Aplikasi Pembukuan 8 juta pemilik usaha yang tersebar di Indonesia, baru kurang lebih 3 juta diantaranya yang terjun ke dunia online. Dalam artian, kurang dari 50% dari mereka yang ‘melek’ teknologi dan menggunakannya untuk pengembangan bisnis. Lantas, bagaimana dengan sisanya? Mereka masih terpaku dengan cara manual.

Selain melakukan pemasaran, baik media sosial ataupun marketplace, dunia online ternyata juga bisa dipergunakan untuk mengelola bisnis. Misalnya, kamu tidak perlu lagi membuat pencatatan di sebuah buku. Kemudian, kamu tidak perlu takut apabila buku tersebut rusak karena terkena air ataupun karena sudah tua.

Di dalam bisnis, kegiatan mencatat seluruh laporan bisnis, baik itu keuangan, beban dll, dinamakan sebagai pembukuan. Pembukuan biasanya dicatat rapih dalam sebuah buku. Namun saat ini, kamu bisa melakukannya lebih mudah melalui smartphone kamu. Di bawah ini, terdapat 5 aplikasi pembukuan terbaik yang jarang diketahui pemilik usaha.

Apakah kamu sudah menggunakannya?

Quickbooks

Quickbooks Online

Quickbooks Online

Aplikasi pembukuan terbaik pertama adalah Quickbooks Online. Hingga akhir 2018, pengguna dari Quickbooks sudah mencapai 6,5 juta dan terus bertambah. Salah satu keunggulan dari mereka adalah integrasi antar fitur, mulai dari akunting, pembukuan, hingga pengiriman invoice ke pelanggan.

Tampilan menarik dari Quickbooks juga menjadi daya tarik para pelanggan. Toko online menjadi salah satu pengguna aplikasi pembukuan ini. Namun sayangnya, kamu tidak bisa menggunakan Quickbooks secara gratis terus menerus, ada harga yang harus dibayarkan dalam jangka panjang.

Freshbooks

COA Freshbook

COA Freshbooks

Jika mencari aplikasi pembukuan yang sudah sangat ‘senior’, Freshbooks mungkin merupakan jawabannya sebab sudah ada sejak tahun 2004 silam. Jumlah 5 juta pengguna menjadi bukti jika Freshbooks memiliki tempat sendiri di hati para penggunannya. Lantas, apa sih kekebihan dari Freshbooks dibandingkan yang lain?

Freshbooks tersedia dalam beberapa bahasa yang berbeda karena mereka memang telah memiliki banyak pengguna di berbagai negara. Walaupun begitu, kamu harus membayarkan biaya berlangganan perbulan apabila ingin menggunakannya dalam jangka panjang. Ada yang gratis selamanya? baca hingga selesai habis.

Wave Apps

Wave Apps

Wave Apps

Mencari aplikasi pembukuan yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis? Wave Apps mungkin bisa menjadi solusinya. Aplikasi untuk para pemilik bisnis ini bisa didapatkan di playstore ataupun appstore. Hebatnya lagi, Wave Apps sudah terintegrasi ke dalam sistem cloud sehingga kamu bisa akses juga melalui website.

Dengan Wave, proses akunting dan invoicing menjadi lebih sederhana. Pengguna juga tidak perlu lagi khawatir pencatatan mereka hilang sebab semuanya tercatat secara rapih di dalam Wave Apps. Satu kendalanya adalah ketiadaan bahasa Indonesia yang menyulitkan pengguna di Indonesia.

Kashoo

Kasho

Kasho

Dibandingkan dengan aplikasi pembukuan yang lain, Kashoo mungkin masih cukup muda. Walaupun begitu, Kashoo mengklaim jika mereka telah memiliki lebih dari 200 ribu pengguna aktif di smartphone dan juga website. Lantas, apa kelebihan mereka dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya?

Kashoo cukup aktif dalam hal maintaning pengguna. Maksudnya, mereka kerap melakukan visitasi ke pengguna dan juga menggunakan webinar sebagai wadah untuk mempermudah para penggunanya dalam memahami cara pakai Kashoo. Sayangnya, kamu harus bayar cukup mahal untuk menggunakannya untuk waktu yang lama.

Aplikasi Pembukuan: Paper.id

Fitur Terbaru Paper.id

Fitur Terbaru Paper.id

Terakhir, aplikasi pembukuan terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Paper.id. Berbasis di Indonesia, Paper.id telah digunakan lebih dari 40 ribu pelaku usaha kecil dan menengah. Apa saja yang bisa kamu gunakan di Paper.id? Pembukuan hanyalah salah satu diantara berbagai fitur istimewa di dalam Paper.id.

Selain itu, kamu juga bisa membuat dan mengirim invoice ke mitra ataupun supplier. Jika kamu punya stok yang melimpah namun sulit diatur, Paper.id memiliki sistem pengelolaan stok yang sudah terintegrasi dengan invoice. Maksudnya, jika kamu mengirim invoice, otomatis barang dalam stok akan berkurang.

Apa kelebihan Paper.id dibandingkan keempat aplikasi sebelumnya? Paper.id menggunakan bahasa Indonesia sehingga mudah dipahami oleh para pelaku ukm. Pelayanan juga sangat cepat dan responsif sehingga kamu tidak perlu takut ada masalah dengan laporan bisnismu.

Yang paling penting, kamu bisa menggunakan Paper.id secara gratis. Mau

google_play_customer_io