Paper.id Blog – Di zaman sekarang, transaksi online banyak digunakan oleh masyarakat dikarenakan lebih mudah dan juga cepat. Kalian bisa melakukan transaksi online seperti transfer uang, hingga pembayaran digital.

Namun, saat ini masih banyak sekali orang yang ragu untuk melakukan transaksi online dengan menggunakan kartu debit. Kalian tidak perlu khawatir, selama kalian mengikuti arahan dengan baik, maka transaksi kalian akan aman. Berikut tips melakukan transaksi online dengan kartu Debit agar online payment berjalan lancar

Baca Juga: 5 Bisnis Online Untuk Mahasiswa dan Mudah Dilakukan!

Tips Transaksi dengan Kartu Debit

1. Atur limit pemakaian

Hal yang pertama bisa kalian coba ialah, kalian bisa mengatur limit pemakaian dalam bertransaksi. Selain dari faktor keamanan juga, banyak sekali orang merasa khawatir akan belanja berlebihan. Oleh karena itu penting bagi kalian mengatur limit pemakaian kartu debit kalian.

Untuk menghindari pemborosan karena belanja berlebihan. Kalian bisa mengatur limit pemakaiannya dengan bijak. Contoh ketika ada saldo 5 juta di rekening, maka 1 juta dipakai untuk berbelanja.

2. Menggunakan Jaringan Internet Privat

Tips kedua, kalian bisa menggunakan jaringan internet yang privat. Saat sedang melakukan transaksi, sebaiknya gunakan jaringan internet yang privat, agar keamanan data kalian bisa terjaga. Hindari memakai WiFi publik secara gratis. Jaringan Publik rawan terjadi pembobolan serta pencurian data.

Apalagi kalau kalian menggunakan kartu debit sebagai pilihan metode pembayaran. Data yang kalian gunakan cukup sensitif dan menyangkut keamanan uang kalian.

3. Merahasiakan Kode OTP

Kode OTP atau biasa disebut dengan One Time Password merupakan sebuah informasi rahasia yang tidak boleh diketahui oleh siapapun.

Nah ketika sedang melakukan transaksi online, biasanya pihak bank akan mengirimkan kode OTP yang hanya boleh diketahui oleh kalian saja. Itu memastikan bahwa kalian melakukan transaksi secara sadar.

Penyalahgunaan OTP bisa menyebabkan pada pembobolan rekening digital.

4. Melakukan Transaksi di tempat Belanja yang Terpercaya

Terakhir, selain kalian harus bisa menjaga dari sisi kalian sendiri, kalian juga wajib memastikan bahwa tempat untuk melakukan transaksi tersebut telah terverifikasi dan terpercaya.

Kalian bisa memilih merchant yang jelas dan sudah memiliki izin operasi, hal ini tentunya berguna agar kalian tidak mengalami penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: 5 Cara Sukses Berjualan Online untuk Pemula!

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tips buat kalian yang ingin melakukan transaksi online dengan kartu debit.

Buat kalian pemilik bisnis, sebaiknya sediakan opsi transaksi online dengan kartu debit, dimana itu akan memudahkan para pelanggan atau supplier untuk memilih metode pembayaran untuk transaksinya.

Selain itu juga agar para pelanggan percaya kalau bisnis kalian itu aman. Pakailah metode pembayaran yang aman dari Paper.id

Paper.id merupakan platform pembayaran antar bisnis dan terintegrasi bagi para pebisnis mulai kecil hingga besar, agar operasional bisnis tetap berjalan lancar serta arus kas anti macet.

Dengan Paper.id, kalian tidak perlu khawatir dengan keamanan data kalian, sistem keamanan dari paper.id sudah berlapis. Yuk! Buruan Daftar Paper.id untuk memudahkan bisnis kalian sekarang juga!