknya.

3. Salah target

7 Eleven menyediakan berbagai jenis snack, kopi, makanan berat yang perlu dipanaskan, dan lainnya. Namun, hal ini malah menjadi boomerang tersendiri bagi Sevel, yang mana pada kenyataannya daya beli masyarakat rendah.

Banyak kalangan muda yang datang ke Seven Eleven untuk nongkrong berjam-jam hanya dengan membeli soft drink. Sehingga pendapatan yang masuk tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Memang awalnya, Sevel mengharapkan pelanggan yang datang akan membeli makanan premium yang mereka jual sambil nongkrong seperti di kafe pada umumnya. Namun kenyataannya tidak seperti itu, pelanggan yang datang hanya berjumlah sedikit, berbanding terbalik dengan jumlah anak muda yang nongkrong berjam-jam meski hanya membeli snack atau soft drink saja.

4. Tingginya biaya operasional dengan pemasukan yang sedikit

Biaya yang harus dikeluarkan Sevel sangat besar, namun pemasukan yang didapatkan sedikit. Sebagai contoh, biaya yang harus mereka keluarkan untuk memanaskan makanan sangat tinggi namun pembelinya sedikit. Akibatnya, banyak makanan yang dibuang karena tidak terjual.

Selain itu, Seven Eleven juga harus menyewa lahan luas di lokasi yang strategis. Ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena memang Sevel ingin menyediakan tempat nongkrong untuk para pelanggannya. 

Beberapa penyebab tersebut membuat 136 gerai Seven Eleven harus tutup di Indonesia pada tahun 2017. Ditambah, ketatnya persaingan dalam bisnis ini membuat Sevel gagal beradaptasi karena kompetitor hadir menawarkan harga yang lebih terjangkau dengan bangunan yang cukup luas sebagai daya tariknya.

Memang, Sevel menawarkan konsep minimarket yang unik untuk memanjakan pelanggannya dengan nongkrong kapan saja sehingga banyak ditiru oleh minimarket lain di Indonesia. Namun sayang, Sevel terus bertahan dengan konsep tersebut tanpa mengeluarkan inovasi baru sebagai pembeda dengan minimarket lain.

Baca Juga: 5 Contoh Waralaba Indonesia Yang Telah Mendunia Hingga Amerika!

Itulah beberapa informasi penting mengenai perjalanan Seven Eleven di Indonesia yang perlu kamu ketahui.

Banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari kasus tersebut, misalnya jika ingin bisnis terus berkembang, inovasi adalah satu hal yang wajib diperhatikan. Kamu bisa melakukannya dengan mengembangkan cara atau sistem bisnis dari tradisional menjadi digital.

Dalam hal ini,  tidak perlu memikirkan teknologi yang rumit, kamu bisa melakukannya dengan membuat invoice secara otomatis. Invoice digital dapat membantu kamu meningkatkan efisiensi bisnis karena prosesnya jauh lebih mudah, misalnya dengan menggunakan Paper.id.

Paper.id adalah platform invoicing dan pembayaran yang akan mempermudah kamu dalam pembuatan invoice antar bisnis secara praktis.

Bukan hanya membuat invoice dengan mudah, kamu juga bisa terima pembayaran secara digital dengan berbagai metode, seperti transfer bank, virtual account, marketplace, dan kartu kredit sekalipun tanpa harus menggunakan mesin EDC fisik.

Bagaimana, menarik sekali untuk pebisnis masa kini, bukan? Yuk gunakan Paper.id sekarang. Gratis, lho!

Nadiyah Rahmalia