Bulan Desember telah tiba, dan umat kristiani di Indonesia dan seluruh dunia pasti akan bersuka cita. Sebab, pada tanggal 25 Desember mendatang, mereka akan merayakan Hari Raya Natal yang mana terjadi setiap satu tahun sekali. Sedari awal bulan, umat kristiani akan disibukkan untuk mencari perlengkapan, mulai dari hiasan rumah hingga pohon natal untuk mempercantik rumahnya di hari spesial tersebut.

Event Natal itu bisa menjadi peluang ide bisnis kreatif bagi Anda yang ingin memulai usaha. Apakah bisnis yang Anda buat akan laku di pasaran? tentunya iya, sebab menurut Badan Pusat Statistik (BPS), per tahun 2017 lalu, penduduk Indonesia yang beragama kristen dan katolik mencapai 10% dari total populasi di tanah air. Angka tersebut memperlihatkan jika peluang sukses dalam berbisnis akan semakin besar.

Lantas, ide bisnis kreatif apa saja yang bisa Anda buat untuk menyambut Natal pada tahun ini? Paper.id mempunyai beberapa rekomendasi saran untuk bisnis Anda. Mau mencoba yang mana dulu nih?

Ide Bisnis Kreatif: Bisnis Parsel

Ide Bisnis

Ide Bisnis

Jika Anda ingin membuat sebuah usaha atau bisnis yang akan berkelanjutan ke depannya, kenapa tidak mencoba untuk membuat bisnis parsel? Parsel merupakan kado spesial yang mana selalu ada di setiap hari besar. Di momen natal ini, bungkusan kado berwarna merah memang menjadi salah satu barang yang laris manis diburu.

Selain sangat laris di pasaran, target pasar dari bisnis parsel ini juga mencakup semua kalangan, atau tidak tersegmentasi terhadap pasar tertentu. Semua orang membutuhkan parsel sebagai kado terhadap keluarga tercinta/ Budget ataupun modal dari pembuatan parsel juga terbilang opsional, bisa mahal ataupun murah tergantung dari keinginan pelanggan Anda sendiri. Gimana, tertarik untuk mencoba sekarang?

Bisnis Jasa Fotografi

Bisnis Fotografi

Bisnis Fotografi

Hari Raya Natal merupakan momen spesial yang hanya terjadi selama satu kali dalam setahun. Oleh karena itu, banyak keluarga yang berkumpul bersama untuk menikmati momen tersebut. Jika Anda mempunyai keahlian dalam bidang fotografi, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bisnis jasa fotografi kecil-kecilan. Banyak cara untuk memperkenalkan jasa Anda, salah satunya dengan word of mouth atau memberitahukan kepada teman-teman terdekat Anda sendiri.

Selain, Anda juga bisa mengoptimasi Instagram untuk membuka jasa fotografi. Bagaimana caranya? Anda bisa memamerkan semua karya original Anda sehingga banyak orang yang mengetahui jika hasil dari jepretan yang Anda buat maksimal dan tidak akan mengecewakan. Di media sosial, konsistensi adalah kuncinya jadi Anda harus terus berjuang dan tidak mudah putus asa untuk memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat luas.

Aneka Kue Khas Natal

Kue Khas Natal

Kue Khas Natal

Di Indonesia, tidak semua umat kristiani memiliki pohon natal untuk merayakan hari raya tersebut. Namun, di setiap rumah pasti memerlukan satu hal yakni, aneka kue khas natal, seperti: kue klapertart, lapae atau poporcis. Oleh karena itu, untuk menyambut hari raya Natal, Anda bisa menjual kue-kue rumahan tersebut.

Jika Anda bisa membuat sesuatu yang berbeda, Anda bisa menjual kue natal khas dari negara lain, seperti bumbong dan bibingka khas Filipina ataupun stollen cake asal Jerman. Seseorang biasanya cenderung akan membeli sesuatu yang berbeda dan belum pernah dicoba sebelumnya. Itulah kenapa menjual aneka kue khas mancanegara saat natal merupakan bisnis yang sangat berprospek cerah.

Suvenir Natal

Suvenir Natal

Suvenir Natal

Dalam beberapa tradisi tertentu, sebuah keluarga yang merayakan natal akan saling melakukan tukar menukar kado atau hadiah sebagai lambang persatuan. Dari pada memberikan uang, mereka cenderung akan membeli suvenir khas natal, seperti baju santa, gelas atau cangkir maupun hal-hal lain yang bisa diberikan sebagai sebuah kado. Menjual suvenir natal ini tentunya bisa menjadi usaha lain yang dapat Anda coba lakukan.

Lebih lanjut, jika Anda ingin mendapatkan penjualan yang lebih banyak, kenapa tidak coba menjual sebuah suvenir yang jarang ditemukan di toko lain. Hasil buatan tangan Anda sendiri, semisal bingkai atau frame natal hingga hasil rajutan tangan mungkin akan laris manis di pasaran. Kenapa harus tunggu lebih lama kalo Anda bisa membuat bisnis itu sekarang?

Dekorator Natal

Dekorator Natal

Dekorator Natal

Di beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Filipina, jasa dekorator natal sangat laris manis. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuka bisnis jasa tersebut di Indonesia. Walaupun pangsa pasarnya tidak terlalu luas, pesaing atau kompetitor Anda juga masih sedikit. Peluang bisnis terbuka sangat lebar lagi pula dekorator tidak hanya terbatas pada satu event saja.

Lebih lanjut, modal usaha yang dikeluarkan juga tidak banyak. Yang terpenting adalah, kreativitas dan imajinasi untuk membuat apa yang diinginkan oleh pelanggan bisa Anda realisasikan dalam ruangan tersebut. Tertarik untuk menjadi dekorator untuk mendesain pesta Natal dan acara besar lainnya?

Itu dia beberapa ide bisnis kreatif yang bisa Anda lakukan menjelang Natal kali ini. Jika Anda ingin mengurus bisnis dengan lebih profesional namun sederhana, segera gunakan Paper.id. Sebagai software invoicing #1 di Indonesia, Paper.id memberikan layanan GRATIS Selamanya kepada para pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya. Bagaimana caranya? silahkan klik link yang tertera di bawah ini.