Ingin memperbarui sistem absensi karyawan Anda? Berikut adalah daftar lengkap dengan rekomendasi Aplikasi Absensi Online Android & IOS Berbasis Web yang membantu perusahaan maupun karyawan dalam pencatatan kehadiran secara real-time dan akurat.

Dengan mempertimbangkan kebutuhan dan skala perusahaan, Anda dapat memilih aplikasi yang paling cocok untuk meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan pengawasan kehadiran, dan menyederhanakan proses administratif secara keseluruhan. 

Daftar Aplikasi Absensi Kehadiran Karyawan Online

1. Aplikasi absensi online Hadirr

aplikasi absensi online hadirr

Aplikasi absensi Hadirr memiliki kelebihan dibandingkan aplikasi lain karena tidak hanya mencatat kehadiran, tetapi juga membantu operasional perusahaan, terutama di bagian HRD dan sales.

Menggunakan teknologi pengenalan wajah atau face recognition, Hadirr memungkinkan karyawan dapat melakukan absensi dengan cara selfie yang didukung oleh GPS.

Metode ini cukup canggih di era gempuran digital karena bisa mengurangi peluang kecurangan. Hadirr mencatat waktu kerja dan kehadiran karyawan melalui fitur-fitur seperti Clock in/out, Reimbursement, Timesheet, Pengaturan Shift Kerja, Pengaturan Jam Lembur, Memonitor Kinerja Tim Sales Lapangan (Hadirr Sales) serta terintegrasi dengan sistem penggajian Gadjian.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Kwitansi, Terbaik dan Mudah Digunakan!

2. Clockify – Time Tracker

Aplikasi Android untuk absensi karyawan ini menyediakan solusi gratis dengan fokus pada pengelolaan absensi melalui dua fitur utama, yaitu timetracker dan timesheet. Selain itu, Clockify juga menawarkan laporan evaluasi performa dan proyek yang mempermudah pengawasan terhadap kinerja karyawan.

3. Quickbooks Time

Dengan fitur timesheet, Quickbooks Time memberikan kemudahan bagi HR dalam memantau aktivitas pegawai. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pemeriksaan waktu, pembuatan jadwal, manajemen waktu istirahat, dan pelacakan durasi kerja pegawai.

4. Hubstaff

Hubstaff adalah aplikasi absensi online yang ideal bagi perusahaan dengan banyak karyawan yang bekerja di lapangan. Keunggulannya terletak pada layanan fitur yang memungkinkan pemantauan aktivitas karyawan secara real-time menggunakan GPS.

5. Wifi Attendance

Dengan menggunakan jaringan WiFi sebagai kontrol absensi karyawannya, Wifi Attendance adalah aplikasi yang tidak menggunakan sistem selfie dan GPS sebagai fiturnya. Namun, Anda tetap dapat melakukan timetracking serta membuat rekap absensi karyawan.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Investasi Online, Tambahan Pemasukan Pasif Untukmu!

Kelebihan Aplikasi Absensi Online Hadirr

Dalam era digital seperti sekarang, sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem hybrid yaitu kombinasi antara work from home (WFH) dan work from office (WFO). Aplikasi Hadirr yang berbasis Android & IOS, menjadi solusi yang sangat memudahkan perusahaan dalam melakukan pencatatan seperti absensi digital hingga reimbursement online.

Terdapat beberapa keunggulan fitur-fitur aplikasi Hadirr yang dapat membantu pekerjaan HR dan karyawan lapangan:

  • Absensi Digital: Karyawan dapat melakukan absen di lokasi yang telah ditentukan melalui ponsel dengan cukup melakukan selfie, tanpa khawatir tentang manipulasi lokasi.
  • Daftar Kerja: Karyawan dapat mencatat daftar pekerjaan harian melalui ponsel, sementara Anda dapat memantau produktivitas mereka dari jauh.
  • Reimbursement Online: Proses klaim reimbursement menjadi lebih mudah. Divisi HR dan finance dapat berkoordinasi serta menyetujui pembayaran reimbursement yang diunggah oleh karyawan ke sistem Hadirr.
  • Lend App: Jika karyawan lupa membawa ponsel, mereka tetap dapat merekam aktivitas kehadiran mereka melalui fitur Lend App di ponsel rekan mereka.
  • Shift Kerja: Karyawan dapat melihat jadwal shift mereka dari aplikasi yang sudah ditentukan oleh manajemen perusahaan.
  • Lembur: Pengelolaan lembur dapat dilakukan dengan mudah dan terdokumentasi secara rinci minim human error.
  • Hadirr Sales: Divisi sales/penjualan dan karyawan lapangan dapat mencatat jadwal kegiatan kunjungan klien secara real-time, memudahkan manajemen waktu karyawan.
  • Integrasi dengan Payroll Gadjian: Hadirr terintegrasi dengan aplikasi payroll online Gadjian. Fitur unggulan yaitu perhitungan gaji, tunjangan, PPh 21/26, THR, hingga uang lembur juga tersedia. 

Beralilh ke aplikasi absensi online Hadirr secara GRATIS sekarang juga! Segera coba dan nikmati beragam fiturnya!

*Artikel ini hasil kerja sama antara Hadirr dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi