Mendekati lebaran, sebagai pelaku bisnis, kamu perlu waspada terhadap lonjakan bahan baku yang dapat mempengaruhi ketersediaan dan keuntungan bisnis. Sebab, semakin melonjak harga bahan baku, semakin menurun pula daya beli pelanggan.

Mengutip dosen Ekonomi Islam Dr. Tika Widiastuti S.E, M.Si dari media Dinas Kominfo Jatim pada 18 April 2023 kemarin, yang menuturkan bahwa lonjakan harga bahan baku sebenarnya tidak hanya menjelang lebaran saja, tetapi umum terjadi pada momen hari besar keagamaan.

Menurut Dr. Tika, secara konsep kenaikan harga bahan pokok disebabkan oleh adanya inflasi. Kenaikan inflasi tersebut disebabkan oleh dua hal, yaitu dorongan biaya (cost push inflation) dan tarikan permintaan (demand pull inflation).

Tarikan permintaan inilah yang kerap menyebabkan terjadinya lonjakan harga bahan baku jelang lebaran. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara untuk kamu mengantisipasi kenaikan harga bahan baku jelang lebaran agar tetap menjaga keuntungan bisnis. Antara lain:

Harus Bisa Mengevaluasi Keputusan Pembelian

Kamu harus lebih cermat dalam menentukan pembelian bahan baku jelang lebaran. Pertama, lakukan analisis biaya-manfaat, maksudnya apakah pembelian bahan baku sepadan dengan manfaat yang diperoleh dari penggunaannya?

Pertimbangkan segi harga, kualitas, dan manfaat bahan baku yang dibeli, serta perhitungkan dampak potensial kenaikan harga di masa depan. Ini akan membantu kamu menentukan apakah harga bahan baku tersebut sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Selain itu, lakukan juga pemeriksaan stok bahan baku secara rutin, tujuannya untuk mengetahui berapa banyak bahan baku yang tersedia dan berapa banyak yang akan dibutuhkan dalam waktu dekat. 

Baca juga: Pengiriman Bahan Baku Telat Dikirim Saat Libur Lebaran? Atasi dengan Cara Ini!

Lebih Bijak dalam Mengalokasikan Anggaran

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan
Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (Photo by MRB Finance)

Kamu harus lebih bijak dan cerdas dalam mengalokasikan anggaran untuk membeli bahan baku. Sesuai studi dari McKinsey & Company pada 2019 yang menunjukkan bahwa perusahaan yang mengelola biaya dengan cermat cenderung lebih bertahan dibandingkan yang tidak.

Dalam situasi kenaikan harga bahan baku yang signifikan jelang lebaran, memiliki beberapa supplier dapat membantu kamu memperoleh harga yang lebih baik. Jangan pernah gantungkan kebutuhan bahan baku usaha kamu hanya pada satu supplier saja.

Selain itu, kamu juga bisa bermitra langsung dengan petani atau produsen bahan baku. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh pasokan harga bahan baku yang lebih stabil dan tentunya harganya lebih terjangkau.

Cari Supplier Alternatif

Ketika harga bahan baku alami lonjakan jelang lebaran, mencari supplier alternatif menjadi salah satu cara yang bijak. Tentukan kriteria supplier alternatif yang dibutuhkan, seperti kualitas bahan baku, harga, kapasitas produksi yang memadai, dan kemampuan untuk memenuhi persyaratan khusus bisnis.

Setelah itu, kamu saring calon supplier dengan membandingkan kriteria yang ditetapkan. Periksa juga profil perusahaannya, pengalamannya, bersertifikasi atau tidak, dan referensi dari supplier potensial.

Terakhir, coba kamu negosiasi harga dengan masing-masing supplier. Jelaskan kebutuhan bisnis kamu dan tawarkan kontrak jangka panjang untuk memperoleh harga yang lebih bersahabat.

Coba Kurangi Biaya di Sektor Lain Terlebih Dahulu

Dalam mengurangi biaya di sektor lain, kamu harus memastikan bahwa pengurangan biaya tidak berdampak negatif pada kualitas produk yang diberikan. kamu harus tetap berfokus pada pengeluaran yang paling penting dan mencari solusi alternatif yang kreatif.

Misalnya, kamu bisa mengoptimalkan menjaga kualitas produk dengan teknik shrinkflation, salah satu trik cerdas yang bisa kamu lakukan dalam mengurangi ukuran yang ada pada produk. Teknik ini kerap dilakukan banyak pebisnis dalam mengurangi biaya produk.

Baca juga: Mengenal Shrinkflation, Trik Mengurangi Ukuran Produk Secara Diam-Diam

Demikianlah beberapa cara untuk kamu mengantisipasi kenaikan harga bahan baku jelang lebaran. Dalam menghadapi situasi lonjakan harga bahan baku menjelang lebaran, kamu perlu memiliki strategi yang tepat agar bisnis tidak berdampak secara signifikan.

Manfaat Pakai PaperPay Out
Manfaat Pakai PaperPay Out (Dok. Pribadi)

Atau kamu juga bisa kelola bisnis menjadi lebih hemat dan praktis dengan menggunakan Paper.id. Tanpa ribet, kamu bisa bayar supplier dengan kartu kredit pakai fitur PaperPay Out karena kamu bisa dapat tempo tambahan, jadi tagihannya bisa dibayar bulan depan deh!

Tertarik? Yuk, dapatkan kemudahan dalam mengelola bisnis dengan Paper.id. Daftarkan segera bisnis kamu dengan klik tombol di bawah ini!

Muhamad Dika Wahyudi