Fenomena pembayaran digital di Indonesia semakin berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sebab, pembayaran secara digital menawarkan kemudahan, kecepatan, dan efisiensi dalam bertransaksi, serta mengurangi ketergantungan pada uang tunai. 

Terlebih, kini muncul QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), pembayaran digital nasional yang diperkenalkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2020. QRIS ini merupakan salah satu pembayaran digital yang memanfaatkan kode QR (Quick Response) untuk melakukan transaksi.

QRIS dirancang untuk memudahkan transaksi pembayaran bagi masyarakat Indonesia, salah satunya untuk bisnis. Dengan QRIS, kamu selaku pemilik bisnis tidak perlu lagi menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) untuk melakukan transaksi, cukup dengan menggunakan kode QR yang disediakan oleh QRIS.

Meski sudah diperkenalkan sejak tahun 2020, masih banyak masyarakat Indonesia yang asing dengan QRIS. Hal ini disebabkan kurang edukasi dan sosialisasi mengenai QRIS, ditambah kurangnya infrastruktur digital di beberapa daerah, serta masih adanya masyarakat yang lebih memilih menggunakan uang tunai dibandingkan menggunakan digital payment.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai QRIS sebagai panduan dan sosialisasi bagi masyarakat Indonesia agar lebih paham mengenai teknologi ini. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan QRIS?

QRIS atau Quick Response Code Indonesia Standard merupakan sebuah kode standar pembayaran digital nasional yang diperkenalkan oleh BI atau Bank Indonesia pada tahun 2022. QRIS adalah metode pembayaran digital yang memanfaatkan kode QR (Quick Response) untuk melakukan transaksi pembayaran.

QRIS bisa dipakai untuk melakukan transaksi pembayaran di berbagai jenis bisnis, seperti e-commerce, supermarket, restoran, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) atau bahkan pedagang kaki lima. Di samping itu, QRIS juga mendukung berbagai jenis dompet digital atau E-wallet yang populer di Indonesia, seperti GoPay, OVO, dan DANA.

Cara Membaca QRIS

Menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjoyo cara baca QRIS yang benar adalah “kris” bukan “kyuris”. Dengan demikian, pendapat tersebut menyudahi perdebatan yang terjadi di media sosial soal penyebutan QRIS yang benar. 

Perry Warjoyo juga menambahkan, penyebutan “kris” tersebut lantaran berupaya di Indonesia-kan. Meski demikian, sebagian orang masih menyebutnya dengan “kyuris” dengan alasan kenyamanan dan karena kata tersebut berasal dari Bahasa Inggris.

Bagaimana Cara Membuat QRIS?

Bagian-bagian dari QRIS
Bagian-bagian dari QRIS (Photo by ASPI Indonesia)

Sebelum membuat QRIS, berikut syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Diantaranya:

  • Syarat QRIS untuk Pebisnis
  1. KTP pemilik usaha
  2. Nomor Kartu Keluarga yang sesuai dengan KTP
  3. Scan Akta Pendirian Usaha
  4. Scan foto NPWP perusahaan
  5. Scan Surat Kuasa Asli
  • Syarat QRIS untuk Pribadi
  1. KTP Pribadi
  2. Nomor Kartu Keluarga sesuai KTP

Setelah syarat-syarat tersebut terpenuhi, maka berikut langkah-langkah membuat QRIS, antara lain:

  • Kunjungi Website & Registrasi
  1. Akses website www.qris.id
  2. Setelah itu, klik tombol daftar QRIS atau akses www.qris.id/register
  3. Pilih jenis bisnis kamu dan lakukan pengisian formulir.
  • Pembayaran QRIS
  1. Setelah selesai melakukan pengisian form, lakukan pembayaran dengan menggunakan E-Wallet (GoPay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay, dan lain-lain).
  2. Jika sudah melakukan pengisian form tapi belum melakukan pembayaran, maka pendaftaran akan di pending maksimal 14 hari sebelum data isian dihapus.
  • Mendapatkan Notifikasi Registrasi
  1. Apabila sudah melakukan pembayaran, maka kamu akan mendapatkan notifikasi berisikan username dan password melalui email dan WhatsApp yang diinput di form pendaftaran
  2. Coba login di halaman dashboard untuk melengkapi dokumen fisik administrasi dengan mengunggah data secara mandiri.
  • Mengunggah Dokumen
  1. Lengkapi segara data kamu dan unggah dengan benar, maka pengajuan akan diproses untuk mendapatkan NMID (National Merchant ID) terhitung semenjak data diterima secara lengkap
  2. Jika data yang diunggah mengalami kendala, maka dalam waktu 1 x 24 jam akan diinfokan kembali untuk diperbaiki melalui email atau WhatsApp.
  • Mendapatkan Notifikasi Hasil Kelengkapan File
  1. Kamu akan menerima notifikasi melalui email dan WhatsApp, apakah data yang disimpan sudah benar, lengkap atau masih ada yang kurang.
  2. Apabila dokumen dan persyaratan sudah lengkap, maka kamu dapat langsung mencetak QRIS secara mandiri
  3. Namun, jika masih terdapat data yang salah, maka proses pengajuan wajib direvisi atau dilengkapi segera
  4. Gunakan dashboard QRIS sebagai monitoring transaksi uang masuk di QRIS
  5. Selesai. Kamu sudah bisa menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran digital di bisnismu.

