Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey via Kompas menyatakan bahwa ada paling tidak 15,5 juta (34,9%) remaja Indonesia mengalami masalah mental sementara, 2,45 juta (5,5%) lainnya mengalami gangguan mental. Dari jumlah yang tercatat tersebut hanya 2,6% yang mampu mengakses layanan konseling.

Bulan ini, mari kenalan dengan Smile Consulting Indonesia, Pusat Pelayanan Psikologi (Biro Psikologi) yang merupakan pengguna Paper.id. Telah berdiri sejak tahun 2013, Smile Consulting Indonesia menjawab tantangan kesehatan mental Indonesia dengan berkomitmen untuk memberikan layanan psikologi dan pengembangan diri terbaik. Berlokasi strategis di Jakarta, Smile Consulting Indonesia punya misi untuk memberi dampak positif bagi kesehatan mental Indonesia.

Sejak berdiri sepuluh tahun lalu, Smile Consulting Indonesia telah dipercaya lebih dari 2000 klien baik perorangan maupun instansi dengan berbagai layanannya. Namun, seperti semua bisnis, tentu ada tantangan tersendiri, khususnya di bidang jasa yang cukup spesial ini. 

Ini dia kisah lengkapnya langsung dari Gunawan Soewito, M.Psi., CHt selaku pendiri dan juga seorang Psikolog profesional, yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan Paper.id untuk menyelesaikan problematika bisnisnya hingga bertahan dan berkembang sampai sekarang.

Baca Juga: Kisah Sukses PT Dahara Cipta Mandiri: Memproduksi Sayur dan Buah Organik yang Berkualitas

Smile Consulting Indonesia, Menjawab Kebutuhan Layanan Psikologi di Indonesia

smile consulting indonesia

Biro layanan psikologi ini didirikan atas kecintaan sang founder terhadap dunia psikologi dan keinginan besarnya untuk meningkatkan kesehatan mental di Indonesia. Harapannya, lebih banyak orang dapat mengakses layanan psikologi dan jumlah yang memahami pentingnya konseling psikologi pun meningkat. Bahkan, awalnya layanan diberikan secara gratis dengan tujuan untuk membantu memberikan akses konsultasi psikologi jadi lebih mudah dan bisa diminati. 

Dalam perjalanan tersebut, ditemukan tantangan yang berupa miskonsepsi terhadap dunia psikologi. Misalnya, banyak yang beranggapan bahwa layanan konseling hanya dibutuhkan bagi orang yang mengalami tekanan atau kendala psikis saja.

Padahal, konseling juga penting untuk memetakan minat dan bakat seseorang terhadap karier atau pilihan pendidikannya. Oleh karenanya, Smile Consulting Indonesia berfokus menyediakan layanan asesmen potensi (psikotes), asesmen kompetensi, talents mapping, dan analisis sidik jari yang tujuannya mengarahkan individu untuk memaksimalkan talentanya di tempat yang tepat, sehingga tenaga kerja Indonesia dapat meningkatkan kualitasnya lebih baik lagi.

Untuk memastikan potensi dapat dipetakan dan dikembangkan sejak dini, saat ini sedang dipersiapkan pula layanan psikologi perkembangan anak dan layanan psikologi dengan pendekatan holistik.

Semakin berkembangnya usaha, Pak Gunawan Soewito melihat fokus lain untuk mengajak kolaborasi dari sesama rekan ahli psikologi untuk memajukan layanan psikologi Indonesia. Sehingga, lebih banyak lapangan kerja di bidang psikologi terbuka bagi para praktisi yang profesional. Pasalnya, semakin banyak kesadaran akan kebutuhan psikologi di Indonesia, semakin banyak ahli yang dibutuhkan dengan beragam fokus.

Selain menambah jumlah ahli, Dr. Silverius Y. Soeharso, S.E., MM.Psi, menyebutkan pentingnya digitalisasi model konsultasi psikologi untuk mempermudah akses layanan bagi warga Indonesia sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga lebih banyak orang mudah mengakses layanan konseling. Maka dari itu, Smile Consulting Indonesia juga menawarkan layanan psikologi baik secara online maupun offline

Selain menawarkan solusi digital untuk pelayanan psikologi, biro layanan psikologi ini juga mengadopsi platform digital untuk meningkatkan dan menyelesaikan permasalahan bisnisnya, yaitu Paper.id.

Tantangan Operasi Bisnis Biro Psikologi

smile consulting indonesia

Selama beroperasi, Smile Consulting Indonesia menghadapi beberapa tantangan di setiap kenaikan jumlah penggunanya, baik dari segi industrinya sendiri maupun dari segi operasional. Namun, yang menjadi titik berat adalah terkait operasional, khususnya terkait invoicing dan pembayaran yang bisa berdampak buruk bagi bisnis.

Disebutkan, berikut adalah beberapa masalah yang sering jadi penghambat:

  • Opsi pembayaran: sulit menemukan metode pembayaran yang efektif dan sesuai dengan keinginan klien.
  • Keterlambatan pembayaran: klien lupa membayar tagihan sesuai jatuh tempo. Terkadang, bisnis juga lupa untuk menagih.
  • Banyaknya jumlah invoice yang dikelola: mengelola invoice secara tradisional memakan waktu yang lama dan rentan terjadi kesalahan.

Solusi Masalah Operasional Bisnis dengan Menggunakan Paper.id

Tanpa solusi digital, akan sangat sulit untuk memantau masing-masing invoice dan melakukan rekonsiliasi pembayaran. 

Setelah eksplorasi beberapa opsi, pilihan Smile Consulting Indonesia jatuh pada Paper.id yang menawarkan fitur-fitur gratis. Karena layanan yang diberikan gratis, Smile Consulting Indonesia mampu mencoba segala fitur yang ada dan memantapkan keputusannya. 

Menurut sang pemilik, permasalahan yang dirasakan mampu diselesaikan dengan fitur invoice dan pembayaran digital yang menjadi fitur unggulan Paper.id.

  • Opsi pembayaran: klien dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai (transfer bank, virtual account, QRIS, e-commerce, atau kartu kredit). Dana dari opsi mana pun diproses Paper.id dengan aman dan diteruskan ke Smile Consulting Indonesia sebagai penerima terakhir.
  • Keterlambatan pembayaran: fitur pengingat pembayaran otomatis memastikan klien akan diingatkan pada tanggal yang telah ditetapkan. Smile Consulting Indonesia hanya perlu mengatur tanggalnya saat membuat invoice. Sekarang, keterlambatan sudah berkurang secara signifikan.
  • Banyaknya jumlah invoice yang dikelola: membuat invoice secara digital jauh lebih cepat dan mudah. Karena sudah ada kolom-kolom input data yang tersedia, human error dapat dikurangi.

“Setelah menggunakan Paper.id, penagihan bisnis lebih mudah dan kami menerima pembayaran lebih tepat waktu. Sehingga, operasional 90% lebih efektif dan cash flow pun jadi lebih baik.” – Gunawan Soewito, Founder dan CEO Smile Consulting Indonesia

Ia pun menambahkan, kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh Paper.id memotivasi Smile Consulting Indonesia untuk menawarkan pelayanan yang lebih baik lagi untuk seluruh klien-kliennya.

“Sampai hari ini, Smile Consulting Indonesia sangat merasakan manfaat dari Paper.id. Kami berharap Paper.id pun dapat mendukung seluruh produk yang kami miliki ke depannya,” pungkasnya.

Selain menikmati kemudahan dari fitur-fitur utama Paper.id, Smile Consulting Indonesia juga tentunya terbantu dengan adanya akuntansi dasar yang dapat mencatat laporan keuangan setiap bulannya.

Demikianlah bagaimana Paper.id mampu menawarkan solusi bisnis bahkan untuk bisnis yang beroperasi di bidang jasa sekalipun.

Jika saat ini bisnismu belum yakin untuk menggunakan Paper.id, kamu pun dapat mencoba fitur-fiturnya secara gratis terlebih dahulu, seperti yang dilakukan oleh Smile Consulting Indonesia.

Yuk, segera daftarkan bisnismu dengan klik tombol di bawah ini dan rasakan mudahnya mengelola operasional bisnis dengan Paper.id!

Nadiyah Rahmalia