Semua pelaku usaha pasti sangat senang apabila produk mereka laku dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, para pelaku usaha biasanya akan dilanda kegugupan apabila konsumen belum membayarkan tagihannya. Kenapa mereka khawatir? sebab, tertunggaknya sebuah pembayaran bisa menyebabkan arus kas bisnis mereka menjadi tidak lancar. Terlebih lagi, ada lebih dari satu orang yang melakukan penunggakan pembayaran.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh seorang pelaku usaha ketika para konsumen tidak membayarkan tagihannya tepat waktu. Pengingat faktur memang bisa menjadi senjata paling ampuh namun masih ada lagi cara lainnya yang bisa membuat pelanggan peka sehingga tagihan tidak tertunda lama.

Potongan Jika Membayar Lebih Awal

Feeling Happy- Paper.id
Feeling Happy- Paper.id

Semua pelaku usaha selalu menginginkan tagihan mereka dibayarkan lebih cepat. Bahkan, kalau bisa, konsumen langsung membayar di hari yang sama ketika invoice dikirimkan. Apakah hal tersebut sangat sulit dilakukan? tentunya tidak jika Anda memberikan trik-trik tertentu. Salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan potongan harga atau diskon tertentu.

Semua konsumen sangat menyukai diskon. Jadi, mereka pasti akan rela untuk membayarkan tagihan lebih awal dari waktu penagihan apabila mendapatkan potongan diskon ini. Diskon yang Anda berikan beragam, semuanya terserah kembali kepada Anda. Jika Anda merupakan tipe pelaku usaha yang tidak mau merasa rugi, tambahkan biaya ‘tak terduga’ pada harga produk awal sebelum memberikan potongan.

Invoice dikirimkan dan tagihan pembayaran didapatkan secara cepat. Sesimple itu, bukan?

Untuk memastikan invoice cepat dikirim, yuk, coba invoice digital dari Paper.id! Cukup 5 menit, invoice yang rapi dan profesional bisa kamu dapatkan dan langsung siap dikirim ke mitra bisnis lewat WhatsApp, email, dan SMS. Praktis!

Coba Buat Invoice Gratis Tanpa Daftar

Hanya 5 Menit & Mudah

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

Klik tombol di bawah untuk melanjutkan demo produk ini

Baca juga : Pembayaran Invoice Telat? Begini Cara Cerdas Mengatasinya!

Biaya Tambahan Jika Telat Melakukan Pembayaran

Charge Biaya
Charge Biaya

Ada banyak cara agar konsumen mau membayarkan invoice mereka lebih cepat. Selain memberikan diskon menarik di awal pembayaran, Anda juga bisa memberikan biaya tambahan terhadap pelanggan yang telat dalam melakukan pembayaran. Walaupun terkesan sangat keras, hal ini tentunya bisa menjadi ‘pengingat’ alami bagi mereka para konsumen yang suka lama dalam membayarkan tagihan.

Beberapa perusahaan konvensional pun masih menerapkan cara ini dan mereka menganggap jika pemberian biaya tambahan cukup ampuh. Biasanya, regulasi charge akan diberikan kepada pelanggan atau konsumen yang telat melakukan pembayaran lebih dari 15 hari.

Tenggang Waktu dengan Jatuh Tempo

Jatuh Tempo
Jatuh Tempo

Tidak ada satupun orang yang merasa senang apabila mendapatkan tagihan invoice berdekatan dengan jarak jatuh tempo. Karena hal itu, mereka pasti akan kesal dan telat dalam melakukan pembayaran. Hal semacam ini dapat dicegah oleh seorang pelaku usaha dengan cara mengirimkan invoice dalam jangka waktu tertentu.

Seorang pelaku usaha seharusnya mengirimkan invoice dalam tenggang waktu 7 hari sebelum tagihan jatuh tempo. Dengan begitu, pelanggan mereka bisa menyediakan uang tanpa harus kebingungan mencari lagi. Selain itu, Anda juga bisa mengingatkan para pelanggan kembali melalui pesan tertulis ataupun panggilan secara langsung. Tentunya, tetap dengan menggunakan kata-kata yang sopan.

Baca juga : Alasan Kenapa Perlu Memberikan Tempo Pembayaran Kepada Pelanggan

Sanjung dengan Bahasa yang Menarik

Membuat Invoice
Membuat Invoice

Membuat invoice tidak membutuhkan pakem-pakem tertentu. Seorang pelaku usaha bisa menggunakan cara mereka sendiri dalam mengirimkan tagihan kepada pelanggan. Akan tetapi, banyak sekali yang salah kaprah dengan hal ini. Sebab, invoice dibuat terlalu formal sehingga seorang customer tidak akan tertarik melihatnya. Padahal, permainan kata di dalam sebuah invoice dapat mengubah pandangan pelanggan dalam membayar tagihan.

Contohnya, Anda bisa menambahkan detail seperti “terima kasih, kami senang berbisnis dengan Anda” atau “terus tingkatkan kerjasama Anda dengan kami”. Terkesan tidak formal? Faktanya, sebuah studi menyimpulkan jika penggunaan bahasa yang menarik bisa meningkatkan pembayaran dari pelanggan sebanyak 5% lebih cepat.

Pengingat Faktur Berkala

Fitur Pengingat - Paper.id
Fitur Pengingat – Paper.id

Cara terakhir untuk membuat pelanggan membayar invoice tepat waktu adalah dengan menggunakan pengingat faktur secara berkala. Software Invoicing #1 di Indonesia, Paper.id menjadi tempat yang tepat buat para pelaku usaha menggunakan fitur tersebut. Pengingat faktur di Paper.id dikenal dengan nama invoice reminder yang akan memudahkan mereka mendapatkan pembayaran tagihan dari pelanggan.

Para pelaku usaha yang mengirimkan invoice di Paper.id tidak perlu lagi mengingatkan pelanggan untuk membayar tagihan sebab pelanggan telah diingatkan secara otomatis. Invoice lunas dalam waktu yang cepat, arus kas lancar, Anda bisa melanjutkan tugas untuk membesarkan bisnis. Tunggu apa lagi, klik disini untuk mempermudah bisnis Anda.

Daniel Nugraha