Alternatif lainnya, kamu bisa mendapatkan kode QRIS-mu sendiri lebih mudah dengan menjadi pengguna Paper.id. Ayo, daftarkan segera bisnis kamu hanya di Paper.id.

Manfaat QRIS untuk Bisnis

Berikut beberapa manfaat QRIS untuk bisnis, antara lain:

  • Transaksi Lebih Mudah

Bagi kamu para pelaku usaha, menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran, maka kamu hanya perlu menyediakan satu kode QR saja.

Kamu tidak perlu menyediakan beberapa QR Code, cukup satu menggunakan QRIS, maka segala transaksi bisnis kamu agar berjalan mudah dan cepat.

  • Lebih Banyak Pembayaran

Dengan QRIS juga, maka berbagai metode pembayaran bisa diterima. Pelanggan bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan, mulai dari dompet digital hingga M-Banking tanpa harus khawatir ketersediaan QR Code. Hal ini tentunya bisa membuat para pelanggan melakukan pembayaran transaksi dengan non-tunai.

  • Mencegah Penipuan

Saat ini, masih banyak penipuan yang marak terjadi khususnya pada proses pembayaran tunai. Namun, dengan QRIS dapat meminimalisir segala bentuk penipuan. Misalnya, ketika banyak penipuan menggunakan mata uang palsu, kode QR dapat mencegah hal ini karena QRIS akan melakukan semua transaksi secara digital.

  • Proses Pendaftaran Mudah

Proses pendaftaran QRIS memang relatif mudah dan tidak memerlukan banyak dokumen atau persyaratan yang rumit. Hal ini bertujuan untuk mempermudah aksesibilitas bagi usaha kecil dan menengah yang ingin menerima pembayaran digital melalui QRIS.

  • Praktis Dipantau dan Dianalisa

Dengan menggunakan QRIS akan mencatat semua riwayat transaksi. Hal ini memudahkan pemantauan secara real-time, dan semua pengelolaan keuangan bisnis kamu akan lebih mudah.

Baca juga: Begini Keuntungan Transaksi Bisnis Menggunakan Kartu Kredit

Penggunaan QRIS untuk UMKM

Penggunaan QRIS sebagai salah satu bentuk pembayaran digital memudahkan para pelaku UMKM. Pasalnya, mereka tidak perlu lagi menyediakan berbagai jenis QR dari penerbit yang berbeda, cukup satu QR Code, maka mereka bisa menerima segala bentuk pembayaran digital. 

Meskipun QRIS menawarkan beberapa manfaat untuk pelaku UMKM, namun tantangan saat ini adalah lambatnya implementasi QRIS, yang disebabkan oleh fakta bahwa teknologi ini masih relatif baru, sehingga menyulitkan konsumen untuk menggunakannya.

Menurut survei Dailysocial pada Agustus 2021, terdapat beberapa penyebab mengapa QRIS masih terkendala dalam penggunaannya. Sebanyak 65,5% responden mengatakan bahwa kebanyakan merchant atau UMKM masih belum menerapkan QRIS sebagai metode pembayaran. 

Beberapa alasan mengapa merchant atau UMKM belum menerapkan QRIS sebagai metode pembayaran antara lain karena keterbatasan teknologi, biaya implementasi yang tinggi, dan kurangnya kesadaran serta pengetahuan mengenai manfaat dari QRIS. 

Selain itu, ada hal yang menarik lainnya, terdapat merchant yang sudah menerapkan QRIS namun jarang menawarkan metode pembayaran tersebut kepada para pelanggan, sehingga para pelanggan jarang mengetahui hal itu.

Dengan demikian, perlu adanya edukasi lebih luas terkait penerapan QRIS di UMKM atau usaha lainnya, meskipun dari data yang sudah disebutkan di atas sudah banyak yang memakai QRIS, namun faktanya masih banyak UMKM yang belum menyediakan QRIS sebagai alat pembayaran bisnis.

Penggunaan QRIS untuk Pembayaran Invoice

Paper.id merupakan aplikasi invoice gratis yang mudah digunakan untuk semua jenis usaha. Ada banyak metode pembayaran yang tersedia, termasuk QRIS yang bisa dipakai dengan gratis dan tidak perlu repot-repot lagi untuk daftar.

QRIS dapat digunakan untuk membayar invoice. Dengan demikian, hal ini sangat memungkinkan bagi kamu para pelaku bisnis yang ingin memberikan tagihan kepada pelanggan dapat menggunakan QRIS sebagai metode pembayarannya.

Transfer bank, E-Wallet, Virtual Account, dan layanan serupa lainnya sudah tidak diperlukan lagi. Kamu bisa memberikan invoice tagihan dengan cepat hanya dengan satu metode pembayaran, QRIS.

Jadi lebih mudah kan? Ayo gunakan Paper.id sekarang juga untuk mempermudah pembayaran invoice bisnismu dengan QRIS dan jangan lupa daftarkan juga perusahaan kamu dengan mengklik tombol tautan di bawah ini.

Muhamad Dika Wahyudi