Masih banyak orang yang belum tahu mengenai pengertian sistem pembayaran, meskipun sistem pembayaran telah berkembang pesat di Indonesia. Saat ini, sudah ada berbagai model yang muncul untuk memudahkan proses transaksi antar pihak.

Terlebih, menurut data Bank Indonesia (BI) pada Januari 2021, menunjukkan bahwa penggunaan sistem pembayaran (uang elektronik dan dompet digital) meningkat selama pandemi COVID-19 dengan nilai transaksi mencapai Rp 11,14 triliun.

Data tersebut membuktikan bahwa sistem pembayaran telah membawa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat. Metode pembayaran konvensional kini mulai ditinggalkan dan orang-orang lebih memilih menggunakan pembayaran digital sebagai metode pembayaran.

Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis harus mengetahui sistem pembayaran secara baik dan benar! Dengan memahami pengertian dan manfaatnya, kamu akan lebih mudah dalam menjalankan bisnismu. Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Seberapa Penting E Payment Bagi Kemajuan UMKM?

Pengertian Sistem Pembayaran

Evolusi Sistem Pembayaran
Evolusi Sistem Pembayaran (Photo by Bank Indonesia)

Sistem pembayaran adalah sebuah sistem yang memungkinkan proses transaksi keuangan antara dua belah pihak atau lebih. Sistem pembayaran mencakup instrumen seperti uang tunai, cek, transfer bank, kartu kredit, kartu debit, dan dompet digital (e-wallet).

Metode pembayaran terbagi menjadi dua, metode pembayaran tunai dan non-tunai. Metode pembayaran tunai melibatkan penggunaan uang fisik atau tunai, sedangkan metode pembayaran non-tunai melibatkan transaksi digital.

Sistem pembayaran memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam berbisnis. Pasalnya, dengan sistem pembayaran memungkinkan transaksi bisnis menjadi lebih mudah, aman, dan efisien.

Manfaat Sistem Pembayaran untuk Bisnis

Sistem pembayaran memiliki beberapa manfaat penting bagi bisnis, di antaranya:

Meningkatkan Efisiensi Transaksi

Dengan menggunakan sistem pembayaran yang baik, bisnis dapat meningkatkan efisiensi dalam proses transaksi dan pengelolaan keuangan. Dengan sistem pembayaran yang lebih efisien, maka bisnis dapat meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya operasional.

Mempercepat Proses Pembayaran

Sistem pembayaran non-tunai seperti transfer bank, kartu kredit, atau e-wallet memungkinkan pembayaran yang lebih cepat dan efisien. Dalam hal ini, pembayaran dapat dilakukan secara online dan otomatis, yang menghilangkan beberapa tahap manual dalam proses pembayaran.

Selain itu, sistem pembayaran digital juga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dari mana saja dan kapan saja. Hal ini memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi dan memberikan pengalaman pembayaran yang lebih mudah dan nyaman.

Meningkatkan Keamanan 

Sistem pembayaran modern memiliki fitur keamanan yang canggih untuk melindungi transaksi dari kejahatan. Adanya teknologi keamanan seperti enkripsi dan otentikasi yang digunakan dapat melindungi informasi pembayaran.

Contohnya, penggunaan kartu kredit atau dompet digital seringkali memerlukan proses verifikasi tambahan seperti memasukkan kode verifikasi atau PIN untuk memastikan bahwa pembayaran yang dilakukan dan berasal dari pemilik kartu atau dompet digital yang sah.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang aman dan mudah digunakan, bisnis dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memperkuat citra merek.

Selain itu, dengan keamanan yang diberikan seperti enkripsi dan otentikasi, dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis dan membuat mereka merasa lebih nyaman dalam melakukan transaksi.

Baca juga: Mengenal QRIS: Metode Pembayaran Digital Standar di Indonesia

Kesimpulannya, dalam era digital yang semakin berkembang, penggunaan sistem pembayaran digital menjadi semakin penting bagi bisnis. Bisnis juga dapat mengakomodasi kebutuhan pelanggan dengan memberikan pengalaman pembayaran yang lebih nyaman dan mudah.

Mau pembayaran bisnis kamu jadi lebih praktis dan mudah? Gunakan Paper.id. Nikmati kemudahan melakukan pembayaran ke supplier dengan kartu kredit atau berbagai metode lainnya dengan fitur PaperPay Out!

Ayo dapatkan pengalaman terbaik dalam berbisnis dengan Paper.id. Jangan ragu daftarkan bisnis kamu sekarang juga dengan klik link di bawah ini!

Muhamad Dika Wahyudi