Bagaimana Cara Membuat QRIS Untuk Pebisnis Mudah & Cepat | Sumber: qris.id

Paper.id Blog – Di era perkembangan pembayaran digital saat ini, sudah banyak berbagai metode pembayaran yang digunakan didalam transaksi. Mulai dari bank transfer, kartu kredit, debit card, hingga QRIS.

QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Code. Ini adalah standarisasi pembayaran dengan memakai metode QR Code dari Bank Indonesia.

Tujuan utama dalam penggunaan metode pembayaran QRIS ialah untuk mendorong efisiensi, transaksi, hingga mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Buat para pengusaha bisnis bagaimana cara membuat QRIS mudah & cepat? Berikut penjelasannya.

Syarat dan Ketentuan Untuk Membuat QRIS

Saat ini, sudah ada 15.7 juta bisnis yang telah menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran transaksi bisnis. Sebelum lanjut untuk membuat QRIS, berikut syarat dan ketentuan didalamnya.

Syarat QRIS untuk Pebisnis:

  • KTP Pemilik Usaha
  • Nomor Kartu Keluarga yang sesuai dengan KTP
  • Scan Akta Perusahaan Nama Badan Usaha
  • Scan Foto NPWP Perusahaan Anda
  • Scan Surat Kuasa Asli

Syarat QRIS untuk Individual

  • KTP Individu
  • Nomor Kartu Keluarga yang sesuai KTP

Cara Membuat QRIS Untuk Pebisnis

Setelah kalian mengetahui syarat dan ketentuan dalam pembuatan QRIS. Berikut bagaimana cara membuat QRIS untuk pebisnis mudah:

  1. Isi seluruh data , kemudian isi varian pembayaran, dan unggah dokumen hingga lengkap.
  2. Para pemilik usaha harus menandatangani formulir syarat dan ketentuan berlaku.
  3. Setelah itu, sistem akan memvalidasi data yang kalian kirim
  4. Kalau data yang kalian kirim itu sudah benar, maka secara otomatis akan didaftarkan ke PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN)
  5. Setelah itu, kalian harus menunggu untuk mendapatkan National Merchant ID atau NMID dari PTEN.
  6. Setelah mendapatkan NMID, maka sistem secara otomatis akan mengirimkan username dan password ke email kalian.
  7. QRIS akan keluar dan setelah keluar akan langsung di cek oleh tim InterActive. Pengecekan ini bertujuan untuk melihat apakah QRIS berfungsi dengan baik atau tidak.
  8. Apabila NMIS dan QRIS telah lulus kontrol, maka selanjutnya proses desain. Tahapan ini bertujuan agar tampilan InterActive QRIS sesuai dengan standar QRIS yang ada dan telah diatur oleh ASPI.
  9. Setelah proses design, maka QRIS akan muncul di dashboard, dan kalian bisa mendownload file tersebut.

Keuntungan Menggunakan QRIS

Nah setelah mengetahui bagaimana cara membuat QRIS untuk pebisnis secara mudah, kalian juga harus tahu nih keuntungan dari QRIS itu sendiri.

QRIS memiliki keuntungan, bagi individu, pembayaran dari transaksi akan terasa lebih cepat, kemudian praktis, dan lebih aman.

Sedangkan dari sisi Merchant QRIS memiliki keuntungan dalam meningkatkan penjualan, meningkatkan branding, mengikuti trend terkini, dan pembayaran cepat, terhindar dari penipuan, dan lain sebagainya.

Nah gimana? untung bukan? Buat kalian para pelaku usaha yang ingin mengintegrasikan metode pembayaran QRIS dengan invoice online. Kalian bisa menggunakan Paper.id.

Dengan Paper.id sebagai aplikasi invoice online, kalian bisa mengirim invoice ke pelanggan sekaligus pembayarannya nih, nah pembayarannya pun bisa menggunakan metode QRIS loh. Yuk, pakai Paper.id sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini.

(Visited 82 times, 1 visits today)