Paper.id Blog – Di era perkembangan teknologi yang cepat ini membuat bisnis beralih dari konvensional menjadi online. Marketplace untuk berjualan online telah diminati oleh banyak pelaku bisnis.

Marketplace merupakan sebuah platform, dimana para penjual dapat menjual barang mereka secara online. Sekarang banyak sekali marketplace yang ada di Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya.

Dengan hadirnya marketplace, orang-orang tidak perlu lagi keluar rumah untuk mencari tempat untuk berbisnis. Sekarang orang yang ingin berbisnis hanya perlu menggunakan ponsel yang tersambung dengan koneksi internet dan bisa dilakukan di rumah.

Selain menawarkan banyak seklai fitur yang tersedia untuk bisins, marketplace juga menawarkan beragam fitur yang memungkinkan penjual dan juga pembeli melakukan transaski bersama sama, sehingga memudahkan kedua pihak.

Yuk simak artikel dibawah ini, untuk mengetahui cara-cara yang bisa diterapkan agar bisnis online kalian sukses di marketplace.

Tips Sukses Berjualan Online di Marketplace untuk Pemula!

Sekarang, banyak sekali masyarakat yang berbelanja secara online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat peluang para pelaku bisnis untuk sukses semakin besar.

Walaupun begitu, kalian juga harus tetap memiliki pengetahuan dasar tentang perencanaan bisnis yang matang sebelum kalian berjualan online. Berikut adalah beberapa tips sukses berjualan online di marketplace.

Baca Juga:Keuntungan Bisnis Online Menggunakan Metode Pembayaran QRIS

1. Memilih Marketplace yang Populer

Hal yang pertama bisa kalian terapkan ialah, kalian bisa memilih Marketplace populer untuk tempat berjualan kalian. Pilihlah platform marketplace yang terpercaya dan sudah digunakan oleh banyak orang.

Marketplace yang sudah terkenal, biasanya akan memiliki banyak pengguna, dan itu akan memudahkan kalian dalam berbisnis, hal ini dikarenakan toko kalian akan lebih mudah untuk ditemukan oleh para pelanggan.

Beberapa contoh marketplace yang bisa dijadikan opsi tempat berbisnis ialah Tokopedia,BukaLapak, Shopee, dan lain sebagainya.

2. Menjual Produk-Produk yang Berkualitas

Kedua, setelah kalian menentukan marketplace mana yang ingin dijadikan tempat berjualan online, selanjutnya kalian menentukan untuk menjual produk produk yang berkualitas.

Kalian harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Di Marketplace kalian bisa menjual beragam macam produk dalam satu toko. Hal ini akan membuat menarik pembeli nantinya.

Jangan lupa untuk menjual produk berkualitas dalam kondisi terbaik, sehingga para pelanggan akan puas dengan pelayanan yang kalian berikan.

3. Menambahkan Foto dan Deskripsi dari Produk

Ketiga, setelah kalian menentukan produk apa saja yang ingin dijual dan tentunya sudah yakin bahwa produk tersebut berkualitas, kalian bisa menambahakan foto, dan deskripsi dari produk tersebut.

Memasukan foto atau deskripsi dari produk merupakan hal yang penting dalam menarik pembeli. Oleh karena itu, gunakanlah foto yang menarik dan tambahkan juga deskripsi dari produk supaya jualan kalian makin laris.

Kalian bisa menggunakan foto atau gambar asli dari produk, supaya para pelanggan tidak kecewa nantinya ketika mereka membeli produk kita. Selain itu juga di deskripsi produk, kalian bisa menambahkan harga, berat dan kriteria lainnya di dalamnya, agar pelanggan bisa mengetahui secara detail dari produk tersebut.

4. Memberikan Promo yang Menarik Pelanggan

Dalam mempromosikan produk kita, salah satu hal yang bisa kita gunakan ialah promo, promo masih menjadi salah satu teknik pemasaran yang ampuh untuk mendatangkan pelanggan.

Oleh karena itu, coba kalian tawarkan beberapa macam produk seperti cashback, hingga diskon untuk para pelanggan kalian. Hal ini tentunya akan membuat para pelanggan kalian bisa berbelanja lagi dan lagi.

5. Memanfaatkan Fitur yang Tersedia di Marketplace

Terakhir, kalian bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di marketplace. Semua fitur yang tersedia di Marketplace biasanya dirancang untuk memudahkan transaksi jual beli.

Salah satu contoh fitur yang ada di marketplace ialah Shopee Pay, dimana mereka menyediakan untuk memudahkan para pelanggan membayar melalui satu aplikasi yang sama. Selain Shopee Pay, Marketplace juga menyediakan berbagai macam metode pembayaran untuk mempermudah para pelanggan dalam bertransaksi.

Hal ini akan memudahkan para pelanggan melakukan transasksi, dan tidak perlu aplikasi perantara dalam membayarnya.

Baca Juga:5 Cara Mencapai Target Penjualan untuk Bisnis!

Kesimpulan

Itulah beberapa tips sukses berjualan online di marketplace untuk pemula. Kalian bisa menerapkan artikel tersebut dalam bisnis kalian nantinya. Selain itu juga kalian bisa menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh marketplace itu sendiri, seperti fitur pembayaran transaksi.

Untuk kalian yang memiliki bisnis online di luar marketplace, kalian bisa menggunakan produk Paper Pay In dari Paper.id, untuk mempermudah para pelanggan melakukan pembayaran dengan cepat dan praktis.

Yuk! Buruan daftar paper.id untuk mempermudah kalian dalam mengelola bisnis, dan juga pembayaran, baik itu dari pelanggan atau pun pembayaran ke supplier.