Buat kamu yang punya bisnis apalagi persediaan barangnya dalam jumlah yang banyak, pasti butuh pencatatan barang yang tepat. Nah, tandanya kamu perlu menggunakan software stok barang untuk memudahkanmu ketika memonitor dan mengontrol persediaan produk secara cepat dan tentunya lebih praktis.

Lalu, apa itu aplikasi stok barang? Aplikasi stok barang adalah sebuah sistem atau software yang bisa kamu gunakan untuk menunjang operasional bisnis, mulai dari pencatatan stok, mengatur alur persediaan barang, dan mengawasi. Dengan penggunaan sistem manajemen stok ini, tentunya akan membantu mempermudah pengelolaan manajemen inventory bisnismu.

Daftar Software Stok Barang Terbaik

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa aplikasi persediaan barang terbaik yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis dan berbayar. Mau tahu apa saja aplikasi stok barang terpercaya? 

Yuk! kita simak penjelasan masing-masing software persediaan barang di bawah ini.

1. Jubelio

jubelio

Jubelio adalah platform omnichannel yang menawarkan solusi bagi kamu yang memiliki bisnis retail untuk membantu mempermudah pengelolaan bisnis online dan offline melalui satu sistem yang terintegrasi. 

Salah satu sistem yang ditawarkan adalah software stok barang Jubelio yang sudah terhubung dengan sistem omnichannel sehingga kamu bisa lebih mudah mengatur persediaan barang, karena bisa diatur hanya melalui satu dashboard saja.

Ditambah fitur yang dimiliki Jubelio sangat lengkap, mulai dari manajemen pesanan, katalog produk, manajemen gudang (WMS), laporan penjualan, dan masih banyak lagi.

Paling penting, Jubelio sudah terhubung ke berbagai marketplace, social commerce, toko online, software POS, jasa pengiriman, dan lain sebagainya.

Fitur pengelolaan stok barang Jubelio

Lalu, apa saja fitur-fitur yang ada di software stok barang Jubelio? 

  1. Sinkronisasi stok barang (sync stock), secara otomatis di semua channel penjualan, jadi kamu tidak perlu melakukannya secara manual.
  2. Penyesuaian stok terpusat, kamu bisa update stok di seluruh channel penjualan secara bersamaan
  3. Fitur stok menipis, ketika barang mulai menipis bisa mendapatkan notifikasi sehingga tidak terjadi kehabisan stok (overselling)
  4. Amankan stok ketika terjadi kelangkaan atau saat mengikuti event promosi menggunakan stok cadangan
  5. Terintegrasi dengan platform omnichannel 
  6. Tersedia fitur Multi lokasi untuk penjual yang mempunyai beberapa lokasi gudang
  7. Data dapat diakses secara realtime sehingga memudahkan untuk memonitor  dan mengawasi setiap pergerakan stok kapan pun dan di mana pun.

Kalau kamu penasaran mengenai sistem Jubelio atau fitur apa saja yang dimiliki Jubelio, kamu bisa cek selengkapnya disini>>>

2. Software Stok Barang Easy Catalogue

Biasanya aplikasi dapat dijalankan dengan adanya koneksi internet tapi salah satu kelebihan aplikasi Easy Catalogue ini, kamu bisa mengaksesnya tanpa koneksi internet.

Walaupun sebenarnya, fungsi dari aplikasi ini sama dengan yang lainnya yaitu untuk mengatur ketersediaan barang dari pembelian dan penjualan. Kamu juga dapat menambahkan deskripsi dari produk yang sebelumnya sudah kamu daftarkan.

3. Software Stok Barang Moodah

Selanjutnya,  aplikasi Moodah adalah aplikasi stok barang yang memudahkanmu dalam urusan pencatatan barang sehingga tidak mengalami kendala saat pengelolaan stok.

Adapun fitur Moodah, kamu dapat mengawasi setiap produk dari awal hingga laporan akhir tercatat. Selain itu, kamu juga bisa mencatat utang piutang, membuat invoice, dan mengelola stok barang.

Baca juga: 7+ Fitur Penting yang Wajib pada Aplikasi Stok Barang

4. Fakturama

Rekomendasi aplikasi stok barang gratis berikutnya, ada Fakturama yang mempunyai berbagai fitur, seperti pencatatan pengiriman, pesanan, konfirmasi pesanan, membuat faktur, dan kwitansi online.

5. Hashmicro

Terakhir, ada Hashmicro yang akan memudahkanmu dalam sistem operasional bisnis khususnya mengatur persediaan stok barang sehingga lebih mengoptimalkan tingkat persediaan. Aplikasi stok barang berbasis web satu ini membantu kamu untuk mengawasi perpindahan stok barang.

Baca juga: Cara Mengelola Stok Barang di Gudang

Demikian penjelasan beberapa rekomendasi aplikasi pencatatan stok barang yang bisa kamu gunakan untuk bisnismu. Jadi, tidak perlu repot untuk mencatat persediaan barang secara manual lagi sehingga lebih efisien mengelola stok.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Jubelio dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi